Roof racks mobil
Roof racks mobil

Penggunaan Roof Rack Mobil Ada Caranya, Ini Efek Buruk Jika Mobil Kelebihan Muatan

06 Apr 2020 | 14:07 WIB

Merencanakan perjalanan mudik akan lebih mudah ketika Sahabat bisa membawa semua peralatan. Penggunaan roof rack yang tepat di atap kendaraan Sahabat merupakan hal penting guna mengantisipasi berlebihnya kapasitas mobil karena barang bawaan atau memang sudah tidak cukup ruang kabin yang penuh penumpang.

Dikutip dari popularmechanics, Rack Expert, Andrew Pasquella dari Front Runner Outfitters, membeberkan hal yang perlu diperhatikan ketika membeli Roof Rack untuk kendaraan Sahabat agra kapasitas mobil tidak berlebih.

Jangan Semua Dibawa, Kapasitas Mobil Ada Batasnya

Agar kapasitas mobil tidak berlebih, hal pertama yang dilakukan ialah memeriksa berat rack tersebut. Carilah roof rack yang kuat namun tidak berat guna menghindari kapasitas mobil berlebih. Banyak rack yang menggunakan bahan berat seperti baja. Sahabat bisa mencari rack aluminium yang dirancang dengan baik dimana bobotnya lebih ringan 30 persen dari baja, dengan lebih banyak daya tahan dan kapasitas angkut serta juga tidak melebihi batas maksimal kapasitas mobil kamu.

Kedua, agara tidak melebihi kapasitas mobil, baiknya Sahabat mencari roof rack modular yang memudahkan perakitan dan memungkinkan Sahabat menambahkan sekat untuk berbagai penggunaan. Rak juga dapat berubah fungsi seperti yang Sahabat butuhkan pada waktu tertentu.

Langkah ketiga, periksalah lineup aksesori. Roof rack terbaik adalah yang bisa Sahabat gunakan ke berbagai tujuan. Pastikan rak Sahabat dapat menampung banyak muatan dan apa pun yang mungkin Sahabat perlukan.

Selain itu, cek kekuatan dan daya tahannya. karena kekuatan rak bisa mempengaruhi suasana perjalanan Sahabat. Jika Sahabat pergi dan berencana untuk menuju pulang kembali dengan menggunakan rak murah, mungkin tidak berhasil. Jangan batasi perjalanan Sahabat hanya karena khawatir tentang kekuatan rak.

Jangan Semua Dibawa, Kapasitas Mobil Ada Batasnya

Terakhir, agar bawaanmu tidak melebihi kapasitas mobil, hindari rak yang menggunakan komponen berbahan sedikit plastik. Plastik akan rapuh dan juga memiliki nilai muatan yang lebih rendah. Plastik juga akan memudar di bawah sinar matahari.

Nah Sahabat, mulai sekarang sudah tau kan cara memilih Roof rack kendaraan Sahabat untuk menemani perjalanan jauh kamu saat berlibur.

Tetapi, sebelum menentukan roof rack mobil kamu juga perlu tahu nih maksimal daya angkut mobil agar tidak melebihi kapasitas mobil demi keselamatan kamu saat berkendara

Harus tahu daya angkut maksimal kapasitas mobil

Mobil menjadi transportasi favorite saat akan berpergian bersama keluarga, selain bisa banyak menampung keluarga secara bersamaan, barang bawaanpun juga bisa muat lebih banyak bila membawa mobil pribadi ketimbang transportasi umum lainnya.

Bicara barang bawaan, kerap pemilik mobil lalai terhadap aturan yang sebetulnya sudah tersedia di buku panduan. Panduan yang tepat soal seberapa maksimal kapasitas mobil mengangkut barang bawaan.

Jangan Semua Dibawa, Kapasitas Mobil Ada Batasnya

Biasanya, selama masih ada ruang tersisa, pemilik kendaraan akan mengisinya dengan barang bawaan. Perilaku ini bisa membuat kapasitas mobil berlebih dan sangat tidak dianjurkan.

Melansir Auto2000 Yos Sudarso, Menurut Suparman, kondisi tersebut adalah persepsi yang salah dan fatal untuk dilakukan. Perlu diingat, meski memiliki bagasi yang lapang, tiap mobil memiliki bobot maksimal yang tak boleh diabaikan karena daya angkut mobil Agya dan daya angkut mobil Avanza jelas berbeda.

"Ini kebiasaan yang salah, orang kerap khilaf memasukkan barang tanpa memperhatikan faktor kenyamanan selama perjalanan," jelas Suparman, Kepala Bengkel Auto2000.

"Lebih parah kadang-kadang barang muatan tersebut bikin kapasitas mobil over yang justru bisa mengundang hal-hal berisiko saat perjalanan," tegasnya.

Suparman mengingatkan pemilik mobil sebelum membawa barang bawaan memperhatikan kapasitas mobil dari kendaraannya. Cara mengukurnya bisa melihat dari berat kosong dan maksimum kapasitas mobil yang sudah tertera di buku manual tiap mobil.

Misal, untuk Toyota Kijang Innova yang memiliki berat maksimum 2.130 kg dan berat kosong 1.525 kg, dari kedua jumlah tersebut tinggal dikurangi.

Hasilnya ada selisih 650 kg merupakan daya angkut kapasitas mobil atau daya muat yang boleh ditambah atau dimasukkan ke dalam mobil. Tapi jumlah itu sudah termasuk hitungan bobot jumlah penumpang yang dibawa.

