Hukum Lalu Lintas
Penegakan Hukum Lalu Lintas Secara Elektronik

Korlantas Polri Himbau E-TLE Segera Dimulai

13 Sep 2018 | 20:00 WIB

Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana, Dirkamsel Korlantas Polri, memberikan pesan kepada Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI Jakarta untuk segera mengimplementasikan penegakan hukum lalu lintas secara elektronik, atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE). 

Korlantas Polri Himbau E-TLE Segera Dimulai

Menurut Chryshnanda, aturan ini sudah diwacanakan sejak lama, tetapi sampai sekarang belum bisa berjalan dengan baik. Sebenarnya, kata dia, bukan tidak bisa dilakukan, tetapi memang banyak masalah yang bersangkutan dengan aturan lain. 

"Jadi saya minta agar segera dilaksanakan. Dilaksanakan dulu saja, kurangnya nanti sambil berjalan," kata Chryshnanda di acara Forum Group Discussion di kawasan Jakarta Selatan, yang dilansir dari laman Kompas.com, Kamis (13/9/2018). 

Tahap awal, dia minta untuk diterapkan di Jakarta, karena sebagai Ibu Kota negara, dan selanjutnya bisa diikuti oleh Polda lainnya, agar dapat diimplementasikan secara menyeluruh. 

Baca Juga: Hati-hati Pengendara, Pekan Depan CCTV Mulai Mengintai

"Saya sangat mengharapkan untuk segera diberlakukan. Lalu lintas itu sebagai urat nadi suatu negara, dan penegakan hukum secara elektronik ini sangat dibutuhkan," ucap dia. 

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf menambahkan, kebijakan ini akan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat luas, sehingga ke depan harus segera dimulai. 

"Tantangannya memang banyak, tetapi akan kita coba untuk segera diimplementasikan. Negara lain seperti Singapura sudah menerapkan ini sejak lama, kita belum, tetapi ke depan akan dimulai, karena lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali," kata Yusuf di tempat sama. 

Apabila sudah diterapkan, maka penegakan hukum secara elektronik bisa diawasi dengan sistem CCTV. Misal, memantau keadaan lalu lintas, mencegah dan mengurangi pelanggaran lalu lintas, hingga aksi kejahatan pelanggan lalu lintas.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 08 Mei 2020 | 20:25 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbelibekasjualbaruaturanlalinlalulintaspemprovDKIjakartaditlantaspolripertaruranelektronikE-TLEotomotifgarasiid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family