Hal yang perlu diperhatikan adalah kain untuk pencucian dan pengelapan
Hal yang perlu diperhatikan adalah kain untuk pencucian dan pengelapan

Jangan Salah Pilih, Inilah 3 Lap Mobil Terbaik Untuk Mobil

25 Agt 2019 | 16:01 WIB
BAGIKAN

Tampilan mobil menjadi salah satu hal penting pada kendaraan, oleh sebab itu banyak pemilik memperhatikannya dengan mencuci dan melakukan pengelapan secara berkala. Namun dalam hal tersebut perlu memperhatikan penggunaan kain pencuci mobil, tujuannya adalah supaya perawatan benar-benar dilakukan dengan baik.

Mobil menjadi rumah kedua bagi pemiliknya, jadi tidak heran jika merawatnya secara rutin. Dalam perawatan menggunakan kain pencuci mobil, harus dipilih dengan baik dan benar. Tujuannya adalah supaya tidak terjadi goresan atau hal yang mengakibatkan kerusakan pada bodi mobil.

Mencuci mobil bisa dilakukan sendiri maupun membawanya ke salon mobil. Dengan begitu kondisi mobil baik eksterior maupun interior bisa terawat. Jika berniat mencuci mobil sendiri maka hal yang perlu diperhatikan adalah kain untuk pencucian dan pengelapan. Jika kondisinya kotor atau terdapat batu kerikil yang kecil bisa menyebabkan goresan. Sebenarnya dari segi kain sendiri terdapat banyak yang bisa digunakan. Berikut ini merupakan 3 kain pencuci mobil yang bagus untuk merawat kendaraan.

Kain Kanebo/Chamois

Jangan Salah Pilih, Inilah 3 Lap Mobil Terbaik Untuk Mobil

Kain pertama ini sudah dikenal banyak orang yakni kanebo. Kain lap kanebo mempunyai keunggulan untuk menyerap air dengan lebih banyak dan cepat jika dibandingkan dengan kain biasa. Tekstur permukaan kain juga halus sehingga sangat aman untuk bodi atau kaca pada mobil. Oleh sebab itu kain model ini kerap digunakan oleh pemilik kendaraan. Bahkan selain untuk digunakan mencuci dapat juga dipakai untuk mengeringkan air yang terdapat pada bodi dan kaca mobil. Bahkan dari segi harga juga cukup terjangkau tergantung bahan dan ukurannya.

Kain Microfiber

Jangan Salah Pilih, Inilah 3 Lap Mobil Terbaik Untuk Mobil

Kain pencuci mobil selanjutnya yang dapat digunakan adalah lap microfiber. Adapun ciri dari kain jenis ini adalah adanya celah benang pada bagian permukaannya yang merupakan lubang micro dan berbentuk kail. Fungsinya adalah untuk membersihkan noda lebih maksimal, sehingga kain jenis ini kerap digunakan untuk proses mencuci mobil. Untuk harganya juga berbeda dengan kanebo, lebih mahal kain microfiber.

Kain Wash Mitt

Selain dari 2 jenis lap di atas, ada juga kain yang bisa digunakan yakni Wash Mitt. Untuk jenis ini adalah kolaborasi dari kanebo dan microfiber yang bentuknya adalah kantung bertekstur busa lembut di bagian dalamnya. Jadi dengan menggunakan kain ini dapat dipakai untuk mencuci dan juga mengeringkan mobil. Dari segi kualitas, kain jenis ini juga sangat baik untuk menjaga cat bodi dan kaca mobil tetap dalam kondisi baik.

Jangan Salah Pilih, Inilah 3 Lap Mobil Terbaik Untuk Mobil

Beberapa jenis kain pencuci mobil yang telah disebutkan di atas mempunyai kualitas yang baik. Namun selain kain yang baik, penggunaan aksesoris tambahan juga diperlukan agar hasil lebih maksimal dan tambah mengkilap. Sebagai contoh yang dapat digunakan untuk merawat kondisi kendaraan adalah pembersih jamur kaca, pengkilap mobil dan masih banyak lagi.

Foto: Internet


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 25 Agt 2019 | 16:01 WIB
BAGIKAN