Karpet Mobil
Karpet Mobil

Ini Fungsi Karpet Kabin Mobil Sebenarnya

07 Apr 2021 | 19:36 WIB

Karpet kabin mobil tak hanya mempercantik tampilan kabin, namun juga melindungi karpet bawaan pabrik seperti dilansir dari floormatforcars.com beberapa waktu lalu. Soalnya, karpet bawaan pabrik biasanya cukup sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itu dibutuhkan karpet tambahan untuk memberikan perlindungan ekstra. Di mana komponen ini akan menampung kotoran yang jatuh ke lantai kabin mobil.

Ini Fungsi Karpet Kabin Mobil Sebenarnya

Selain itu, karena karpet tambahan dapat dipasang dan dilepaskan, memudahkan pemilik kendaraan untuk membuang kotoran yang menempel. Fungsi perlindungan ini juga bermanfaat ketika pemilik ingin menjual kendaraannya. Setidaknya harga jual mobil akan tetap tinggi karena kondisi karpet dasar atau bawaan pabrik yang terjaga kondisinya. 

Ini Fungsi Karpet Kabin Mobil Sebenarnya

Saat ini cukup banyak ragam karpet tambahan dijual di pasaran. Bahkan belakangan ini telah beredar karpet tambahan yang menutupi lantai kabin secara menyeluruh. Biasanya karpet tersebut memiliki desain yang berbeda-beda atau mengikuti bentuk lantai kabin masing-masing mobil. Namun yang perlu diingat juga, tidak hanya memikirkan tampilan, Sahabat juga harus lebih peka terhadap keselamatan. Jangan memasang karpet mobil yang tidak mebuat ruang gerak kaki Sahabat atau pedal tidak maksimal. Salah-salah, hal tersebut akan memberikan dampak yang buruk seperti kecelakaan misalnya.

Cara membersihkan karpet mobil

Supaya tetap nyaman ketika menggunakannya, kebersihan mobil yang kamu miliki harus terus dijaga. Terlebih pada saat musim hujan, di mana mobil akan sering terkena guyuran air hujan sehingga berpengaruh pada kondisi mobil, baik interior maupun eksterior nya.  Pada eksterior mobil sudah jelas jika terkena kotoran atau debu karena memang langsung bersentuhan dengan dunia luar. Sedangkan interior mobil juga punya kemungkinan cepat kotor karena penumpang yang keluar masuk mobil dengan membawa noda yang bisa mengotori karpet mobil kamu.

Ini Fungsi Karpet Kabin Mobil Sebenarnya

Walaupun letak karpet mobil cukup tersembunyi di bawah jok, tetap kebersihan pada bagian ini wajib dijaga supaya penumpang tetap nyaman. Sahabt juga perlu tahu kalau kebersihan karpet mobil juga bisa menjadi salah satu aspek pertimbangan dalam menentukan kisaran harga mobil. Karena itulah, mari simak tips dan cara membersihkan karpet mobil berikut ini.

Keluarkan karpet mobil

Ini Fungsi Karpet Kabin Mobil Sebenarnya

Cara membersihkan karpet mobil yang pertama adalah mengeluarkan karpet yang bercampur dengan noda dari mobil. Jangan pernah untuk mencoba membersihkan karpet sementara karpet tersebut masih didalam karena nodanya dapat menyebar ke tempat lain dan sulit dibersihkan. Jadi keluarkan semua baik karpet yang berada pada kabin bagian depan dan bagian belakang ke sebuah tempat terbuka yang lapang.

Cuci karpet mobil

Setelah itu kamu dapat membasahi karpet mobil terlebih dahulu dengan air bersih secara merata dan usahakan agar mengguyur dengan air yang banyak sehingga noda-noda yang keras menjadi dapat dibersihkan. Kemudian  dapat mencuci karpet menggunakan sabun deterjen atau shampo mobil secukupnya pada bagian karpet yang terdapat noda. Semakin tebal noda pada karpet maka ratakan sabun lebih banyak pada tempat noda tersebut.

Ini Fungsi Karpet Kabin Mobil Sebenarnya

Sikat karpet tersebut menggunakan sikat yang bentuk kuasnya lebar untuk bagian noda yang mudah dibersihkan serta gunakan sikat yang kuasnya tebal dan kuat untuk membersihkan noda yang membandel. Jika dirasa noda sudah hilang, siramkan air bersih secara merata pada seluruh bagian dan sisi atas ataupun bawah. Pastikan sabun deterjen dan noda-noda pada karpet ikut hilang bersama siraman air.

Jemur karpet mobil

Setelah itu langsung jemur karpet dan usahakan agar karpet tidak terkena sinar matahari secara langsung agar warna dasar karpet tidak berubah. Untuk karpet yang berbahan karet dapat dijemur di tempat yang berangin agar cepat kering. Lalu karpet berbahan beludru bersihkan lagi dengan lap yang basah sebelum dijemur dengan lis pada bagian karpet harus benar-benar kering sebelum masuk ke kabin.

Ini Fungsi Karpet Kabin Mobil Sebenarnya

Jangan lupa untuk membersihkan bagian dasar kabin dengan vacum cleaner untuk menghilangkan noda pada tempat yang sulit dijangkau. Khusus untuk bagian bagasi, kamu dapat melapisi bagian ini dengan karpet yang mudah untuk dilepas agar mudah ketika ingin mencuci dan membersihkannya. Bersihkan karpet mobil yang terakhir adalah dengan membersihkan karpet secara berkala paling tidak selama sebulan sekali agar kondisi karpet tetap terjaga.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Apr 2021 | 19:36 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

karpetmobilcucikarpetmembersihkankarpetmobilgarasiid