Busi Racing
Busi Racing Untuk Harian

Hati-Hati Gunakan Busi Racing Untuk Harian! Ada Alternatifnya Sahabat

20 Sep 2018 | 17:00 WIB
BAGIKAN

Garasi.id – Banyak pengguna kendaraan masih terkesan salah kaprah dalam memilih busi untuk kendaraan kesayangannya. Bagaimana tidak, para pengguna kendaraan bermotor khususnya mobil masih kerap menggunakan busi racing untuk digunakan pada kendaraan yang digunakan harian.

Lalu pertanyaan besarnya adalah apakah bisa busi racing dipacu untuk kendaraan sehari-hari? Berikut ini Garasi.id mencoba untuk mengungkap kebenarannya.

Hati-Hati Gunakan Busi Racing Untuk Harian! Ada Alternatifnya Sahabat

Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia menjelaskan, "Busi yang digunakan di lintasan balap telah didesain dan dirancang secara khusus untuk aplikasi mesin yang berjalan pada kecepatan yang jauh lebih tinggi dan beroperasi dengan kompresi yang sangat tinggi dengan suhu, getaran, dan pembakaran yang melampaui kondisi di dalam mesin biasa," ungkapnya.

Menurut Diko, menggunakan busi khusus balap di kendaraan harian bukanlah ide yang baik. Dengan karakteristik busi balap yang didesain untuk penggunaan yang sangat ekstrim, dalam penggunaan pada mesin biasa dapat menyebabkan beberapa permasalahan seperti deposit karbon berlebih hingga misfiring. Hal tersebut dapat diperburuk apabila mesin sering digunakan untuk jarak dekat dengan ritme stop and go.

Baca Juga : Jangan Terkecoh, Busi Palsu Bisa Bikin Mesin Jebol

Untuk mensiasatinya, terdapat cara alternatif untuk meningkatkan kinerja mesin yang cocok untuk penggunaan harian. 

"Kalau masyarakat ingin meningkatkan performa kita lebih menganjurkan untuk menggunakan Busi Iridium IX dari NGK menggunakan teknologi balap yang sesuai untuk semua orang. Sama seperti kebanyakan busi balap terbaru NGK, ujung elektroda pusatnya terbuat dari logam mulia Iridium, yang memiliki titik leleh yang tinggi dan konduktivitas listrik yang luar biasa," ujar Diko.

Lebih jauh Ia pun menjelaskan, "Elektroda pusat busi Iridium IX berdiameter 0.6 mm yang mampu menciptakan percikan listrik lebih fokus untuk menghasilkan efek pertumbuhan api yang cepat membesar sehingga menghasilkan ledakan energi yang lebih tinggi," pungkasnya.

Hal yang dapat dirasakan secara instan setelah penggunaan NGK Iridium IX antara lain respon akselerasi yang semakin spontan dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien  dibandingkan dengan jenis elektroda standar.[DeF]

Foto : Garasi.di

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 20 Sep 2018 | 17:00 WIB
BAGIKAN