Garasi.id
Mobil Pilihan Garasi.id

Ingat! Tiap per 20.000 Km, Ganti Busi Kendaraanmu

21 Des 2018 | 14:00 WIB
BAGIKAN

Sebagai sistem pengapian pada mobil peran busi menjadi satu hal terpenting, yang harus Sahabat periksa sebelum melakukan pembelian pembelian mobil bekas. Karena jika tidak memeriksanya, maka dijamin mobil bekas pilihan Sahabat Garasi tidak akan nyaman saat dikendarai. 

Ingat! Tiap per 20.000 Km, Ganti Busi Kendaraanmu 

Baca juga: Habis Beli Mobil Bekas, Kamu Wajib Beli Perlengkapan Ini

Memang mengganti busi dilakukan jika kondisinya sudah tidak layak. Lalu bagaimana mengetahui busi itu masih memiliki kualitas terbaik atau tidak ya? Rupanya caranya cukup mudah, yakni dengan melihat jarak kendaraan tersebut melangkah atau kapan terakhir melakukan penggantian oli yang selalu diselipkan dalam kabin mobil.

Nah disarankan untuk Sahabat harus melakukan pergantian busi setelah mobil telah berjalan sejauh 20.000-60.000 km, tergantung jenis busi yang dipilih Sahabat.

Untuk yang menggunakan jenis busi iridium pergantian bisa dilakukan per 60.000 km. Asalkan bahan bakar yang digunakan, baterai atau aki dan kondisi mesin sehat. Namun untuk penggunaan busi biasa, disarankan untuk melakukan pergantian setiap 20.000 km ya. Karena jika busi tidak diganti, performa mesin jadi tidak maksimal dan performa mesin menjadi turun.

Lalu apa yang membuat busi tidak mendukung performa kendaraan ya? Rupanya kotoran yang terdapat pada busi menjadi penyebab utamanya. ada beberapa faktor yang menyebabkan busi cepat kotor yang menyebabkan pembakaran kurang sempurna bisa menimbulkan kerak pada mesin.

Dan kotornya busi itu terjadi karena faktor di luar busi. Seperti pembakaran kurang sempurna, bensin kurang bagus, atau filter bensin kurang bagus, oktan bensin terlalu rendah. Itu yang biasanya menimbulkan kerak. Setiap ada sisa pembakaran dia masuk ke rongga-rongga busi. Jadi ingat ya untuk memeriksa kondisi busi sebelum melakukan memutuskan untuk memilih mobil bekas ya. 

Namun perlu Sahabat ingat, bila membeli mobil bekas dengan Mobil Pilihan di Garasi.id Sahabat bisa mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Tidak hanya mobil bekas berkualitas, pembelian mobil bekas di Mobil Pilihan selama masa periode dari tanggal 12 Desember 2018 - 12 Januari 2019, Sahabat bisa ikutan promo Garasi.id Good Deals 12.12 dengan hadiah uang tunai sebesar 15 Juta langsung tanpa diundi. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 03 Jan 2019 | 14:26 WIB
BAGIKAN