Hembusan Hawa Dingin Dari AC Memberikan Kenyaman Pengemudi
Hembusan Hawa Dingin Dari AC Memberikan Kenyaman Pengemudi

Ketahui! Keunggulan AC Double dan AC Single Blower

17 Okt 2022 | 11:00 WIB

Fitur Air Conditioner (AC) double blower mampu menciptakan sensasi berkendara lebih sejuk dan nyaman. Sebab sesuai dengan namanya, pendingin kabin mobil ini memiliki kipas ganda di dalamnya.


Banyak produk mobil yang menggunakan fitur AC double blower untuk memberikan kenyamanan lebih besar bagi para penumpang. Sebenarnya ada keunggulan mengenai mana yang lebih baik, apakah AC double blower atau AC single blower. Sebagai perangkat penting yang wajib tersedia di mobil, fitur Air Conditioner memang terus mengalami perkembangan pada masanya.


Berbeda dengan AC single blower AC double blower adalah AC dengan kipas atau putaran ganda. Karena dilengkapi dengan kipas ganda, AC mobil double blower biasanya mampu menghasilkan angin yang lebih sejuk sehingga kabin pun terasa lebih nyaman dalam cuaca yang panas.


Mobil pada umumnya hanya dilengkapi oleh AC single blower. Tetapi pengendara mobil di kota-kota besar dengan udara panas sudah mulai melirik mobil dengan AC double blower. Sudah waktunya bagi Sahabat untuk memahami keunggulan dan kekurangan dari AC double blower dibandingkan AC single blower. Mari simak informasinya di bawah ini:


AC Double Blower Berguna Untuk Kenyamanan Penumpang Pada Baris Kedua Maupun Baris Ketiga

AC Double Blower Berguna Untuk Kenyamanan Penumpang Pada Baris Kedua Maupun Baris Ketiga


Keunggulan AC Double Blower

Ada berbagai keunggulan AC double blower yang dapat Anda rasakan ketika menggunakannya. Karena sekarang sudah tidak sulit untuk mencari mobil dengan fitur ini. Kebanyakan mobil MPV menggunakan fitur AC double blower yang sudah termasuk di dalam pembelian. Sahabat bisa simak apa saja keunggulan dari AC mobil double blower dibandingkan AC single blower disini:

 

1. Kesejukan Kabin Merata

Keunggulan pertama dari AC mobil double blower adalah seluruh penumpang dapat merasakan dinginnya AC. Seperti yang dijelaskan diatas, fitur ini lebih sering terdapat di mobil MPV.

Pasti Sahabat mengetahui bahwa hampir seluruh mobil MPV memiliki tiga baris kursi penumpang. Jika hanya menggunakan AC single blower saja, sudah pasti penumpang yang duduk di baris ketiga tidak akan merasakan dinginnya AC secara optimal.

Memang ada riset yang menyatakan bahwa dengan menggunakan AC double blower, maka rasa dingin pun tidak akan terlalu maksimal. Namun poin yang paling penting dari penggunaan AC dengan double blower bukan di situ, melainkan seluruh penumpang bisa merasakan hawa dinginnya. Itulah mengapa Anda jangan sampai ketinggalan merasakan keunggulan dari fitur pendingin satu ini.

 

Baca Juga: Masuk Musim Penghujan, Begini Harusnya Rawat Rem Mobil

 

2. Mempermudah Pengaturan AC

AC mobil double blower memang bukan lagi hal baru di dalam dunia otomotif. Fitur ini sudah sangat banyak diterapkan dalam mobil-mobil MPV. Keunggulan lain yang dapat dirasakan ketika terdapat fitur pendingin kabin mobil ini adalah mempermudah pengaturan AC.

Walaupun letak AC ini menempel dengan langit-langit mobil, bukan berarti pengaturan harus dilakukan dari dashboard depan saja. Fitur ini tetap diatur dari sisi arah kipas yang dapat diubah ke sisi kiri. kanan, atas, dan bawah. Selain itu tingkat kecepatan anginnya juga bisa diatur sehingga penumpang di baris ketiga dan kedua tetap dapat mengatur fitur pendingin ini dengan mudah layaknya AC mobil biasa.


Lakukan Perawatan AC Secara Berkala

Sistem Penyejuk Kabin AC Komponen Penting Pada Mobil


3. Perawatan AC yang Mudah

Ada anggapan bahwa AC mobil double blower lebih sulit dirawat dan lebih mudah rusak, tetapí hal ini tidak benar. AC double blower justru lebih mudah dirawat ketimbang AC single blower. Hal ini dikarenakan intensitas dan frekuensi kerja masing-masing blower justru lebih rendah ketimbang AC single blower. Alasannya karena beban kerja AC double blower lebih.ringan serta tidak mudah rusak.

Dari ketiga keunggulan diatas maka Sahabat sudah bisa merasakan fitur AC double blower ini dengan lebih mudah. Hawa dingin di dalam kabin mobil jauh lebih menyebar hingga baris ketiga. Tidak ada lagi masalah seperti kepanasan ketika seluruh kursi penumpang terisi penuh.

 

Kekurangan AC Double Blower

Sahabat perlu ketahui terdapat beberapa kekurangan yang gak bisa kamu hindari agar performa AC double blower tetap baik. Berikut beberapa kekurangan memasang AC double blower mobil:

 

1. Tarikan Mesin Bertambah Berat

AC double blower pada mobil ternyata sangat membebani mesin mobil, lho. Dalam hal ini, tarikan mesin semakin bertambah berat dibanding menggunakan satu blower saja. Mesin yang terbebani semakin lama dapat menimbulkan masalah lain di dalam mobil.

Tarikan mesin yang berat tentu dapat membahayakan keselamatan kamu, saat melewati jalan yang menanjak. Sebab mobil akan mengalami kesulitan menanjak dengan mulus, akibat tenaga mesin menjadi berkurang. Tentu beberapa hal tersebut juga mampu menurunkan performa kendaraan.


Baca Juga: Awas Power Steering Mobil Bisa Rusak Karena Hal Ini


2. Boros Bahan Bakar

Pada dasarnya, pemakaian AC pada semua jenis mobil mampu menyerap bahan bakar yang berlebih. Terlebih lagi, kalau kamu menghidupkannya sepanjang melakukan berjalanan. 

Maka, bahan bakar yang dibutuhkan dapat bertambah menjadi dua kali lipat. Tentu bahan bakar bakal menjadi lebih boros, apabila kamu menggunakan AC double blower.

 

3. Pengeluaran Bertambah

Mengingat tarikan mesin menjadi berat dan membuat boros bahan bakar. Tentu membuat pengeluaran kamu menjadi bertambah. Sebab kamu harus sering merogoh kantong untuk membeli bensin. Bahkan, melakukan perawatan ekstra pada mobil. Kedua hal tersebut membutuhkan biaya cukup besar.

Untuk mendapatkan performa AC mobil yang terbaik tentu saja Sahabat harus melakukan service secara berkala. Komponen AC mobil membutuhkan perawatan ekstra agar tidak cepat aus atau rusak. Sahabat pasti sangat kerepotan apabila harus kepanasan berjam jam selama perjalanan bukan.

Tetapi service berkala bukan hanya ditujukan untuk komponen air conditioner melainkan seluruh bagian mesin kendaraan. Fungsinya agar mobil kesayangan Sahabat tetap siap diajak berkendara ke berbagai tempat tujuan.


Lakukan Perawatan AC Secara Berkala

Lakukan Perawatan AC Secara Berkala


Nah, kebetulan Garasi.id dan Rotary Bintaro sedang ada promo 99Ribu untuk Sahabat dan bawa langsung mobil kesayangan ke bengkel terdekat agar bisa diperiksa dan dirawat secara menyeluruh. Ketika mesin berada dalam kondisi terbaik maka performa kendaraan juga lebih sensitif. Konsumsi bahan bakar pun menjadi makin efñsien karena berbagai komponen yang terhubung dapat bekerja optimal. Hal ini terbukti dari tarikan mesin yang lebih bertenaga ketika Sahabat rutin melakukan service berkala.

Yuk, lakukan penjadwalan jasa servis mobil Sahabat melalui Clara di Garasi.id sekarang. Sahabat Juga bisa mendapatkan berbagai Promo Sumpah Oktober untuk jenis layanan jasa servis mobil, ganti oli, detailing dan perawatan AC, Garasi.id siap membantu untuk memperhatikan performa mesin mobil Sahabat kembali prima.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 28 Okt 2022 | 15:54 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanacservisac
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family