SIM D
Biaya SIM D

Ini Kisaran Biaya Membuat SIM D

18 Jan 2019 | 20:00 WIB
BAGIKAN

Surat Izin mengemudi di Indonesia terbagi atas beberapa golongan, yakni A, B, C, dan D. Untuk golongan D, ternyata berlaku untuk penyandang disabilitas yang menggunakan kendaraan bermotor khusus.

Ini Kisaran Biaya Membuat SIM D

Kepala Seksi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar mengatakan, saat ini penyandang disabilitas sudah mulai sadar berkendara di jalan raya harus memiliki SIM. Maka tak heran jika kini banyak yang sudah memiliki SIM D dan legal untuk berkendara di jalan raya seperti masyarakat umum.

Baca juga: SIM D Itu Ada Lho di Indonesia, Begini Cara Membuatnya

Dikatakan dia, secara proses, tahapan pembuatan SIM untuk penyandang disabilitas tak berbeda dari jenis SIM golongan lainnya.

"Prosesnya kan baku, mulai dari pendaftaran, identifikasi berkas, ujian teori, kemudian praktik, sampai penerbitan SIM-nya," kata Fahri melansir laman VIVA.

Lantas berapa biaya untuk membuat SIM bagi penyandang disabilitas? Fahri mengatakan, biaya pembuatan SIM D baru maupun perpanjangan sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 60 tahun 2016 tentang tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

"Biaya itu berbeda dari SIM golongan lain. Untuk SIM D bikin baru dan perpanjangan biayanya Rp50 ribu," ujarnya.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 19 Jan 2019 | 12:52 WIB
BAGIKAN