Mencuci Mobil
Mencuci Mobil yang Ideal

Jangan Terlalu Sering, Idealnya Mobil Dicuci 2 Hari Sekali

28 Sep 2018 | 12:00 WIB

Mencuci mobil menjadi ritual wajib yang harus dilakukan pemilik. Ini penting dilakukan agar tampilan mobil tetap bersih dan kinclong.

Untuk waktu pencucian, ada yang melakukannya secara rutin kendati kondisi mobil tak terlalu kotor. Adapula yang memiliki kebiasaan malas mencuci walau mobil sudah 'tak karuan'.

Jangan Terlalu Sering, Idealnya Mobil Dicuci 2 Hari Sekali

Pakar detailing, Christopher Sebastian yang juga Chief Executive Officer XTO Indonesia mengatakan, pencucian mobil sebaiknya dilakukan sesuai dengan penggunaannya serta kondisi jalan yang dilewati. Tetapi normalnya, mobil sebaiknya dicuci tiap dua hari sekali.

Baca Juga : Ritual Cuci Mobil, Yang Benar Dari Atas atau Bawah Dulu?

"Normal seharusnya dua hari sekali kalau mobil setiap hari keluar, dan itupun tanpa sampo (kalau mobil hanya berdebu), jadi disemprotkan air bilas. Ini untuk yang sudah coating maupun belum," ujarnya seperti yang dilansir dari laman Viva.co.id.

Dia mengatakan, penggunaan shampo sebaiknya dilakukan tiap seminggu sekali. Tidak dianjurkan tiap dua hari sekali. Satu catatan yang tak kalah penting, setelah proses pengeringan bodi mobil juga diberikan cairan perawatan. Tetapi ingat, jangan terlalu sering menggunakannya karena akan membuat lapisan tipis.

"Cuci mobil tanpa shampo juga tidak dianjurkan selamanya, dalam jangka waktu tertentu memang harus pakai shampo. Karena mobil itu tertempel minyak dan tidak akan bisa hilang, hanya dengan air karena sifatnya berlawanan," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Technical Support Meguiars Indonesia, Fadillah. Dia mengatakan, idealnya mencuci mobil dilakukan tiap dua hari sekali. Dia mengingatkan, saat mencuci perhatikan barang-barang yang digunakan, mulai dari shampo, alat pembersih seperti busa, dan lap pengering.

"Sabun pencuci mobil cari yang nilai pH (tingkat keasaman) seimbang, yaitu tujuh, kalau terlalu rendah atau terlalu tinggi akan merusak lapisan pernis. Kandungan pH tidak seimbang, setelah mencuci akan timbul white spot atau bintik-bintik putih," kata Fadillah.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 04:28 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelicucimobilideal2hariseminggushambobilasairtipsgarasiidotomotif