modifikasi Mobil
Modifikasi Mobil Bekas

Kamu Pemula? Ini Cara Tepat Modifikasi Mobil Biar Nggak Lebay

13 Mar 2019 | 20:00 WIB
BAGIKAN

Buat Sahabat Garasi pecinta otomotif, pasti akan gatal bila membeli mobil namun tidak dimodifikasi. Modifikasi kendaraan tidak bisa dibilang murah, Namun jika budget Sahabat terbatas, Sahabat bisa memodifikasi mobil bekas agar semakin bergaya tanpa harus keluar banyak biaya.

Harga mobil bekas memang jauh lebih murah daripada baru. Proses pengajuan kredit dan administrasinya juga dapat diurus lebih cepat. Saat dijual kembali pun, nilai penyusutannya bisa lebih rendah.

Akan tetapi, kadang penampilannya memang sudah ketinggalan zaman. Performanya juga butuh sedikit penyesuaian. Saat itulah modifikasi mobil bekas bisa Sahabat lakukan.

Kamu Pemula? Ini Cara Tepat Modifikasi Mobil Biar Nggak Lebay

Memilih Jenis Mobil Bekas yang Cocok Dimodifikasi

Sebelum mulai, Sahabat tentu harus memilih jenis mobil bekas yang akan dimodifikasi jika belum memilikinya. Selain budget, ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan.

Salah satunya yaitu faktor tujuan pemakaian kendaraan tersebut. Apakah ia hanya akan dipakai untuk berpergian sehari-hari, touring, gaya-gayaan, balapan, atau malah untuk usaha dan berjualan.

Modifikasi mobil sedan lama termasuk yang paling sering dipilih. Terutama sedan tahun 90-an yang digemari kaum muda pecinta mobil Indonesia. Ia bisa dikendarai sehari-hari, namun juga bisa dipakai untuk drifting.

MPV yang banyak digunakan pemilik mobil Indonesia juga sering dipercantik agar lebih unik. Selain itu, modifikasi mobil pick up, hatchback, van, dan kodok juga tak kalah populer. Dan semua jenis mobil bekas yang Sahabat bisa dicari di situs jual beli mobil oline yang terpercaya yaitu Garasi.id

Yang jelas, pastikan mesin dalam kondisi bagus sehingga Sahabat tak harus merogoh kocek banyak untuk reparasi. Atau Sahabat bisa mengandalkan fitur Mobil Pilihan Garasi.id, Sahabat bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas terbaik karena kondisi mobil yang prima dengan kilometer rendah, tahun mudan, dan sudah di inspeksi. 

Kamu Pemula? Ini Cara Tepat Modifikasi Mobil Biar Nggak Lebay

Tips Modifikasi Mobil Bekas untuk Pemula Agar Makin Bergaya

Setelah memilih jenisnya, mungkin Sahabat bingung apa yang harus dilakukan selanjutnya. Apalagi jika Sahabat masih tergolong pemula. Salah-salah, jatuhnya malah norak dan tak jadi bergaya.

Tak perlu khawatir karena ada tips modifikasi mobil bekas untuk para pecinta mobil Indonesia berikut ini. Melansir dari laman mediapria.com, ini dia tipsnya:

1. Tentukan Tema atau Konsep

Tema atau konsep perlu ditentukan sebelum memulai modifikasi mobil bekas. Hal ini penting agar tidak ada tema yang saling bertubrukan dan malah tak nyambung satu sama lain.

Tema yang bisa Sahabat pilih sangat beragam. Mulai dari racing, sporty, gothic, retro, modern, elegan, atau malah cute untuk menyenangkan putri atau pasangan Sahabat.

Tema ini bisa diterapkan baik untuk eksterior maupun interior. Jika tema racing jadi pilihan, Sahabat bisa menambahkan garis dan angka di body luar seperti di game balap atau inspirasi dari film dan berbagai karakter. 

Sahabat juga bisa mendapatkan ide dengan sering mengunjungi pameran. Banyak pula pecinta mobil Indonesia yang tak pelit membagikan tips dan ide-ide uniknya.

2. Perkirakan Biaya & Bengkel

Tema sudah jelas, kini saatnya memperkirakan biaya yang harus Sahabat keluarkan. Sebagai awalan, pilih modifikasi mobil bekas yang sederhana dan tak terlalu membutuhkan banyak biaya.

Misalnya saja mulai dari mengganti kaca film atau aksesoris lainnya. Lakukan riset kecil-kecilan untuk mendapatkan komponen yang lebih murah.

Buat perhitungan sehingga Sahabat bisa menentukan mana yang bisa ditunda saat dompet mepet. Sahabat dapat melakukannya secara bertahap jika keuangan sudah memungkinkan.

