Kenali Ciri Mobil Mulai Boros Bahan Bakar
Kenali Ciri Mobil Mulai Boros Bahan Bakar

Jangan Sampai Frustasi Jika Mobil Mulai Boros Bahan Bakar

12 Jul 2023 | 10:52 WIB

Sahabat akan mulai frustasi jika mempunyai mobil yang mulai boros bahan bakar. Ciri mobil mulai boros bahan bakar sangatlah beragam. Sederhananya, Sahabat dapat mengenalinya lewat peningkatan konsumsi bahan bakar dari kondisi normalnya. Jika tidak segera kamu atasi, ini tentu membuat kantong jebol. Selain menguras isi kantong, mobil yang boros bahan bakar juga berdampak negatif pada lingkungan loh Sahabat.


Mobil mulai boros bahan bakar umumnya disebabkan oleh kinerja mesin dan komponen pendukungnya yang menurun. Salah satu komponen tersebut yaitu injektor bahan bakar yang bocor. Akibatnya, injektor tidak efektif dalam menjalankan fungsinya untuk menyemprotkan bahan bakar ke komponen intake manifold. Dengan begitu, masalah mobil boros bensin harus segera diatasi.


Polusi Udara Berasal Dari Asap Knalpot Mobil

Polusi Udara Berasal Dari Asap Knalpot Mobil


Namun, cara mengatasi mobil yang boros bahan bakar, Sahabat perlu  mengenal beberapa ciri untuk mengatasi masalah dan menjadikan mobil lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar. Berikut ciri mobil mulai boros bahan bakar.

 

  • Sering Isi Bensin 

Hal pertama yang perlu Sahabat kenali jika mobil mulai boros bensin adalah terlalu sering isi bensin. Misalnya, jika mengisi bensin di pagi hari tetapi saat sore sudah harus mengisi lagi. Hal ini pertanda mobil boros bensin. 


  • Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap Hitam 

Penyebab asap knalpot mobil menjadi hitam adalah tersumbatnya komponen pipa kecil. Hal ini berdampak pada terganggunya aliran bahan bakar. Jika mobil kamu mengalami masalah ini, secepatnya untuk segera diatasi. Kalau tidak, konsumsi bahan bakar menjadi semakin tidak efisien dan bisa merembet ke komponen lain. 


Ketahui Perbandingan Skala Pengisian Bensin Mobil

Ketahui Perbandingan Skala Pengisian Bensin Mobil


Suara mobil yang berisik membuat kenyamanan saat berkendara menjadi terganggu. Suara mesin mobil yang berisik biasanya disebabkan oleh bagian mesin yang sedang bermasalah. Selain berdampak pada kinerja mobil, hal ini juga berdampak pada penggunaan bahan bakar kendaraan. 


  • Tercium Bau Bensin Menyengat 

Terciumnya bau bensin menyengat bisa saja menjadi ciri mobil mulai boros bensin. Bau bensin menyengat tersebut terjadi karena bensin dalam tangki mengalami kebocoran. Akhirnya, bahan bakar menurun secara drastis sehingga perlu diatasi segera. 


Cara Efektif Hemat Bahan Bakar

Cara Efektif Hemat Bahan Bakar


Mengatasi masalah mobil yang boros bahan bakar membutuhkan sedikit perhatian dan perubahan kebiasaan ya Sahabat. Untuk mensiasatinya kamu bisa ikuti cara ampuh mengatasi mobil yang mulai boros bahan bakar. Mari Sahabat simak dengan seksama dan terapkan berikut ini.


1. Periksa Sistem Bahan Bakar

Sistem bahan bakar yang tidak terawat dengan baik dapat menjadi salah satu penyebab mobil yang boros. Pastikan secara teratur memeriksa dan membersihkan filter udara dan filter bahan bakar. Filter yang kotor akan menghambat aliran udara dan bahan bakar yang optimal, sehingga mempengaruhi efisiensi kendaraan. Selain itu, pastikan juga untuk menjaga tekanan ban yang tepat, karena tekanan ban yang kurang dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar.


2. Hindari Muatan Berlebihan

Membawa beban yang berlebihan dalam mobil akan membuat mesin bekerja lebih keras dan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar. Bersihkan bagasi mobil dari barang-barang yang tidak perlu dan hindari membawa barang yang berat secara berlebihan. Semakin ringan beban mobil, semakin efisien pula penggunaan bahan bakarnya.


Ganti Filter Udara Secara Berkala

Ganti Filter Udara Secara Berkala


3. Pergunakan Akselerasi

Kebiasaan menginjak pedal gas dengan tiba-tiba dan melakukan akselerasi yang keras akan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Biasakan Sahabat untuk mengendarai mobil dengan tenang dan melakukan akselerasi yang halus. Jaga kecepatan kendaraan secara konsisten dan hindari akselerasi dan pengereman yang tiba-tiba.


