Suara Aneh Pada Mobil
Cek Suara Aneh Pada Mobil

Mendengar Suara-Suara Aneh Pada Mobil? Mungkin Ini Sumber Yang Harus Diperhatikan

28 Mar 2019 | 20:00 WIB
BAGIKAN

Apakah Sahabat merasa mobilmu dalam keadaan baik-baik saja, namun Sahabat kerap kali mendengar suara-suara aneh pada mobilmu? Bila memang iya, mungkin saja mobilmu tidak dalam keadaan baik-baik saja dan Sahabat harus segera memeriksa sebelum terjadi hal-hal lain yang lebih merugikan.


Suara-suara atau bunyi-bunyi aneh seperti apa yang patut Sahabat waspadai bila sebelumnya tak pernah terdengar kemudian tiba-tibe terdengar pada mobilmu? Berikut ulasan selengkapnya.

Mendengar Suara-Suara Aneh Pada Mobil? Mungkin Ini Sumber Yang Harus Diperhatikan


1. Suara Gemerisik Berlebihan (Tidak Biasanya) Pada AC

Hampir semua pemilik mobil pasti mendengar suara gemerisik saat AC diaktifkan. Umumnya, pemilik mobil yang mobilnya berusia di atas lima tahun pernah kerap kali mengalami gejala seperti itu. Suara yang gemerisik saat peranti pendingin ruangan (AC) diaktifkan itu sebenarnya disebabkan oleh beberapa hal.

Bantalan atau bearing Kompresor yang telah aus kerap menjadi biang suara berisik itu. Oleh karena itu, langkah pertama yang wajib Sahabat periksa adalah bearing kompresor. Bila ternyata kondisi komponen itu tak bermasalah, alihkan perhatian ke oli kompresor. Berkurangnya minyak pelumas kompresor karena adanya kebocoran atau jumlahnya yang menyusut karena penggunaan, juga memicu kompresor mengeluarkan suara berisik.


2. Bunyi Mendengung Pada Bagian Mesin Mobil

Suara mendengung yang sering muncul pada bagian mobil ini memiliki beberapa penyebab. Dua di antara penyebabnya adalah karena van belt (v-belt) yang terlalu kencang atau kendor, dan leher alternator yang aus.


Selain menimbulkan suara mendengung, V-belt bermasalah yang tidak segera diperbaiki rawan putus. Bila hal itu terjadi, maka water pump mesin pun tidak akan bekerja dengan optimal sehingga mengakibatkan panasnya suhu mesin bahkan bisa hingga mengalami overheating pada mesin mobil.

Selain itu, V-belt yang terlalu kencang juga menjadikan putaran alternator dipaksa melebihi kapasitas atau kemampuannya. Akibatnya laher alternator akan rusak dan menimbulkan suara mendengung pada mesin mobil.


3. Suara Gemuruh dari Bagian Kolong Mobil

Suara gaduh tersebut rupanya disebabkan oleh komponen di bagian kaki-kaki mobil yang bermasalah. Biasanya suara ini muncul ketika mobil melaju dengan kecepatan 50 kilometer per jam atau lebih dari itu.


Karet bushing arm yang pecah atau telah aus, ball joint yang telah aus, tie rod, shock breaker yang telah aus merupakan penyebab utama dari suara gemuruh tersebut. Bila mobilmu menggunakan stabilizer strut bar atau sway bar, maka karet pada peranti itu yang telah aus juga bisa menyebabkan suara mendengung di bagian kolong.


Oleh karena sangat diharuskan untuk segera mengganti bagian-bagian yang rusak tersebut. Agar laju mobil tetap bisa stabil.


4. Bunyi Mendecit di Luar dan di Dalam Kabin Mobil

Suara seperti itu rupanya terjadi karena ada gesekan antar logam. Oleh karena itu segera periksa sumber bebunyian tersebut dan lumasi dengan grease yang lebih awet dan tidak mudah menciprat ke bagian-bagian logam lainnya. Karena bila tidak, maka kerusakan akibat gesekan tersebut bisa semakin parah bahkan bisa merembet ke bagian lain pada mobil.


5. Suara Mesin Terdengar Lebih Kasar dari Biasanya dan Tersendat-Sendat

Bunyi seperti itu juga bisa diartikan sebagai gejala awal dari mesin mobil mengelitik (knocking). Ada beberapa faktor yang menyebabkan suara mesin menjadi seperti itu.


Salah satu penyebabnya adalah karena kualitas bahan bakar yang jelek sehingga menjadikan pembakaran prematur. Selain itu, busi yang telah aus, serta oli yang bocor dan merembes ke ruang bakar mesin juga beberapa penyebab lain di antaranya. Bila tak segera diatasi, lama-kelamaan mesin akan mengalami knocking dan bisa berakibat buruk pada mobil.


Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 28 Mar 2019 | 20:00 WIB
BAGIKAN