Kualitas Kerja AC Yang Baik Dan Awet, Tak Lepas Dari Perawatan Berkala
Kualitas Kerja AC Yang Baik Dan Awet, Tak Lepas Dari Perawatan Berkala

Komponen Ini Mesti Dicek Saat AC Mobil Rusak

21 Jun 2022 | 11:40 WIB

Merawat mobil tidak melulu bicara soal dapur pacu atau mesin yang akan mengantarkan Kamu ya, Sahabat Garasi. Pendingin udara atau air conditioner (AC) juga merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan.

Untuk itu, AC Mobil wajib dirawat secara berkala agar bisa bekerja dengan baik. Jika AC tiba-tiba bermasalah, dipastikan akan mengurangi kenyamanan berkendara.


Rutin Servis AC Secara Berkala Agar Tetap Dingin dan Nyaman

Rutin Servis AC Secara Berkala Agar Tetap Dingin dan Sejuk


Ini beberapa kerusakan pada AC Mobil:

1.    Sekring AC Putus

Hal ini akan menyebabkan tidak adanya mesin mobil dengan AC. Sehingga AC tidak mendapatkan tenaga untuk mengaktifkan putaran. Putusnya sekring biasanya terjadi karena korslet. Nah, agar AC dapat difungsikan kembali, tentunya perlu mengganti bagian sekring.

2.    Relay AC Putus

Relay AC berfungsi sebagai pemompa arus listrik ke bagian magnetic clutch. Saat relay putus, tentu tidak ada lagi yang bekerja sebagai penyuplai arus listrik. Putusnya relay AC juga akan menyebabkan AC mati total.

3.    V Belt Putus

V belt berfungsi sebagai penghubung antara kompresor dengan bagian putaran mesin. Apabila V belt putus, tentu AC mobil tidak akan bekerja dengan baik. Alhasil, suhu di dalam kabin akan terasa panas.

4.    Motor Cooling Fan Tidak Bekerja

Cooling fan berfungsi untuk pembuang panas yang dihasilkan oleh kondensor. Saat cooling fan tidak bekerja, suhu di dalam kabin otomatis akan berubah dari dingin menjadi kurang dingin bahkan panas. Selain itu, AC mobil juga bisa mengalami overheating sehingga kerusakan yang ditimbulkan semakin parah.

5.    Kompresor AC Macet Total

Kompresor AC juga menjadi komponen penting dalam AC. Melambatnya kinerja kompresor biasanya disebabkan karena kompresor kehabisan oli, bisa juga karena kurang nya perawatan AC seperti menganti filter, atau faktor lain seperti ada kebocoran freon sistem, namun tidak diperbaiki kebocorannya dan hanya dilakukan pengisian freon saja namun oli kompresor tidak diganti atau tambah.

6.    Magnetic Clutch Putus

Magnetic clutch berfungsi sebagai komponen untuk menerima arus listrik. Saat magnetic clutch-nya putus, otomatis AC akan mati total. Kerusakan pada bagian magnetic clutch biasanya disebabkan karena korslet.

7.    Kompresor Mati

Saat kompresor rusak atau mati, tentu tidak ada lagi yang mengisap uap dari refrigerator evaporator. Selain itu, kompresor juga berguna sebagai penyalur udara dingin ke bagian kabin mobil.

8.    Oli Habis

Oli mobil habis tentu akan membuat kinerja dari mesin mobil tidak baik. Hal ini disebabkan karena ketidaktelitian si pemilik mobil saat mengisi oli. Bisa juga karena adanya kebocoran pada bagian AC, sehingga AC mobil yang diisi cepat habis.

9.    Resistor Blower Mengalami Kerusakan

Pada beberapa jenis mobil, kerusakan pada bagian resistor blower dapat membuat mobil tersebut mati total. Kalau hal ini terjadi, Anda bisa memeriksa bagian sambungan resistor blower apakah putus atau korslet.

10. Freon Habis

Freon itu pada dasarnya tidak akan berkurang atau habis jika tidak ada kebocoran, karena cara kerja freon itu hanya bersirkulasi, jadi kalau terdeteksi freon kurang maka yang harus dilakukan cek kebocorannya dulu, lalu perbaiki atau ganti setelah itu baru di isi kembali freonnya.

