Periksa Kondisi Ban Mobil Secara Visual
Periksa Kondisi Ban Mobil Secara Visual

Kebiasan Ini Bikin Ban Mobil Kamu Cepat Rusak

09 Feb 2022 | 12:00 WIB

Ban mobil menjadi salah satu komponen penting pada mobil Kamu ya, Sahabat Garasi. Sebab, ban mobil bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Jika pemilik mobil terlalu abai pada perawatan komponen ini, bukan tidak mungkin ban mobil bisa lebih cepat botak dari usia pemakaian normal.

 Rutin Memeriksa Memeriksa Ban Secara Berkala

Rutin Memeriksa Ban Secara Berkala


Ban mobil memiliki usia pakai. Jika digunakan terus menerus, ban akan botak pada waktunya. Pada kondisi ini, performa ban sudah tidak optimal dan harus segera diganti dengan yang baru. Jika Sahabat Garasi memaksakan mengendarai ban yang sudah botak akan sangat berbahaya.

 

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan ban mobil bisa lebih cepat botak dari usia normalnya. Ini ulasannya:

  • Tekanan Angin

Tekanan angin yang tidak sesuai bisa menyebabkan ban cepat botak. Performa ban mobil tentunya dipengaruhi oleh tekanan angin di dalamnya, itu sebabnya setiap mobil sudah memiliki ketentuan tekanan angin masing-masing.

Nah, ketentuan soal tekanan angin perlu diperhatikan setiap kali Sahabat Garasi melakukan perjalanan, apalagi menempuh rute hingga ke luar kota. Soalnya, kelebihan atau kekurangan tekanan angin bisa membahayakan saat berkendara.

  • Performa Mobil

Penyebab lain ban mobil cepat botak adalah rotasi ban yang salah. Banyak pengemudi yang kurang memahami mengenai rotasi ban, padahal ini cukup penting dilakukan untuk menghindari kebotakan pada ban di satu sisi saja.

Penyebab ban mobil botak di satu sisi sering terjadi karena pengemudi kerap kali membuang setir ke satu arah yang sama terus-menerus. Untuk menghindari hal ini, Sahabat Garasi bisa melakukan spooring agar ban memiliki kualitas yang baik.

  • Tidak Standar Mobil

Saat ingin membeli ban baru, usahakan Sahabat Garasi menggunakan komposisi ban yang sesuai dengan mobil. Jangan sampai asal pilih dan tidak tahu apakah ban yang akan dibeli sesuai atau tidak.

Usahakan juga membeli ban yang punya kualitas bagus dari produsen ternama. Harga murah memang kerap kali menggiurkan, namun jangan sampai ban mobil yang dibeli memiliki kualitas rendah. Alhasil, ban jadi cepat botak dan tidak awet saat digunakan.

Perhatikan juga kode-kode huruf pada ban, kode tersebut memiliki makna penting. Adanya kode pada masing-masing ban bertujuan untuk menunjukan kecepatan maksimal yang bisa kamu capai saat berkendara di jalan raya.

  • Cara Kamu Mengemudi

Mengendarai mobil dengan kencang secara tiba-tiba lalu mengerem mendadak adalah salah satu teknik mengemudi yang perlu kamu hindari.

Selain itu, usahakan menghindari jalanan yang rusak, bergelombang, dan berlubang. Jika terpaksa melewati jalan tersebut, melaju lah secara perlahan dan jangan sampai ban terbentur keras dengan lubang.


Kamu harus bisa melakukan perawatan ban mobil agar tidak cepat rusak. Kebiasaan-kebiasaan di atas membuat ban mobil Kamu lebih cepat rusak. Untuk itu, Sahabat Garasi harus bisa melakukan merawat ban mobil dengan benar. Ini caranya:

 

1. Lihat Tekanan Udara

Pengecekan tekanan hawa amat pokok dari tradisi kir ban. Kamu bisa dengan gampang memandang sekitar mobil, terdapat ban yang kempis ataupun tekanan udaranya menurun. Tidak hanya untuk keamanan serta kenyamanan, tekanan udara yang cocok dengan detail hendak membuat umur ban lebih jauh serta pula irit bahan bakar.

