Kompresor AC
Kompresor AC Ngorok

Kompresor AC 'Ngorok', Ini Sebebnya

30 Jul 2019 | 19:01 WIB
BAGIKAN

Pada umumnya pemilik mobil hanya melakukan servis atau perawatan mobil dengan cara rutin mengganti oli mesin. Namun, ternyata ada juga yang harus diganti selain oli mesin, yaitu oli kompresor AC mobil.

Menurut Technical Service Departement PT Denso Sales Indonesia, Nur Indra, alasan oli kompresor AC mobil perlu diganti tak lain karena akan membuat fungsi kompresor tidak optimal dan sering disebut ngorok.

Kompresor AC 'Ngorok', Ini Sebebnya

Baca juga: Berapa Kilometer Ideal Service AC?

"Biasanya, usia pakai kompresor umumnya 5.000 jam untuk kompresor AC passanger car. Saat sudah 5.000 jam atau sekitar 1,5-3 tahun wajib melakukan pengecekan, seperti overhaul check, yaitu pengecekan keseluruhan kompresor seperti medical check up untuk kompresor," ungkap Nur Ida dalam keterangan tertulisnya yang dilansir dari Liputan6.com, Senin (2/4/2018).

Indra juga menyatakan, ada yang perlu diperhatikan lagi agar oli kompresor AC mobil tetap bekerja optimal, yaitu pada saat penggantian dryer, oli tidak ditambah, maka hasilnya oli berkurang atau habis sama sekali.

Selain itu, ketika melakukan proses penggantian part kompresor AC, tapi tidak disertai dengan prosedur yang benar, maka jumlah oli yang ada di dalam kompresor berkurang.

"Hal tersebut bisa menyebabkan berkurangnya usia pakai kompresor karena proses pelumasan pada kompresor berkurang. Biasanya, ditandai dengan (kompresor) menimbulkan suara ngorok atau kompresor panas," kata dia.

Nah Sahabat Garasi, jadi sekarang tau kan penyebab AC kendaraan mu ngorok dan mengatasinya agar tak ngorok lagi.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 30 Jul 2019 | 19:01 WIB
BAGIKAN