Mobil Ceper
Modifikasi Suspensi

Ini Dampaknya Saat Sahabat Garasi Modifikasi Suspensi

22 Sep 2020 | 13:26 WIB

Buat Sahabat Garasi yang kerap mengutamakan penampilan mobil dengan modifikasi suspensi agar terlihat lebih rendah atau ceper, disarankan untuk tidak melakukannya lagi atau setidaknya berpikir ulang sebelum melakukannya.

Ini Dampaknya Saat Sahabat Garasi Modifikasi Suspensi

Karena biasanya banyak dari pecinta modifikasi tanpa pikir panjang, lebih memilih untuk memotong suspensi agar tampilan mobil menjadi rendah alias ceper. Langkah ini sangat-sangat tidak disarankan karena bisa merugikan Sahabat Garasi ke depannya.

Soalnya merubah suspensi demi tampilan mobil kesayangan lebih keren, itu bisa mengurai umur fungsional kaki-kaki mobil. Bagaimana tidak? saat Sahabat Garasi memutuskan untuk mengubah suspensi, maka daya kerja suspensi akan lebih berat karena suspensi akan lebih menekan. Tentunya jika suspensi sudah dipotong, kaki sudah pendek, otomatis akan cepet rusak.

Bayangkan saja, jika langkah Sahabat Garasi demikian, maka saat suspensi standar bisa bertahan hingga tiga tahun sebagai umur standarnya, mobil yang dibuat rendah atau ceper akan lebih cepat mengalami kerusakan atau hanya bisa bertahan sekitar 2 tahun saja bahkan bisa lebih cepat lagi.

Selanjutnya, jika Sahabat Garasi memotong suspensi maka perawatan ekstra juga harus dilakukan Sahabat Garasi agar suspensi bisa berfungsi dengan baik. Kamu juga bisa membaca Rawat Kaki-Kaki Mobil, Sahabat Harus Tahu 4 Komponen Ini.

Ini Dampaknya Saat Sahabat Garasi Modifikasi Suspensi

Suspensi sendiri terdiri dari beberapa bagian yaitu pegas atau per, shock absorber, bushing arm, tierod dan balljoint. Setiap bagian memiliki fungsi tersendiri namun saling berkaitan satu dengan yang lain.

Sehingga, bila satu diantara bagian tersebut rusak atau tidak berfungsi dan tidak segera diperbaiki maka akan mempengaruhi kinerja bagian lain. Alhasil, kerusakan pun merembet kemana-mana. Jika hal itu terjadi, bukan hanya performa mobil yang terganggu tetapi juga membutuhkan biaya yang tidak kecil.

Lantas apa fungsi masing-masing komponen? Bagaimana cara mengenali kondisi yang telah rusak? Bagaimana cara untuk merawat atau memperbaiki? Melansir dari Gooto, berikut tips yang bisa diberikan :

1. Shockbreaker

Peranti ini bertugas untuk meredam guncangan di saat mobil melaju dan melibas berbagai kondisi lintasan. Shockbreaker yang terbuat dari baja itu bertugas membantu pegas atau per untuk menopang bobot mobil berikut muatan yang diangkutnya.

Komponen ini terbuat dari baja sehingga memiliki daya tahan dan kekuatan lebih. Namun shockbreaker akan aus seiring dengan waktu atau masa pemakaian serta penggunaan yang tidak tepat.

Ini Dampaknya Saat Sahabat Garasi Modifikasi Suspensi

Bila sering menahan guncangan dengan beban berlebihan, daya tahan shockbreaker akan berkurang dan lemah. Bila hal itu terjadi, maka mobil akan terasa limbung saat dikendarai terutama saat melaju kencang.

Cara yang paling gampang untuk mengatasi hal ini adalah membeli shockbreaker satu set. Upayakan menghindari lintasan berlubang dengan diameter dan kedalaman yang besar. Bila Sahabat terpaksa harus melewatinya, usahakan laju mobil sangat lambat.

