Jual Beli Mobkas di Garasi.id
Garasi.id Solusi Jual Beli Mobil Bekas

Ini Cara Jitu Bikin Harga Mobil Bekasmu Di Atas Pasaran

23 Jan 2019 | 16:00 WIB
BAGIKAN

Ada banyak jenis investasi menguntungkan yang bisa kita lakukan sebagai jaminan hari tua. Mulai dari membeli properti, saham, atau batangan emas. Walaupun tidak populer, tetapi beberapa orang ada yang menjadikan mobil sebagai salah satu bentuk investasi masa depan.

Meskipun harga mobil cenderung turun setiap tahunnya, tetapi bukan berarti mobil bekas pakai tidak bisa dijadikan ladang investasi yang menjanjikan. Berbeda dengan bentuk investasi lainnya, seperti rumah misalnya, mobil cenderung lebih mudah dijual karena permintaannya juga cukup tinggi.

Ini Cara Jitu Bikin Harga Mobil Bekasmu Di Atas Pasaran

Apalagi jika mobil yang kita gunakan cukup populer di masyarakat. Salah satu merek mobil terkenal dan terkemuka di Indonesia adalah Toyota. Performa dan kualitas mesin membuat harga jual kembali mobil Toyota cenderung lebih mahal daripada mobil-mobil seangkatannya.

Pasar Toyota juga termasuk variatif. Hampir semua lapisan masyarakat mampu membeli mobil yang berasal dari Jepang ini. Hal inilah yang membuat mobkas Toyota banyak dicari oleh para kolektor atau mereka yang ingin memiliki mobil tetapi tidak mampu membeli yang baru.

Nah, jika Sahabat Garasi ada yang ingin menjual mobkas tetapi harga pasarannya kurang memuaskan. Ada lho beberapa hal yang bisa Sahabat lakukan untuk mendongkrak harga mobil bekas sehingga keuntungan yang didapat akan berlipat. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya!

Baca juga: Jual Mobil Bekas Ingin Harganya Tinggi? Begini Caranya

1. Melakukan service total

Sebelum menjual mobil kesayangan, ada baiknya jika Sahabat memeriksa kondisi mesin dan menguji performanya terlebih dahulu. Karena hal yang pertama kali dilihat oleh pembeli adalah mesin dari sebuah mobil. Jika kondisi mesin dirasa kurang prima, lakukan service secara menyeluruh dan ganti komponen-komponen yang sudah rusak.

Meskipun biaya yang harus dikeluarkan cenderung besar, tetapi hal ini akan meningkatkan harga mobkas Sahabat sehingga keuntungan yang didapat bisa menutupi biaya yang telah dikeluarkan.

2. Menambahkan aksesori interior atau memodifikasi mobil

Untuk meningkatkan harga mobil bekas, Sahabat  juga dapat menambahkan aksesori interior maupun eksterior atau bahkan memodifikasi mobil. Mobkas yang telah dimodifikasi biasanya akan memperluas pasar ke kalangan kolektor atau pecinta otomotif.

Apalagi jika mobil hasil modifikasi pernah dipamerkan atau mengikuti kompetisi. Bukan tidak mungkin harga mobkas akan jauh lebih tinggi dari harga pasaran dan membuat segala biaya yang telah dikeluarkan untuk melakukan modifikasi serta penambahan aksesori tidak sia-sia.

3. Mempertahankan warna asli mobil

Sudah jadi rahasia umum jika mobil bekas yang sudah berubah warna akan mengalami penurunan harga secara drastis. Mobil yang dicat ulang dianggap pernah tergores atau bahkan penyok karena kecelakaan. Jadi meskipun dimodifikasi, pastikan Sahabat mempertahankan warna asli cat mobil untuk meningkatkan harga jual.

Jika kondisi bodi mobil dirasa kurang menarik, Sahabat dapat mewarnai ulang dengan warna yang sama dan dilapisi dengan wax agar tampak lebih berkilau. Jika hal ini dilakukan, bukan tidak mungkin mobil bekas rasa baru yang Sahabat jual bisa lebih mahal dari harga pasaran.

4. Melengkapi dokumen dan surat terkait

Salah satu faktor yang membuat orang tertarik untuk membeli sebuah mobil bekas adalah kelengkapan surat dan dokumen yang dimiliki mobil tersebut. Jadi jika Sahabat ingin menjual mobil, pastikan semua dokumen dan surat terkait kendaraan tidak ada yang hilang.

Pastikan juga Sahabat telah membayar pajak kendaraan bermotor agar saat dijual nanti pembeli tidak perlu memotong uang pembayaran untuk biaya pelunasan pajak. Selain dapat meningkatkan kepercayaan pembeli pada kita selaku penjual, kelengkapan surat kendaraan juga dapat meningkatkan harga jual sebuah mobil bekas.

5. Bersihkan bagian dalam mobil secara menyeluruh

Mobil yang digunakan sehari-hari biasanya memiliki sampah-sampah yang tidak terlihat seperti remah sisa makanan, noda kopi atau muntahan, hingga debu di sela-sela jok. Agar harga mobil bekas yang akan dijual bisa meningkat, lakukan pembersihan secara menyeluruh pada bagian dalam mobil.

Pastikan juga tidak ada barang berharga tertinggal ketika mobil sudah diserahkan secara resmi kepada pembeli.

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan harga mobil bekas. Dan bila semua upaya yang disaranka sudah Sahabat lakukan, Sahabat bisa menjadikan Garasi.id sebagai wadah untuk jual beli mobil bekas Sahabat. Semoga informasi di atas bermanfaat, selamat mencoba!

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 23 Jan 2019 | 16:00 WIB
BAGIKAN