4. Matikan Mesin Mobil

Kebiasaan membiarkan mesin mobil menyala saat tidak digunakan adalah pemborosan bahan bakar yang umum. Ketika berhenti lebih dari beberapa menit, misalnya saat menunggu di tempat parkir atau saat berhenti sejenak, matikan mesin mobil. Ini akan membantu menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.


Rutin Melakukan Servis Berkala Bisa Membantu Mengurangi Boros Bensin

Rutin Melakukan Servis Berkala Bisa Membantu Mengurangi Boros Bensin


5. Rutin Lakukan Perawatan dan Servis Berkala

Mobil yang teratur dirawat dan menjalani servis berkala cenderung lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Pastikan Sahabat mengikuti jadwal perawatan yang direkomendasikan bengkel resmi, seperti mengganti busi, memeriksa sistem pembakaran, dan memeriksa kondisi oli mesin. Catat Sahabat, perawatan yang baik akan membantu menjaga kinerja optimal mobil dan mengurangi konsumsi bahan bakar yang berlebihan.


6. Rutin Ganti Oli Mobil

Meski menjadi salah satu bagian terpenting dari sebuah mobil, oli tidak hanya melumasi semua komponen mesin, tetapi juga menjaga suhu mesin tetap optimal. Semakin lama digunakan, semakin kental minyaknya dan semakin sedikit volume yang menguap. Ini mencegah oli bekerja dengan baik, meningkatkan konsumsi bahan bakar, dan menghasilkan kinerja yang buruk. Interval penggantian oli yang disarankan adalah 5.000 hingga 10.000 km atau 6 bulan, mana yang lebih dulu.


Kebahagiaan Adalah Aroma Mobil Yang Terawata

Kebahagiaan Adalah Aroma Mobil Yang Terawat


Sahabat bisa menerapkan cara sederhana diatas, semoga dapat meningkatkan efisiensi mobil kamu dan mengurangi penggunaan bahan bakar yang berlebihan. Jadikanlah perawatan mobil dan gaya mengemudi yang lebih efisien sebagai kebiasaan sehari-hari. Dengan demikian, Sahabat akan menikmati perjalanan yang lebih hemat bahan bakar, ramah lingkungan dan juga menjaga kesehatan keuangan dalam jangka panjang.


Sahabat bisa cek promo di e-commerce terpercaya www.Garasi.id. Nikmati potongan harga untuk layanan servis berkala yang meliputi pengerjaan agar bahan bakar mobil kesayangan Sahabat tidak boros. Kamu bisa pilih bengkel terbaik sesuai daerahmu disini.


Jabodetabek dan Cabang Bengkel BOS yang bekerjasama dengan Garasi.id

Promo hingga 20 Juli 2023


Kenali Ciri Mobil Mulai Boros Bahan Bakar

Nikmati promo Serbu Hemat Bulan Juli diskon hingga 20%.


Kamu juga bisa pilih layanan servis dari bengkel yang cocok dengan layanan sesuai area terdekatmu dibawah ini:


Jabodetabek

  • Honda Camp berikan jasa paket perawatan servis berkala, full detailing, AC komplit serta paket terbaik lainnya.
  • Bengkel Fast berikan jasa servis tune up, gurah mesin, spooring dan balancing 4 ban, ganti aki baru dan ganti oli.

  • SCW Otomotif Kemayoran berikan layanan balancing + ganti angin nitrogen, ganti oli, dan paket cuci mobil.

  • Nawilis berikan jasa servis paket brake re-matching anti getar, gurah mesin, spooring dan uji emisi khusus diesel dan bensin.


Jawa Barat

  • Automaster paket ganti oli, tune up, cuci mobil, servis berkala, spooring, balancing dan cuci mobil..

  • Auto Cool Prima jasa engine performance, flushing matic, tune up bensin dan diesel serta ganti ol.

  • Cahaya Agung dengan layanan servis rem, tune up, ganti oli dan cuci mobil.

Jawa Timur

  • Mardiono paket engine tune up bensin, servis rem, engine scanner dan ganti oli.

  • Bengkel B&S paket ganti oli, spooring balancing + pengecekan kaki-kaki dan servis mobil lain.

Jawa Tengah

  • Monte Carlo paket spooring balancing + cek kaki-kaki mobil dan ganti oli.

Jika ada kendala silahkan hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id. Syarat dan ketentuan berlaku.


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 15 Jul 2023 | 17:07 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobilgantiolituneupBensinborosservisrem
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family