Injektor Mesin Diesel Perlu di Kalibrasi Berkala.
Injektor Mesin Diesel Perlu di Kalibrasi Berkala.

Sudah Tau Belum? Injektor Mesin Diesel Perlu di Kalibrasi Berkala Lho

24 Jun 2022 | 14:00 WIB

Sahabat tau nggak, kalau Injektor yang digunakan mesin diesel berbeda dengan yang ada pada mesin bensin. Tekanan injektor pada mesin diesel jauh lebih tinggi karena disemprotkan langsung ke ruang bakar saat piston berada di Titik Mati Atas (TMA).

Sudah Tau Belum? Injektor Mesin Diesel Perlu di Kalibrasi Berkala Lho


Seiring pemakaian maka injektor ini bisa mengalami kerusakan. Agar terhindar dari masalah, maka Injektor mesin diesel ini juga harus dilakukan kalibrasi secara berkala. Kalibrasi injektor dilakukan supaya injektor kembali dapat melakukan tugasnya secara optimal. Tujuannya untuk membersihkan dan menyamakan tekanan pada tiap unit injektor.

Gimana tuh cara kalibrasi injektor mesin diesel?

Proses kalibrasi ini diawali dengan melakukan proses ultrasonic yakni proses pembersihan saluran injektor yang rata-rata memiliki lobang yang sangat kecil dan lembut.

Proses ini menggunakan aliran listrik yang disambungkan pada setiap injektor di mana pada bagian lobang injektor dialiri bensin/solar . Di sinilah proses pembersihan injektor dimulai.

Proses dilanjutkan dengan melakukan pengetesan masing-masing injektor dengan cara melakukan penyemprotan semburan bensin ke dalam tabung ukur (satu injektor untuk satu tabung). Dalam proses ini terdapat beberapa mode pengetesan mulai dari debit semburan hingga pengabutan. Dengan cara ini, nantinya akan didapatkan hasil volume semburan injektor tersebut dalam kurun waktu yang ditentukan.

Apabila pengabutan sempurna dan volume masing-masing tabung sama, maka kondisi injektor mesin diesel dinyatakan bagus. Proses ini dapat dilakukan berulang apabila bentuk pengabutan tidak sama dan volumenya berbeda.

Jika sampai beberapa kali hasilnya tidak baik atau sama volumenya, maka injektor mesin diesel tersebut sudah tidak sempurna lagi  dan harus diganti.

Perbedaan hasil semprotan dan pengabutan ini disebabkan oleh sedimen kerak yang sudah terlalu keras dan dapat juga disebabkan oleh perangkat elektronik maupun mekanik pada unit injektor.

Penggantian injektor secara parsial (hanya bagian yang tidak sempurna saja) tidak disarankan. 

Lalu apa sih biasanya penyebab Injektor mesin diesel rusak?

Untuk membahas lebih dalam lagi mengenai berbagai tanda injektor mesin diesel mobil rusak tersebut, di bawah ini Garasi.id telah merangkumnya dari berbagai sumber. Simak dengan seksama ya Sahabat.

1. Mesin Sulit Hidup

Dimulai dari tanda injektor mesin diesel rusak yang paling mudah dikenali, yaitu sulit untuk menghidupkan mesin. Mengapa ketika injektor diesel mobil rusak mesin menjadi sulit dihidupkan? Hal ini tidak lain karena suplai bahan bakar ke dalam ruang pembakaran menjadi tidak lancar. Tentu saja, bahan bakar yang keluar dari injektor tersebut jadi tidak sesuai dengan standarnya. Atau, bisa mesin menjadi sulit dihidupkan karena tekanan injektor menurun, akibat kondisi injektor yang sudah aus atau rusak.

2. Mesin Tersendat

Lalu, meski mobil sudah mulai bisa dihidupkan, namun umumnya akan muncul tanda injektor mesin diesel rusak selanjutnya, yaitu mesin menjadi tersendat atau brebet. Kondisi ini karena suplai dari bahan bakar yang tidak lancar. Sehingga, berakibat pada mesin yang kinerjanya tidak stabil, alias kadang hidup atau kadang juga bisa mati dengan sendirinya

Untuk memperlancar suplai bahan bakar tersebut, maka harus dilakukan penyetelan pada injektor mobil tersebut atau melakukan penggantian pada injektor yang sekiranya sudah bermasalah.



Sudah Tau Belum? Injektor Mesin Diesel Perlu di Kalibrasi Berkala Lho

3. Bahan Bakar Tidak Efisien

Setelah mesin terasa tersendat atau brebet, selanjutnya dari sisi bahan bakar yang konsumsinya menjadi tidak efisien. Maksud dari konsumsi bahan bakar yang kurang efisien, ketika konsumsi bahan bakar menjadi terlalu irit atau juga terlalu boros. Hal ini tidak lain karena masalah pada injektor mesin mobil tersebut.

Bukannya bahan bakar yang irit akan baik bagi mobil? Bahan bakar yang irit namun performa tetap stabil, mungkin baik untuk mobil tersebut. Akan tetapi, pada kasus injektor mesin diesel yang rusak, konsumsi bahan bakar yang terlalu irit justru akan mengakibatkan tenaga mesin menjadi berkurang. Iritnya bahan bakar ini karena injektor yang tidak dapat membuka dengan sempurna ketika harus menyuplai bahan bakar.

Begitupun dengan bahan bakar yang boros. Ketika bahan bakar dirasa menjadi sangat boros, maka akan mengakibatkan keluarnya asap tebal dari knalpot. Hal tersebut disebabkan oleh komposisi bahan bakar yang lebih banyak dari pada udara. Itulah mengapa pembakaran menjadi tidak sempurna. Penyebab dari kurang efisiennya asupan bahan bakar ini karena gas sisa pembakaran justru menjadi kerak pada ujung injektor. Hal tersebut membuat injektor jadi tidak dapat menutup atau membuka dengan sempurna.

4. Performa Tidak Optimal

Injektor bertugas sebagai komponen pengabut bahan bakar. Apabila injektor bermasalah, maka hal tersebut tidak dapat menyuplai bahan bakar yang cukup ke dalam ruang bakar, dan hal ini berakibat pada performa mesin yang jadi kurang optimal.

Agar mesin bekerja secara normal, maka setiap putaran mesin memerlukan asupan bahan bakar dengan kapasitas yang berbeda-beda. Contohnya, ketika mesin pada proses start, maka mesin membutuhkan bahan bakar lebih jika dibandingkan pada saat putaran idle yang hanya memerlukan lebih sedikit bahan bakar. Dan apabila injektor bermasalah, maka suplai bahan bakar menjadi tidak beraturan dan menyebabkan mesin dapat mati dengan sendirinya.

5. Keluar Asap Pekat dari Knalpot

Selanjutnya, tanda injektor mesin diesel rusak yang terakhir mudah dikenali. Keluarnya asap dari lubang knalpot merupakan pertanda jika penyuplaian bahan bakar terlalu banyak. Dimana hal tersebut menjadi tanda adanya proses pembakaran basah, dimana campuran bahan bakar lebih banyak dari pada udara. Hal ini berakibat pada sisa gas yang dihasilkan menjadi hitam pekat.

Jadi, apabila ada salah satu di antara beberapa tanda injektor diesel mobil rusak di atas, ada baiknya Sahabat segera melakukan pengecekan dan servis lebih lanjut di bengkel. Untuk mendapatkan jasa dan servis bengkel terpercaya Sahabat bisa membeli vouchernya melalui Garasi.id loh. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 24 Jun 2022 | 14:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifinjektormesindiesel
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family