Asian Games 2018
7 Pintu Tol Ditutup

Jelang Asian Games 2018, Polisi Lakukan Simulasi Penutupan 19 Pintu Tol

03 Agt 2018 | 11:25 WIB

Sebanyak 19 pintu tol di DKI Jakarta akan ditutup selama Asian Games 2018 berlangsung. Uji coba penutupan 19 pintu tol itu dilakukan sejak 2 Juli lalu dan akan berakhir 1 Agustus sebelum dievalusi.

"Ada 19 pintu tol yang diujicoba," kata Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Bambang Prihartono yang dilansir dari laman CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

19 pintu tol yang akan ditutup tersebut antara lain, Ancol Barat, Jembatan Tiga 1, Angke 2, Tanjung Duren, Off Ramps RS Harapan Kita, Slipi 2, Podomoro, Rawamangun, Pedati, dan TMII yang akan ditutup mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

Jelang Asian Games 2018, Polisi Lakukan Simulasi Penutupan 19 Pintu Tol

Kemudian pintu tol Gedong Panjang 2, Jembatan Tiga 2, Angke 1, Jelambar 1, Slipi 1, Sunter, Jatinegara, Kebon Nanas, dan TMII yang ditutup mulai pukul 12.00-21.00 WIB.

Penutupan pintu tol tersebut diprioritaskan untuk rute menuju Gelora Bung Karno, Velodrome, dan Cibubur.

Bambang menyampaikan kebijakan penutupan pintu tol tersebut dilakukan guna mencapai target waktu tempuh para altet dari Wisma Atlet menuju ke venue yang dikeluarkan oleh Olympic Council of Asia (OCA) yakni 30 menit.

Namun seusai simulasi yang dilakukan, pihak Ditlantas Polda Metro Jaya mempunyai rencana baru yaitu hanya akan menutup 7 pintu tol saat acara olahraga terbesar se-Asia itu. 

Dikesempatan berbeda, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengatakan telah mengambil kesimpulan dari rangkaian tiga kali simulasi yang dilakukan. Dua kali tanpa adanya penutupan jalan tol dan terakhir dengan menutup beberapa ruas jalan tol.

"Kita kurangi yang berangkatnya ada 10 pintu tol kita tutup menjadi 4, kemudian dari 9 pintu tol kita rubah menjadi 3 saja dengan memperhatikan beberapa faktor," terang Yusuf, Rabu (1/8).

Yusuf menjelaskan faktor pertama adalah efektivitas penggunaan jalan tol, yang kedua adalah kondisi atau dampak dari penutupan itu di luar jalan tol. Seperti yang dijadwalkan, penutupan akan dibagi menjadi dua segmen.

Seperti waktu keberangkatan dari Wisma Atlet ke venue pukul 06.00-17.00 akan ada 4 pintu tol yang ditutup diantaranya di Pintu Tol Angke 2, Tanjung Duren, Slipi 2, dan TMII 1. Sedangkan, jam kepulangan pukul 12.00-21.00 akan ada 3 pintu tol yaitu Angke 1, Slipi 1 dan TMII 2.

"Itukan hasil evaluasi terhadap similasi hari ini. Sehingga sementara ini yang diterapkan pelaksanaannya tetapi ini pun sifatnya masih situasional pada saat tertentu bisa kita buka sesuai situasi yg ada," terangnya.

Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Darmanto pun menambahkan penutupan pintu tol akan dilakukan pada Jumat (10/8) karena adanya pertandingan sepak bola yang diselenggarakan sebelum pembukaan Asian Games 2018.

"Ya memang pelaksanaan saat Asian Games saat 18 Agustus-2 September. Tapi pertandingan kan ada yang sudah dimulai. Seperti pertandingan sepak bola di Wibawa Mukti dan di Praga Candrabhaga," tandasnya.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 08 Mei 2020 | 23:55 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbeliaturanuuganjilgenap15jamberitanewsotomotifAsiangames2018jakartasimulasitolditutup