Merawat Mobil
Merawat Mobil Lama Seperti Baru

4 Langkah Ampuh Bikin Mobil Lama Menjadi Terlihat Seperti Baru

24 Jul 2018 | 19:16 WIB

Bagi setiap pemilik mobil tentu berharap agar tampilan tunggangannya selalu mengkilau bak mobil terbaru.

Sebaliknya, jika mobil terlihat kusam ditambah debu menempel, tak jarang para pemilik mobil justru merasa tak percaya diri.

Seperti dilansir Oto.com, jika Sahabat termasuk diantara pecinta mobil yang fanatik dan ingin melihat mobil tua-berdekade, berkilau dan bercahaya seperti kendaraan baru

4 Langkah Ampuh Bikin Mobil Lama Menjadi Terlihat Seperti Baru

Ya, artikel ini cocok untuk Sahabat karena berisi cara agar mobil berkilau seperti baru keluar dari showroom. Setidaknya ada empat tahap sederhana yang bisa Sahabat lakukan untuk  mengubah mobil kusam menjadi perhatian utama di jalan.

1. Mencuci

Mencuci mobil Sahabat adalah langkah paling penting dari keseluruhan proses. Jika Sahabat ingin mobilnya terlihat seperti harga mobil jutaan dollar, pastikan mencuci mobil tiap 15 hari.

Cuci dengan tekanan tinggi dapat menghilangkan semua kotoran, debu, bekas air, dan sisa garam, terutama di area di balik pengecoran, seperti di antara roda, di bawah bumper, dan lain-lain.

Sebelum lanjut dengan tahap berikutnya, pastikan Sahabat membersihkan semua kotoran dari permukaan mobil, jika tidak maka goresan akan muncul di bodi mobil jika permukaan berdebu menumpuk.

Untuk pencucian, gunakan deterjen cuci premium dan bersihkan rangka dan kusen pintu dengan tangan. Pastikan untuk membersihkan bekas jamur pada lantai atau akan menimbulkan goresan pada cat.

Setelah pencucian, keringkan segera. Karena bila menunggu kering dengan udara, hal ini akan meimbulkan noda air muncul dari bodi kendaraan yang baru saja dicuci.

2. Claying

Setelah pencucian menyeluruh, beberapa partikel debu dan noda biasanya tetap dapat tinggal di bodi mobil Sahabat. Untuk menghilangkannya, detailing clay muncul dalam bentuk yang sangat praktis.

Permukaan kasar mobil Sahabat telah terkontaminasi, sulit untuk dibersihkan dengan pencucian air.

Untuk itu detailing clay dapat digunakan dan membantu untuk membersihkan tiap partikel debu dan mengisi ketidaksempurnaan kendaraan dalam sekejap, menghasilkan sebuah permukaan yang halus, dan siap dipoles dan memaksimalkan efek sesi wax-and-polish pada tahap selanjutnya.

3. Memoles

Setelah pencucian dan claying, mobil Sahabat mungkin terlihat bersih namun kurang berkilau dan bercahaya. Untuk itu memoles adalah proses menggunakan substansi abrasif untuk menghilangkan lapisan yang sangat tipis pada bagian terluar cat, yang biasanya paling rusak.

Proses pemolesan ini membuat lapisan di bawah bersinar ke permukaan. Dengan beragam alat poles yang tersedia di pasaran, Sahabat dapat melakukan tugas ini dengan gampang di rumah.

4. Waxing

Memoles membantu Sahabat untuk memperlihatkan lapisan berkilau cat dan membuat mobil Sahabat terlihat baru, tapi untuk mempertahankan hasil yang maksimal dalam waktu yang lama, waxing wajib dilakukan.

Tujuan utama dari waxing adalah untuk menciptakan lapisan protektif pada mobil yang telah dipoles-sempurna, permukaan yang berkilau dan melindungi kilaunya menjadi hilang karena faktor-faktor seperti kontak langsung dengan cahaya matahari, debu dan kotoran, goresan, hujan, dan salju diantara yang lainnya.

Sahabat dapat menemukan waxing dengan mudah pada toko otomotif mana saja, tapi hindari penggunaan produk "2in1" yang mengklaim memberikan dua tujuan sekaligus yaitu poles dan wax, kami menyarankan Sahabat untuk menghindarinya dan tetap memilih dua produk berbeda.

Selain itu, dibanding membiarkan wax yang diaplikasikan pada permukaan dalam waktu yang lama, bersihkan permukaannya setelah beberapa menit karena akan membutuhkan usaha yang lebih sedikit dengan hasil yang lebih tahan lama.

Tapi kalau Sahabat merasa tidak punya waktu untuk melakukan semua ragkaian di atas. Sahabat bisa cek di Toko Garasi.id, disana Sahabat bisa membeli Cuci Mobil Hidrolik dari Bengkel BOS.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 17:55 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbelitipsmerawatsepertibarugarasiidotomotiftokogarasiidlama
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family