Lap mobil terbaik
Lap mobil terbaik

Jangan Salah Pilih, Ini 3 Lap Mobil Terbaik yang Tepat Untuk Mencuci Mobil

07 Agt 2020 | 15:47 WIB

Tampilan mobil menjadi salah satu hal penting pada kendaraan, oleh sebab itu banyak pemilik memperhatikannya dengan mencuci dan menggunakan lap mobil yang benar. Namun dalam hal tersebut perlu memperhatikan penggunaan kain pencuci mobil, tujuannya adalah supaya perawatan benar-benar dilakukan dengan baik.

Jangan Salah Pilih, Berikut 3 Lap Mobil Terbaik yang Ramah Untuk Mobil


Mobil menjadi rumah kedua bagi pemiliknya, jadi tidak heran jika merawatnya secara rutin. Dalam perawatan menggunakan lap mobil, harus dipilih dengan baik dan benar. Tujuannya adalah supaya tidak terjadi goresan atau hal yang mengakibatkan kerusakan pada bodi mobil.


Jangan Salah Pilih, Berikut 3 Lap Mobil Terbaik yang Ramah Untuk Mobil


Mencuci mobil bisa dilakukan sendiri maupun membawanya ke salon mobil. Dengan begitu kondisi mobil baik eksterior maupun interior bisa terawat. Jika berniat mencuci mobil sendiri maka hal yang perlu diperhatikan adalah lap mobil yang digunakan ketika mobil akan dikeringkan. Jika kondisinya kotor atau terdapat batu kerikil yang kecil bisa menyebabkan goresan.

Lap Mobil yang Cocok

Sebenarnya ada beberapa lap mobil yang bisa digunakan. Berikut ini merupakan 3 lap mobil yang bagus untuk merawat kendaraan.

Lap Mobil Kanebo

Lap mobil pertama ini sudah dikenal banyak orang yakni kanebo. Lap mobil kanebo mempunyai keunggulan untuk menyerap air dengan lebih banyak dan cepat jika dibandingkan dengan kain biasa. Tekstur permukaan kain juga halus sehingga sangat aman untuk bodi atau kaca pada mobil.

Jangan Salah Pilih, Berikut 3 Lap Mobil Terbaik yang Ramah Untuk Mobil

Oleh sebab itu kain model ini kerap digunakan oleh pemilik kendaraan. Bahkan selain untuk digunakan mencuci dapat juga dipakai untuk mengeringkan air yang terdapat pada bodi dan kaca mobil. Bahkan dari segi harga juga cukup terjangkau tergantung bahan dan ukurannya. Namun perlu di ingat, lap mobil Kanebo bisa menyebabkan goresan halus pada bodi mobil jika kondisi lap itu sendiri sudah tidak layak digunakan. Jadi Sahabat harus lebih waspada ketika mengelap mobil dengan menggunakan Kanebo.


Lap Mobil Microfiber

Jangan Salah Pilih, Berikut 3 Lap Mobil Terbaik yang Ramah Untuk Mobil


Lap mobil selanjutnya yang dapat digunakan adalah lap microfiber. Adapun ciri dari kain jenis ini adalah adanya celah benang pada bagian permukaannya yang merupakan lubang micro dan berbentuk kail. Fungsinya adalah untuk membersihkan noda lebih maksimal, sehingga kain jenis ini kerap digunakan untuk proses mencuci mobil. Untuk harganya, lap mobil microfiber lebih mahal ketimbang lap mobil Kanebo.


Lap Mobil Wash Mitt

Selain dari 2 jenis lap mobil di atas, ada juga lap yang bisa digunakan yakni Wash Mitt. Untuk jenis ini adalah kolaborasi dari kanebo dan microfiber yang bentuknya adalah kantung bertekstur busa lembut di bagian dalamnya. Jadi dengan menggunakan kain ini dapat dipakai untuk mencuci dan juga mengeringkan mobil. Dari segi kualitas, lap jenis ini juga sangat baik untuk menjaga cat bodi dan kaca mobil tetap dalam kondisi baik.


Jangan Salah Pilih, Berikut 3 Lap Mobil Terbaik yang Ramah Untuk Mobil


Beberapa jenis lap mobil yang telah disebutkan di atas mempunyai kualitas yang baik. Namun selain kain yang baik, penggunaan aksesoris tambahan juga diperlukan agar hasil lebih maksimal dan tambah mengkilap. Sebagai contoh yang dapat digunakan untuk merawat kondisi kendaraan adalah pembersih jamur kaca, pengkilap mobil dan masih banyak lagi yang bisa digunakan setelah mencuci mobil. 

