Shift Lock Matic
Fungsi Shift Lock

Ingat Lagi, Mobil Matik Bisa Parkir Pararel Dengan Tombol 'Shift Lock'

20 Jul 2018 | 11:00 WIB

Jika masih ada yang mengatakan, mobil matik tak bisa didorong-dorong ketika parkir paralel, jangan langsung percaya, apalagi mobil-mobil keluaran baru. Pasalnya, pabrikan sudah menyematkan yang namanya shift lock pada sistem transmisi. 

Tombol tersebut letaknya terlihat, dan biasanya ada di sekitaran tuas transmisi. Fungsinya agar posisi transmisi mobil bisa dipindahkan dari P ke N (netral). 

Ingat Lagi, Mobil Matik Bisa Parkir Pararel Dengan Tombol 'Shift Lock'

Ini tentu saja memudahkan dan membantu sekali ketika pemilik sedang parkir, khususnya pada formasi paralel.  Jadi ketika kendaraan menutup mobil lain yang akan bergerak, petugas bisa memindahkannya, karena roda-roda mobil tidak terkunci. 

Jadi mekanisme kurang lebih yaitu, setelah pengemudi sudah memindahkan tuas transmisi ke posis P, kemudian matikan mesin. Baru kemudian tekan tombol shift lock, baru selanjutnya geser kembali transmisi ke N. 

Baca Juga : Mobil Matik Pakai "Shift Lock" Bisa Parkir Paralel

"Jika sudah begitu baru mobil bisa didorong-dorong," ujar Product Knowledge Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Gandhi Ahimsaputra yang dilansir dari laman KOMPAS.com, Jumat (13/7/2018). 

Gandi mengingatkan, setelah mengaktifkan fungsi shift lock jangan sampai menarik tuas rem parkir. Tentu saja akan sia-sia, dan roda mobil kembali terkunci dan tak bisa didorong untuk digeser-geser. 

Perlu diketahui juga, tanpa shift lock transmisi tidak bisa langsung dipindahkan ke posisi N dari P. Selain itu, bila transmisi langsung di pindahkan ke tuas N saat parkir, untuk mobil matik tidak mau dicabut kunci kontaknya atau bahkan tidak mau dimatikan sebelum transmisi berada pada posisi P.

Nah Sahabat Garasi, sekarang jadi tau kan kalau mobil matik bisa parkir pararel. Jadi jangan sampai lupa dengan fungsi Shift Lock di mobl matik kamu ya.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 01:42 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbelimatiktransmisishiftlockfiturparkirparareldorongotomotiftipsinfogarasiid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family