Bila tekanan hawa ban kurang, hingga efek buat hadapi pecah ban lebih besar. Sebab dinding sisi ban hendak dituntut senantiasa bersinggungan dengan jalur serta pada kesimpulannya jadi aus atau pipih alhasil tidak hendak kokoh menahan berat mobil

2. Dimensi Standar Tekanan Udara

Buat memandang dimensi tekanan hawa cocok standar pabrikan, Sahabat Garasi dapat memandang di etiket yang umumnya ada pada tiang B bagian kanan pintu depan mobil, di bagian pengendara. Ataupun umumnya pula ada datanya di novel buku petunjuk kendaraan. Tekanan hawa maksimal yang diijinkan pabrikan ban pula umumnya tercetak di bilik ban, janganlah melewati batasan ini.

3. Lakukan Rotasi Ban

Di jarak durasi khusus, melaksanakan perputaran ataupun perpindahan posisi ke- 4 ban mobil memanglah dibutuhkan. Manfaatnya supaya tingkatan keausan ban hendak menabur dengan cara menyeluruh, alhasil pengaruhi kenyamanan berkendara.

Terdapat banyak metode melaksanakan perputaran ban, dicocokkan dengan tipe ban yang dipakai. Perputaran ban ini dianjurkan buat bisa dicoba masing- masing kelipatan 10.000 km.

4. Spooring dan Balancing

Tidak hanya perputaran ban, tiap mobil pula diwajibkan buat melaksanakan pengecekan teratur kepada situasi kelurusan ban. Bisa jadi lebih diketahui dengan sebutan spooring serta balancing.

Idealnya pemeliharaan spooring serta balancing ini dicoba tiap 10. 000 km, berbarengan dengan perputaran ban. Bila merasakan setir mobil terasa bergetar ataupun telah tidak lurus lagi.

Bila kamu berjalan lurus, setelah itu mobil hendak mengarah ke kanan ataupun ke kiri itu bisa jadi penanda buat melaksanakan spooring serta balancing. Spooring merupakan cara buat meluruskan kembali kedudukan 4 cakra mobil semacam awal, sebaliknya balancing merupakan cara menyamakan putaran cakra mobil.


Lakukan Spooring Serta Balancing Agar Perjalanan Aman Dan Tenang

Lakukan Spooring Serta Balancing Agar Perjalanan Aman Dan Tenang


Bila pemeliharaan ini tidak dicoba imbasnya hendak membuat tidak aman dikendarai, setir terasa bergerak, serta gawatnya lagi ban mobil hendak hadapi keausan yang tidak merata

5. Cermati Beban Kendaraan

Umur ban pula ditetapkan oleh style berkendara, salah satunya dengan melindungi kapasitas bobot cocok dengan yang direkomendasikan. Janganlah melampaui kapasitas bobot bawa sebab hendak mengusik guna ban serta pengereman dan berpotensi mematikan keamanan serta kenyamanan berkendara.

Tidak hanya itu, style mengemudi hendak memastikan situasi ban. Ilustrasinya bila sangat kerap melaksanakan pengereman serta menikung di kecepatan besar, hingga situasi ban hendak cepat aus. Tidak hanya itu style mengemudi semacam itu lebih berbahaya.

 

Jika Kamu ingin melakukan perawatan ban mobil secara berkala bisa cek website www.Garasi.id atau klik link ini. Sebab, Garasi.id sedang ada promo Gaspol In Love di bulan yang penuh cinta ini dan diskon hingga 50%, promo ini berlaku hingga 28 Februari 2022.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 25 Feb 2022 | 10:54 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotif +perawatanbanspooringbalancinggarasiid