11. Evaporator Kotor

Evaporator berfungsi sebagai penyaring udara yang berhembus. Saat eveporator kotor, maka eveporator tidak dapat berfungsi dengan baik. Karena udara yang akan dihembuskan ke bagian kabin tertahan oleh debu dan kotoran.


 Hentikan Kebiasaan Buruk Merokok Dalam Mobil

Hentikan Kebiasaan Buruk Merokok Dalam Mobil


Cara Perawatan Sederhana AC Mobil

AC mobil punya peran penting yakni untuk membuat kaca mobil tidak berembun. Tentunya, mengemudi saat hujan dan membuka kaca jendela tanpa menggunakan AC menjadi hal yang tidak nyaman karena air hujan dapat masuk melalui celah-celah jendela. Sayangnya, karena terlalu seringnya digunakan setiap saat membuat kinerja AC menjadi tidak maksimal.

Freon AC mobil tidak akan habis jika tidak ada kebocoran, kecuali sudah digunakan selama 2-3 tahun, pasti ada penyusutan, tapi tidak akan banyak. Umumnya, AC mobil menjadi perangkat yang berumur panjang. Hanya, diperlukan perawatan secara berkala. Tujuannya, agar suhu udara di dalam kabin tetap terjaga kesejukannya.

Begini cara perawatan sederhana AC mobil:

·         Kebersihan Kabin Mobil

Tentunya sebagai pemilik mobil, wajib menjaga kebersihan interior atau kabin mobil. Kabin yang kotor dan berdebu dapat tersikulasi masuk ke filter AC sehingga mengganggu kinerjanya. Ketika kinerjanya terganggu, suhu kabin akan sulit dingin.

·         Hindari Buka Jendela

Jika menyalakan AC, jangan ada baiknya tidak membiarkan jendela mobil terbuka. AC mobil tidak dirancang untuk mendinginkan ruang yang besar, apalagi jika jendela terbuka, maka suhu dinginnya akan terbuang sia-sia

·         Jangan Merokok

Jika ingin merokok di dalam mobil sebaiknya matikan AC dan bukalah jendela. Tujuannya agar asap dan nikotin rokok tersebut keluar dan tidak menempel di kabin mobil. Pasti, sisa dari rokok yang menempel di kabin akan berbahaya bagi pengemudi dan juga penumpang.

·         Bersihkan Kondensor AC Mobil

Usahakan melakukan perawatan berkala pada bagian kondensor AC, bersihkan juga kondensor saat mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang menempel, yang dapat menyebabkan kebocoran dan korosi.

·         Bersihkan Filter Kabin

Jangan lupa untuk selalu merawat dan membersihkan filter kabin. Jika memang sudah dianjurkan untuk ganti, sebaiknya lakukanlah pergantian filter kabin secara berkala.


Jangan Sepelekan Filter AC Kotor Akan Menimbulkan Aroma Kurang Sedap

Jangan Sepelekan Filter AC Kotor Yang Akan Menimbulkan Aroma Kurang Sedap


·         Jangan Mematikan AC Dalam Waktu Lama

Hingga kini masih banyak pemilik mobil yang percaya bahwa menyalakan AC adalah pemborosan bahan bakar, dan tidak menggunakannya dalam jangka waktu lama. Anggapan itu justru membuat AC cepat rusak.

Dengan lama tidak aktif maka selang dan belt AC mengering, akibatnya cepat getas. Jika tidak ingin menggunakan AC saat berkendara demi penghematan bahan bakar atau alasan lain, maka sebaiknya sering melakukan pemanasan. Hidupkan AC selama 10 menit minimal seminggu sekali, agar semua sistem di AC berfungsi.

·         Operasikan Dengan Benar

Kesalahan paling sering dilakukan adalah menyalakan AC ketika suhu dalam kabin sedang panas-panasnya usai terparkir di bawah paparan matahari.

Sebaiknya buang dulu suhu panas tersebut. Suhu panas menyebabkan AC mobil harus bekerja lebih lama untuk mendinginkan suhu kabin.

 Komponen Ini Mesti Dicek Saat AC Mobil Rusak


Jika Sahabat Garasi ingin melakukan perawatan AC mobil, Kamu bisa mengecek Garasi.id. Sebab, Garasi.id memberikan Kamu promo Juni Servis Hepi dengan diskon jasa servis hingga 50 persen. Promo ini berlaku mulai dari 1-30 Juni 2022.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 21 Jun 2022 | 11:44 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifservisacperawatanacjuniservishepi
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family