Untuk mobil yang sudah dilengkapi roof rail seperti jajaran mobil SUV Toyota, bisa memanfaatkan bagian atap untuk meletakkan barang bawaan. namun, tetap ada aturan mainnya. Kamu juga perlu baca Perbedaan Jenis Mobil SUV dan MPV yang Perlu Diketahui

Menurut suparman, pada umumnya beban kapasitas mobil yang dianjurkan pada atap mobil tidak lebih dari 70-73 kg. Apabila lebih maka bisa membuat atap mengalami deformasi yang berarti melebihi kapasitas mobil.

Selain itu, dampak lain pun juga bisa timbul akibat kapasitas mobil yang berlebih. apa saja dampaknya? berikut dampak yang akan muncul ketika kapasitas mobil over.

Dampak jangka pendek kapasitas mobil over

Adapun dampak jangka pendek akibat membawa beban terlalu berat pada mobil adalah sebagai berikut :

Boros akan bahan bakar

Dampak jangka pendek yang pertama apabila membawa beban melebihi kapasitas mobil adalah kendaraan Sahabat akan boros bahan bakar. Hal ini disebabkan pada saat beban yang dibawa kendaraan terlalu berat, maka beban kerja mesin juga akan meningkat ketika dipaksakan untuk mengangkut beban yang terlalu berat karena melebihi kapasitas mobil.

Jangan Semua Dibawa, Kapasitas Mobil Ada Batasnya

Jadi buat Sahabat semua yang selama ini masih gemar membawa beban terlalu berat melebihi kapasitas mobil sebaiknya mulai sekarang berhenti ya Sahabat biar bahan bakar tidak cepat habis. Salah satu cara membuat mobil irit bahan bakar dengan tidak membawa beban berlebihan melampaui kapasitas mobil.

Resiko akan ditilang polisi

Dampak jangka pendek yang kedua adalah Sahabat harus siap - siap jika suatu saat akan mendengar bunyi "prit" yang artinya Sahabat akan ditilang polisi. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, setiap kendaraan baik kendaraan umum maupun kendaran pribadi, tentunya mempunyai batas maksimal beban angkut yang sesuai dengan standarnya tidak melebihi kapasitas mobil.

Jangan Semua Dibawa, Kapasitas Mobil Ada Batasnya

Mengurangi kenyaman penghuni kendaraan

Dampak jangka pendek yang ketiga pada saat membawa beban terlalu berat melebihi kapasitas mobil adalah akan berpotensi mengurangi kenyamanan penghuni kendaraan. Hal ini tentu saja berpengaruh ya Sahabat karena pada saat membawa barang bawaan terlalu banyak melebihi kapasitas mobil tentunya akan memaksa "space" atau tempat yang seharusnya tidak dikhususkan untuk barang, seperti di lantai atau karpet mobil kamu misalnya, tentunya penghuninya akan merasa sempit dan tidak nyaman.

Dampak jangka panjang kapasitas mobil over

Adapun dampak jangka panjang akibat membawa beban terlalu berat melebihi kapasitas mobil adalah sebagai berikut :

Kerusakan pada ban dan pelek

Dampak jangka panjang yang pertama apabila membawa beban terlalu berat pada mobil adalah akan berpotensi merusak ban dan pelek. Kendaraan yang sering membawa beban yang melebihi kapasitas mobil alias "muatan berlebihan", akan membuat ban kendaraan Sahabat lebih cepat habis akibat beban yang harus ditanggungnya juga terlalu berat. Ketahui bahwa menghindari membawa beban berat bisa dijadikan sebagai tips merawat pelek mobil yang wajib Sahabat coba dan buktikan.

Jangan Semua Dibawa, Kapasitas Mobil Ada Batasnya

Selain itu, apabila Sahabat menggunakan ban yang aus atau tipis tersebut akan berpotensi membuat pelek mobil akan peyang. Nah Sahabat, rugi bukan jika membawa beban terlalu berat tersebut. Sebaiknya yang normal – normal saja ya.

Merusak komponen kaki – kaki mobil

Dampak jangka panjang yang kedua apabila Sahabat membawa beban terlalu berat pada mobil adalah akan merusak komponen kaki kaki mobil atau yang akrab disebut dengan understeels mobil. Apabila Sahabat terlalu sering membawa beban yang overload akan membuat daya tahan understeel pada mobil Sahabat rawan patah, karena tidak kuat menahan beban yang ditanggungnya. kerusakan kaki kaki mobil seperti ini umumnya terjadi pada shock absorber dan per atau spring mobil kamu.

Manuver mobil akan berkurang dan jarak tempuh yang lama

Dampak jangka panjang yang ketiga adalah apabila Sahabat membawa beban terlalu berat pada mobil adalah manuver mobil berkurang dan jarak tempuh yang lama. Hal ini jelas ya Sahabat, karena apabila beban mobil terlalu banyak sudah pasti pada saat ada tikungan maka mobil Sahabat akan susah cari titik keseimbangan yang tentunya akan berpengaruh pada jarak tempuh yang semakin lama.

Nah Sahabat itulah dampak yang akan timbul pada mobi bila kamu terus membawa barang berlebih dari ketentuan yang ditetapkan dari pabrikan mobil Sahabat. Jangan pernah melakukan hal diatas lagi bila tidak ingin dampak-dampak yang sudah dijelaskan terjadi ya Sahabat.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 09:46 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbelimudikkendaraantariftollebaranjakartajawasurabaya2018tipsroofrack
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family