Mudik 2018
Oli Transmisi

Ingat, Oli Transmisi Otomatik Konvensional dan Matic Kopling Ganda Berbeda

10 Agt 2019 | 13:01 WIB

Selain transmisi otomatik konvensional dan otomatik CVT, transmisi otomatik kopling ganda (Dual Clutch Transmission) juga kini tidak lagi langka. Tak hanya ditemui pada mobil berperforma tinggi, salah satu pabrikan mobil asal Jerman, Volkswagen menerapkan jenis transmisi ini pada seluruh lini produk massal mereka.

Ingat, Oli Transmisi Otomatik Konvensional dan Matic Kopling Ganda Berbeda

Baca juga: Begini Beda Transmisi CVT dan Matik Konvensional

Shofwatuzzaki selaku Shell B2C Lubricants Technical Manager Indonesia mengungkapkan bahwa transmisi otomatik konvensional dengan transmisi otomatik kopling ganda memiliki prinsip kerja yang sama.

"Pada dasarnya, kedua jenis ini prinsipnya sama. Sama-sama menggunakan torque converter. Akan tetapi, untuk transmisi kopling ganda, menggunakan 2 buah kopling dan terdapat 2 komponen yang bergesekan, sehingga tidak ada jeda ketika terjadi perpindahan gigi," papar Zaki.

Lantas, saat melakukan perawatan, bolehkah transmisi otomatik kopling ganda menggunakan pelumas transmisi otomatik konvensional?

"Untuk transmisi kopling ganda, ada oli khusus. Tidak boleh menggunakan ATF biasa. Karena di transmisi kopling ganda ada dua komponen yang bergesekan dan butuh pelumasan khusus. Tidak boleh sampai selip," tambahnya.

Saat ini, transmisi otomatik kopling ganda banyak ditemui pada brand asal Jerman, seperti Volkswagen, Audi, BMW dan Mercedes-Benz. Jika Sahabat merupakan pengguna mobil dengan jenis transmisi otomatik, gantilah pelumas transmisi sesuai spesifikasinya.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 19:52 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasgantioliolikilometerrunningenginemacettipstrikperawatanjakartadepokbekasitanggerang