Perkirakan juga bengkel yang ingin Sahabat gunakan. Biasanya, bengkel memiliki spesifikasi berbeda-beda untuk tema tertentu. Konsultasikan apakah mereka bisa mengerjakan tema yang Sahabat inginkan.

Tanyakan juga biaya yang mereka patok. Jika ingin memakai jasa modifikator terkenal, biasanya Sahabat harus rela mengeluarkan biaya lebih.

3. Siapkan Daftar Komponen yang Diperlukan

Tak hanya membuat daftar biaya, siapkan juga list komponen yang diperlukan. Mungkin ada beberapa yang sulit didapatkan di kota Sahabat sehingga perlu memesan dari luar kota, bahkan luar negeri.

Ingat bahwa memesan komponen dari luar daerah juga bisa membuat biaya semakin membengkak. Karena itu, prioritaskan komponen yang mudah didapat dan sesuai dengan budget terlebih dahulu.

4. Mulai dari Mesin

Setelah persiapan selesai, Sahabat bisa mulai modifikasi mobil bekas. Langkah pertama dimulai dari mesin yang menjadi inti dari kendaraan Sahabat. Apalagi mesin mobil bekas yang performanya mungkin sudah berkurang.

Hanya saja, hati-hati jika ingin modifikasi mesin yang terlalu ekstrem karena dapat menurunkan harga jual. Untuk pemula, pilih yang lebih sederhana seperti mengganti busi atau koil agar pengapian lebih baik.

Sahabat juga bisa melapisi mesin dengan karbon atau krom agar lebih mengkilap. Namun, krom harus rajin dibersihkan agar tidak mudah berkarat.

5. Velg

Tentukan velg atau pelek yang ingin Sahabat pasang sesuai tema yang sudah ditentukan. Sebisa mungkin, pilih warna netral seperti hitam, putih, atau krom.

Hindari memilih warna yang terlalu mencolok dan tidak sesuai tema karena akan membuatnya terlihat norak. Salah-salah, kendaraan Sahabat malah tampak seperti angkot.

Selain itu, ukuran pelek dan offset juga perlu diperhatikan. Pasalnya, body kit nantinya perlu disesuaikan dengan pelek. Jika ukuran pelek terlalu besar, bisa jadi Sahabat harus memperlebar fender.

Sebenarnya, mengganti pelek dan ban dengan yang lebih besar bisa membuat handling jadi lebih baik. Sahabat pun bisa lebih nyaman bermanuver karena area kontak ban dengan aspal semakin luas.

Namun, daya redam jadi berkurang saat melewati jalan yang rusak dan bergelombang. Jika tidak ingin kabin berisik, Sahabat perlu memasang peredam tambahan.

Lebih baik, batasi kenaikan pelek sebanyak 2 inci dari ukuran awal. Memperlebar ban sebesar 10 – 20 mm juga masih dianggap aman. Pilih juga offset pelek yang mirip dengan ukuran awalnya.

6. Body Kit

Setelah pelek terpasang, kini Sahabat bisa memilih body kit yang cocok. Sekarang sudah banyak body kit yang dijual di pasaran dan bisa langsung dipasang di kendaraan. Baik berupa bumper, side skirt, spoiler, dll.

Namun, tentu saja Sahabat perlu menyesuaikan dengan tema yang telah dimatangkan. Pertimbangkan juga kualitas bahan yang digunakan untuk membuat body kit tersebut agar tidak cepat rusak.

Body kit berbahan plastik umumnya lebih kuat, ringan, dan lentur dibanding fiber. Namun warna cat yang dihasilkannya tidak terlalu cerah.

Selain itu, ukuran body kit juga perlu diperhatikan. Hindari memasang komponen yang ukurannya jauh lebih besar dari mobil Sahabat. Bukan hanya norak, komponen akan lebih mudah rusak.

Hati-hati juga jika ingin memodifikasi bumper asli. Jika instalasinya kurang sempurna, bisa menurunkan harga jualnya kelak.

Bumper yang tidak dipasang dengan sempurna pun bisa menghalangi kerja airbag. Akibatnya, airbag tidak mau terbuka saat terjadi benturan keras. Lebih baik, serahkan pemasangan body kit ini pada ahlinya.

Itu dia tips modifikasi standar mobil bekas untuk Sahabat para pecinta mobil Indonesia. Jangan lupa untuk melakukan riset dan berkonsultasi dengan ahlinya.

Pastikan juga untuk tidak melakukan modifikasi yang berlebihan dan berbahaya. Semoga bisa membuat kendaraan Sahabat semakin keren dan bergaya, ya!

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 13 Mar 2019 | 20:00 WIB
BAGIKAN