Posisi Kaki Yang Benar
Posisi Kaki Saat Berkendara

Sering Tak Tepat, Begini Seharusnya Posisi Kaki Saat Berkendara

12 Feb 2019 | 14:01 WIB
Saat ini memang berbagai mobil terbaik tersedia di pasaran dengan berbagai pilihan transmisi manual dan matik. Tapi Sahabat Garasi tahu tidak posisi kaki yang benar saat mengendarai mobil manual dan matik? Karena tidak satu atau dua orang yang kerap bingung, menaruh posisi kaki saat menginjak pedal.

Mobil bertransmisi manual memiliki tiga pedal di bagian bawah kaki, masing-masing kopling, rem, dan gas. Berbicara mengenai posisi pedal ini, ada kebiasaan buruk yang dianggap kerap dilakukan sebagian pengemudi, yakni selalu meletakan kaki kiri di atas kopling.

Trainer dari Indonesia Safety Driving Center (ISDC) Norman Syam mengatakan, meletakan kaki kiri di atas kopling merupakan kebiasaan yang salah. Karena bisa membuat pengendara lebih reflek mengijak kopling saat dihadapkan pada situasi darurat.

Sering Tak Tepat, Begini Seharusnya Posisi Kaki Saat Berkendara

Nah untuk posisi kaki di mobil manual yang benar, posisi kaki kiri disarankan tidak beranjak dari kopling artinya hanya difungsikan untuk mengoperasikan kopling. Namun tidak harus terus menginjak kopling atau biasa disebut menggantung kopling, karena jika ini dilakukan bisa membuat kopling menjadi aus atau kopling slip. Selain itu dikhawatirkan juga saat menginjak rem, kopling akan ikut terinjak.Sedangkan untuk posisi kanan berada di tengah diantara pedal gas dan rem, disaat hendak jalan ya sudah pasti posisi kaki menginjak pedal gas dan saat mengerem menginjak pedal rem.

 Baca juga: Hei Ladies, Simak Cara Tetap Tampil Cantik dan Aman Saat Berkendara 

Bagaimana Posisi Kaki Ketika Mengendarai Mobil Matic?

Bagi seseorang yang sudah terbiasa menggunakan mobil dengan transmisi manual kemudian berganti mengemudikan mobil matic tentu akan merasakan perasaan kaku dan kikuk ketika mengemudikannya. Hal ini disebabkan oleh kaki yang seharusnya menggunakan dua kaki untuk bekerja dan mengatur laju mobil, namun untuk mobil dengan transmisi matic hanya sebatas menggunakan kaki kanan saja.

Berikut ini informasi mengenai posisi kaki kiri yang tepat saat mengemudikan mobil matik :

Meletakkan Kaki di Bagian Floor Board

Tips menggunakan mobil matic untuk bisa membuat pengemudi menjadi semakin nyaman dan juga bisa menggunakan mobil secara aman sangat dibutuhkan supaya Sahabat tidak mengalami hal yang tidak diinginkan.

Posisi yang tepat untuk meletakkan kaki kiri di mobil matic adalah meletakkan kaki di bagian floor board. Sedangkan untuk posisi kaki yang pas adalah dengan ditekuk kurang lebih 90 derajat dan hindari untuk posisi selonjoran demi tetap menjaga posisi siap untuk kaki kiri.

Floor board sendiri menjadi satu bagian yang selalu sering ada pada berbagai jenis mobil matic dari berbagai vendor. Tempat ini memang dikhususkan untuk meletakkan kaki supaya bisa mendapatkan posisi yang pas dan tepat sehingga pengemudi bisa sangat nyaman dalam mengemudi.

Kaki Ditekuk Tidak Lebih dari 90 Derajat

Sementara itu, untuk posisi kenapa dianjurkan untuk ditekuk tidak lebih dari 90 derajat adalah untuk menjaga agar pengemudi tetap aman dalam berkendara. Hal yang juga harus dihindari ketika meletakkan kaki kiri di mobil matic adalah meletakkannya secara sembarangan diseluruh bagian mobil.

Apalagi bagi Sahabat yang akan bepergian jauh, jika kaki terlalu ditekuk malah justru akan menganggu dari peredaran darah. Darah akan menjadi kurang lancar sehingga akan cepat menimbulkan rasa letih dan juga cepat capek. Oleh karena itulah, hindari kaki kiri yang terlalu ditekuk pada saat menggunakan mobil matic.

Dalam peraturan safety riding juga dijelaskan jika kaki kiri tidak dianjurkan untuk mengambil tugas dalam menekan atau menginjak pedal. Jangan gunakan kaki untuk menginjak rem dimana kaki kiri tidak bisa berfungsi dengan seimbang dan justru memiliki tenaga yang terlalu berlebih.

Membiarkan Kaki Kiri Beristirahat di Area Foot Rest

Sangat dianjurkan untuk membiarkan kaki kiri beristirahat di area foot rest ketika mengemudikan mobil matic. Jika memang tidak tersedia bagian ini, biarkan kaki tetap berada di area pedal. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi satu keadaan yang mengharuskan menggunakan kaki kiri dalam mengemudi.

Dengan meletakkan kaki kiri di tempat yang tepat tentu akan membuat Sahabat bisa mendapatkan safety riding dan Sahabat tidak akan mudah capek untuk mengemudikan mobil matic.

Nah Sahabat, begitulah posisi kaki yang baik dan benar ketika sedang berkendara dengan mobil transmisi manual dan matic. Semoga tips ini bermanfaat buat Sahabat semua.
Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 11:26 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

pedalmobilbarubekasmanualmaticamanbaikbenartipsberkendaratransmisiinfogarasiidotomotif