Wiper berfungsi untuk membersihkan kaca depan sehingga tidak mengganggu penglihatan selama berkendara
Wiper berfungsi untuk membersihkan kaca depan sehingga tidak mengganggu penglihatan selama berkendara

Inilah Penyebab Air Wiper Tidak Keluar

18 Agt 2019 | 12:00 WIB
BAGIKAN

Tahukah kamu Sahabat, ada salah satu bagian komponen yang kadang kurang untuk diperhatikan padahal memiliki peran yang sangat vital sekali. Kebanyakan orang mungkin akan lebih rajin saat melakukan perawatan soal mesin, rem, radiator tetapi jarang orang yang rajin untuk mengecek sistem pembersih kaca alias wiper. Padahal komponen wiper memiliki peran yang vital baik musim hujan atau musim kemarau sekalipun. Untuk itu, sangat penting sekali Sahabat memastikan bahwa wiper bekerja dengan baik, seperti mengecek karet pada wiper masih layak atau tidak untuk membersihkan kaca depan dan juga semprotan air wiper juga perlu kamu perhatikan. 

Inilah Penyebab Air Wiper Tidak Keluar

Banyak para pengguna kendaraan yang tidak paham apa penyebab air wiper yang tidak keluar saat dioperasikan, oleh karena itu ini lah penyebab air wiper tidak keluar yang perlu kamu ketahui.

Air Wiper Habis

Air wiper di simpan di sebuah tangki atau reservoir, biasanya menggunakan air khusus yang mengandung anti jamur agar kaca tetap bersih. Jika kamu menemukan air tidak keluar ketika kamu menggunakan wiper, jangan panik ya, coba kamu buka kap mesin kamu dan periksa tangkinya. Jika memang airnya habis, silahkan isi kembali dan jangan lupa setelah di isi pastikan tangki tidak ada kebocoran air baik melalui selang atau dari reservoir.

Inilah Penyebab Air Wiper Tidak Keluar


Selang Air Lepas

Jika air pada reservoir sudah diisi hingga batasnya tapi saat dioperasikan air tetap tidak keluar, bisa jadi ada selang yang terlepas. Coba kamu periksa kembali saluran selang yang menuju atas apakah ada yang terlepas, terjepit atau ada yang rusak.

Motor Air Tidak Bekerja

Di dalam tabung reservoir terdapat motor yang berfungsi untuk memompa air saat dioperasikan. Coba periksa apakah motor bekerja dengan baik saat dioperasikan. Cara mengeceknya cukup dengarkan saja karena saat motor ini bekerja akan menghasilkan bunyi mendengung. Jika tidak ada suara yang kamu dengar, bawalah mobil kamu ke bengkel untuk dilakukan pengecekan apakah kamu harus mengganti motor atau mungkin ada kabel yang terlepas.

Inilah Penyebab Air Wiper Tidak Keluar

Jaringan Kelistrikan Wiper Bermasalah

Karena motor bekerja dengan listrik, maka langkah pertama ketika kamu menemukan bahwa tidak ada tegangan listrik yang masuk ke motor periksalah sirkuit kelistrikannya mulai dari switch, sekring dan kabelnya sendiri apakah ada yang putus atau longgar. 

Kotoran di Ujung Washer

Air dari reservoir keluar melalui washer di bagian kap mesin, banyak permasalah yang sering terjadi karena hal sepele yakni ujung washer yang kecil seperti jarum ini tertutup oleh kotoran. Gunakan alat dengan ujung yang kecil dan runcing seperti jarum atau dengan kawat untuk memeriksa bahwa lubang washer tidak buntu.

Inilah Penyebab Air Wiper Tidak Keluar


Foto: Internet


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 18 Agt 2019 | 12:00 WIB
BAGIKAN