Kebiasaan lain yang harus dihindari adalah, membawa muatan dengan berat yang berlebihan sesuai kapasitas mobil. Selain itu usahakan rajin membersihkan kotoran yang menempel di kisi-kisi karena akan mempercepat keausan piston shockbreaker.

2. Bushing arm

Komponen ini berupa karet suspensi yang terletak di titik tumpu antara roda dan lengan pencengkeramnya. Bushing bertugas meredam getaran pada sambungan antar komponen suspensi dari logam tersebut.

Bila mobil kerap melibas jalanan berlubang atau jalanan rusak, beban yang ditopang peranti ini juga makin berat. Bila hal itu terjadi secara terus menerus dan dalam waktu lama, maka bushing akan cepat aus.

Ini Dampaknya Saat Sahabat Garasi Modifikasi Suspensi

Kerusakkan pada bushing tidak hanya menyebabkan suara berisik tetapi juga mempengaruhi kenyamanan pengendalian mobil.

Cara untuk mencegah kerusakkan peranti itu adalah, hindari jalanan berlubang atau melibasnya dengan kecepatan tinggi. Upayakan agar tidak membawa beban terlalu berat.

3. Tierod dan Balljoint

Tierod, dan Balljoint dibuat dari bahan logam memiliki fungsi meneruskan gaya belok dari kemudi ke roda-roda. Sedangkan balljoint berguna untuk menopang knuckle arm.

Bila peranti itu telah aus atau rusak akibat sebab-sebab lain, maka kenyamanan berkendara juga akan terganggu. Mobil sulit dikendalikan, bahkan bila dikendarai dalam kecepatan tinggi akan membahayakan karena kestabilan juga terganggu.

Ini Dampaknya Saat Sahabat Garasi Modifikasi Suspensi

Lantaran itulah, pastikan komponen tersebut masih dalam kondisi bagus. Sahabat bisa melakukan pengecekan kondisi komponen ini di rumah. Caranya, dongkrak roda bagian depan dan mintalah bantuan orang lain untuk menahan kemudi agar roda tidak bergerak, lalu goyang-goyang roda ke arah dalam dan keluar secara bergantian beberapa kali.

Bila terasa goyang ada guncangan tidak stabil berarti komponen tersebut bermasalah.

Cara lainnya, dengan mengamati bentuk atau ciri fisik komponen itu. Ketiganya dibuat dari logam sehingga bila Sahabat menemukan bagian komponen itu tidak halus atau ada bekas gesekan antar bahan dari logam berarti telah rusak.

Pencegahan agar komponen ini tidak cepat rusak adalah menghindari jalanan berlubang saat mobil melaju di kecepatan tinggi, hindari mengangkut beban berlebihan, serta membersihkan dari kotoran. Upayakan setiap kali mencuci mobil menyemprot bagian yang berkaitan dengan peranti tersebut dengan tekanan air tinggi.

4. Lakukan spooring balancing

Selain melakukan pencegahan dan perawatan komponen suspensi, satu hal yang juga harus Sahabat lakukan adalah melakukan spooring balancing roda mobil.

Ini Dampaknya Saat Sahabat Garasi Modifikasi Suspensi

Fungsi spooring dan balancing adalah menjaga kestabilan roda mobil. Bila roda stabil dan seimbang di keempat bagian maka beban yang harus disangga oleh komponen suspensi juga seimbang dan sesuai dengan porsinya. Bila hal itu terjadi, maka kemungkinan komponen bermasalah juga kecil.

Selain itu, dengan melakukan spooring dan balancing kenyamanan Sahabat berkendara juga terjaga. Sahabat bisa melakukan spooring dan balancing di Garasi.id denga membeli paket perawatan ban yang ada di Jasa dan Servis Garasi.id. Selamat melakukan perawatan Sahabat.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 22 Sep 2020 | 13:26 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

modifikasiairsuspensionsuspensicepertidakamanbarubekas