Tips Mencuci Mobil yang Praktis

Jangan Salah Pilih, Ini 3 Lap Mobil Terbaik yang Tepat Untuk Mencuci Mobil

Nah, karena jenis lap mobil berhubungan erat dengan pencucian mobil, ada beberapa tips mencuci mobil yang praktis dan bisa Sahabat lakukan di rumah. Banyak sumber-sumber yang memberikan anjuran cara mencuci mobil. Namun, bagaimana sebenarnya cara mencuci mobil yang benar selain membawa ke tempat cuci mobil?  

  1. Gunakan produk khusus mobil dan alat pencuci mobil seperti spons, shampoo mobil, hingga lap mobil seperti yang sudah dijelaskan di atas. Ingat gunakan lap yang berbeda untuk setiap bagian mobil yang dicuci.
  2. Semprot air ke seluruh bodi mobil sebelum membasuh bodi mobil dengan sabun. Diamkan beberapa saat agar kotoran yang menempel lebih mudah diangkat. Jika Sahabat memiliki semprotan bertekanan tinggi jangan semprot ke arah bodi mobil terlalu dekat karena akan membuat bodi lama kelamaan penyok. 
  3. Gunakan dua ember, satu untuk air sabun dan satu lagi untuk membilas spons dan lap mobil. Jangan menggunakan spons atau lap kotor untuk membilas mobil, bersihkan dulu di ember baru gunakan untuk membilas mobil.
  4. Ketika mencuci mobil, cuci mobil dari bagian atas terlebih dahulu baru menurun ke bawah. Mengapa? Alasannya adalah agar air yang turun dari atas ikut membantu mengikis kotoran di bagian bawah mobil sehingga pencucian mobil lebih mudah.
  5. Langkah terakhir adalah bilas bodi mobil dengan bersih secara perlahan hingga ke celah-celah bagian yang tersembunyi di bodi mobil. 

selain itu hindari mencuci mobil seperti:

  1. Mencuci di bawah terik matahari karena akan membuat shampoo dan buih akan cepat mengering jika terkena matahari dan meninggalkan noda. Pilih tempat yang cukup teduh atau lakukan pencucian mobil di sore hari ketika matahari tidak terlalu terik.
  2. Jangan pernah mengelap mobil dengan kain pel, spons cuci piring atau lap yang tidak diperuntukkan untuk mobil.
  3. Jangan langsung membasuh mobil dengan air dicampur sabun karena air sabun berfungsi untuk mengangkat kotoran. Jika bodi mobil tidak di basuh dengan air terlebih dahulu, kotoran akan sulit terangkat dan ada kemungkinan besar malah menggores cat mobil.
  4. Matahari memang membuat mobil cepat kering setelah dicuci, namun cara ini akan meninggalkan noda pada bodi mobil. Cara yang benar adalah mengelap mobil dengan lap mobil khusus yang bersih setelah membilas mobil.

Nah itulah beberapa tips memilih jenis lap mobil yang tepat dan hal-hal yang harus dihindari saat melakukan pencucian mobil. Ingat, mobil akan selalu sehat dan optimal jika dilakukan perawatan dengan baik dan benar. 

Jangan Salah Pilih, Ini 3 Lap Mobil Terbaik yang Tepat Untuk Mencuci Mobil


Untuk kamu yang ingin melakukan perawatan mobil tua atau mobil baru dengan aman, Garasi.id juga memiliki layanan rawat mobilmu #PilihanAman berkendara jadi nyaman.  Kami menyediakan voucher untuk semua kebutuhan perawatan mobil kesayanganmu seperti perawatan mobil, servis mobil, cuci mobil, spooring mobil, balancing mobil, ganti oli, sampai dengan servis rutin bulanan.

Tips Beli Mobil Bekas Ala Garasi.id

Untuk tetap jadi #PilihanAman perawatan kendaraanmu, kami juga menambahkan layanan home service dengan pembayaran kartu kredit cicilan 0%. Layanan yang Garasi.id berikan juga sudah mengacu kepada standarisasi protokol kesehatan. Jadi tunggu apalagi, yuk rawat mobilmu sekarang di Garasi.id

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 07 Agt 2020 | 15:47 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobil