Mobil Pakubuwono X
Mobil Pertama Orang Indonesia

Kilas Balik : Begini Sejarah Mobil Di Indonesia

14 Jun 2019 | 20:00 WIB

Setelah kemarin kita sempat membahas tentang sejarah mobil di dunia, sekarang kita akan bahas tentang sejarah mobil di Indonesia. 

Tentunya sangat bahagia sekali bagi orang pertama kali mempunyai mobil di negara tercinta ini yaitu Indonesia. Karena menjadi sejarah mobil di Indonesia. Sudah pasti seseorang ini adalah orang yang tidak sembarangan, sebab bayangkan saja, sampai saat ini pun mobil di Indonesia merupakan salah satu kebutuhan transportasi darat dengan harga yang lumayan.

Sejarah Mobil  Di Indonesia

Baca juga: Sejarah Mobil : 5 Mobil Tertua di Dunia

Sejarah mobil pertama di Indonesia yang dimiliki oleh orang Indonesia sendiri adalah Pakubuwono X, pada tahun 1894. Sudah tidak asing lagi beliau berasal dari Solo. Mobil yang menjadi Sejarah Mobil di Indonesia ini bermerek Benz dengan tipe Carl Benz atau juga ada yang menyebutnya Benz Phaeton. Mobil ini mempunyai jumlah roda sebanyak 4 buah seperti mobil saat ini yang sering kita telah jumpai. Pembuatan sebuah mobil pada saat itu dibutuhkan jangka waktu sekitar 1 tahun, sehingga pembelianya harus di indent. Mobil tipe ini memiliki banyak varisi, sehingga waktu itu Pakubuwono X memesan variasinya sesuai keinginan beliau. Pada jaman itu, seorang sales atau penjual mobil pertama di Indonesia bernama  John C. Potter mendapatkan sebuah kepercayaan untuk pengiriman mobil dari Eropa. Harga mobil Benz Phaethon saat itu adalah 10.000 gulden.

Ternyata mobil pertama kali yang diakui dunia hadir delapan tahun sebelum Pakubuwono X memiliki mobil dengan merek Benz ini. Hal ini tentunya sesuatu yang menakjubkan bagi Sejarah Mobil Di Indonesia. Sebab Belanda pun 2 tahun setelah Indonesia menghadirkan mobil jenis Benz di Den Haag yaitu pada tahun 1896. Begitu pula Thailand, juga setelah mobil hadir di indonesia, tepatnya pada tanggal 19 Desember 1904.

Mobil yang disebut juga Benz Phaeton milik Pakubuwono ini berkaapasitas penumpang delapan orang. Rodanya masih menggunakan bahan kayu dengan tambahan ban mati, yaitu ban yang tidak menggunakan udara atau angin di dalam ruangan ban tersebut. Spesipikasi mobil ini masih sangat sederhana yaitu hanya menggunakan mesin 1 silinder, dengan kekuatan 5 hp, dan kasitas tangki 2,0 liter.

Foto : Internet

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 12:52 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobiljadulsejarahindonesiaPakubuwonox1894
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family