Idealnya Setiap Melakukan Servis Berkala Sesuai Jadwal Servis Yang Tepat
Idealnya Setiap Melakukan Servis Berkala Sesuai Jadwal Servis Yang Tepat

Ini Biang Kerok Mesin Mobil Kamu ‘Ngegelitik’

29 Jun 2022 | 11:00 WIB

Mesin mobil Kamu ngelitik atau engine knocking merupakan salah satu gejala kerusakan mesin. Jangan diremehkan ya, Sahabat Garasi. Dampaknya bisa cukup serius, seperti performa kurang maksimal, konsumsi bahan bakar tidak efisien hingga kerusakan dini pada komponen internal mesin.

Gejala ini menandakan pembakaran yang terjadi dalam ruang silinder mesin tidak sempurna. Sehingga, menimbulkan getaran (detonasi) ketika mesin sedang bekerja. Hal ini merupakan masalah yang sering timbul pada mobil yang ditandai dengan muncul suara kasar pada mesin mobil dalam kurun waktu tertentu.

 Ketahui Penyebab Engine Knocking Agar Segera Bisa Dilakukan Perbaikan

Ketahui Penyebab Engine Knocking Agar Segera Bisa Dilakukan Perbaikan


Ini penyebab mesin ngelitik yang perlu diketahui:

1.    Filter Bahan Bakar Kotor

Penyebab mesin ngelitik yang pertama adalah karena filter bahan bakar kotor. Kondisi filter atau saringan bahan bakar yang kotor akan menyebabkan bahan bakar masuk ke dalam mesin dalam kondisi yang tidak bersih. Filter perlu diganti atau dibersihkan dalam kurun waktu tertentu agar kotoran yang menempel pada filter tidak menempel pada bahan bakar dan ikut masuk ke dalam mesin.

Pada awalnya, masalah ini terlihat sepele, namun, jika kamu biarkan dalam kurun waktu yang cukup lama akan menyebabkan mesin ngelitik dan mengganggu kenyamanan Kamu saat berkendara.

2.    Tekanan Kompresi Cukup Tinggi

Salah satu penyebab mesin ngelitik adalah karena tekanan kompresi pada mesin cukup tinggi. Tekanan kompresi yang tinggi dan tidak sesuai spesifikasi mesin akan menyebabkan bunyi ngelitik pada mesin mobil. Hal ini disebabkan oleh katup-katup yang tidak dapat terbuka dengan sempurna karena tekanan kompresi yang tinggi, kemudian menyebabkan klep berkerak dan lapisan karet menjadi kotor. Kondisi-kondisi di atas dapat menyebabkan mesin ngelitik jika terjadi dalam kurun waktu yang lama.

3.    Sensor Manifold Absolute Pressure Yang Lemah

Penyebab mesin ngelitik yang lainnya adalah karena kondisi sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) yang lemah. MAP adalah sensor yang berfungsi sebagai pengatur jumlah udara yang ada di dalam intake manifold. Saat sensor MAP pada mesin melemah, maka menyebabkan asupan udara ke ruang bakar menjadi berkurang. Hasilnya, kondisi ini akan menyebabkan volume bahan bakar yang masuk terlalu banyak dan pembakaran bahan bakar menjadi kurang sempurna.

Efek dari pembakaran yang kurang sempurna adalah terdapat bunyi ngelitik pada mobil Kamu. Solusi untuk penyebab mesin ngelitik yang satu ini adalah dengan membawanya ke bengkel.

4.    Pengapian Mobil Kurang Sempurna

Penyebab mesin ngelitik yang tidak banyak orang tahu adalah karena pengapian mobil kurang sempurna. Pengapian mobil yang kurang sempurna umumnya disebabkan oleh kondisi busi yang lemah sehingga hanya mampu menghasilkan api yang relatif kecil. Kondisi tersebut akan menyebabkan bahan bakar mesin yang disemprotkan oleh injektor menjadi tidak terbakar sempurna dan menyisakan uap BBM yang mengganggu proses pembakaran.

5.    Kualitas Bahan Bakar Yang Kurang Baik

Penyebab mesin ngelitik yang terakhir adalah karena kualitas bahan bakar yang kurang baik. Hal ini terjadi karena kamu menggunakan bahan bakar dengan angka oktan di bawah standar.

Sebenarnya, tidak salah menggunakan bahan bakar mesin dengan nilai oktan yang rendah, namun performa mesin mobil Kamu akan terganggu dan menurun jika menggunakan bahan bakar mesin dengan oktan yang rendah. Mesin mobil Kamu juga akan mengalami ngelitik jika memakai bahan bakar mesin dengan oktan rendah dalam kurun waktu yang lama.

 Jangan Panik Jika Mobil Sahabat Mogok

Jangan Panik Jika Mobil Sahabat Mogok


Tanda-tanda Mesin Mobil Kamu Ngegelitik

Engine knocking atau mesin ngelitik bisa terjadi kapan saja. Saat mendengar suara ketukan dari mesin mobil, Kamu patut curiga bahwa kendaraan sedang mengalami masalah. Sayangnya, Kamu belum bisa memastikan permasalahannya.

Untuk bisa memastikan permasalahan di mobil, Kamu perlu mengetahui ciri-ciri mesin mobil ngelitik terlebih dahulu. Ini ulasannya:

·         Bunyi Keras

Ciri-ciri mesin mobil ngelitik pertama dan utama mesin mobil ngelitik adalah terdengar bunyi ketukan yang keras dari area mesin. Bunyi ini tidak terjadi saat mesin normal. Jadi, saat Kamu merasa suara dari mesin berbeda, perhatikan pola bunyinya.

Bila bunyi itu seperti ketukan, keras, dan polanya teratur, itulah tanda mobil Kamu mengalami engine knocking. Sebagai informasi tambahan, kata ngelitik diambil dari pola bunyi saat mobil mengalami engine knocking.

·         Akselerasi Bermasalah

Ciri kedua adalah mobil terasa berat saat dibawa. Hal ini disebabkan karena akselerasi mobil mengalami masalah. Sehingga, mobil terasa brebet. Efeknya, laju mobil jadi susah bergerak.

·         Getaran Mesin Berbeda

Ciri ketiga adalah getaran mesin yang terasa lebih keras dari biasanya. Getaran ini sangat terasa saat mobil berada di posisi idle.

 Ini Biang Kerok Mesin Mobil Kamu ‘Ngegelitik’


Jika Sahabat Garasi ingin melakukan perawatan mobil Kamu, Kamu bisa mengecek Garasi.id. Sebab, Garasi.id memberikan Kamu promo Juni Servis Hepi dengan diskon jasa servis hingga 50 persen. Promo ini berlaku mulai dari 1-30 Juni 2022.

 

Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 03 Jul 2022 | 22:05 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family