Filter
Filter Oli

Langkah Cermat Memilih Filter Oli yang Sesuai Kebutuhan Mobil Sahabat!

02 Sep 2018 | 12:00 WIB

Bagi Sahabat para pemilik mobil, jangan pernah lupa untuk melakukan perawatan mobil kesayangan Sahabat. Pasalnya, jika melakukan perawatan mobil secara rutin tentunya dapat memberikan dampak negatif yang beragam. Nah, salah satu komponen yang wajib Sahabat perhatikan adalah filter oli.

Secara kasat mata, komponen ini memang terbilang tersembunyi. Namun tugas dari filter oli sendiri cukup vital untuk menjamin 'kesehatan' mobil Sahabat, karena filter oli bertugas untuk menyaring oli mesin sebelum disalurkan ke seluruh komponen internal mesin yang bergerak. Selain itu, filter oli pun memastikan tidak adanya jelaga, kotoran, atau metal yang bisa lolos sehingga bisa membahayakan komponen mesin yang saling bergesekan.

Langkah Cermat Memilih Filter Oli yang Sesuai Kebutuhan Mobil Sahabat!

Mengganti filter oli pun tak bisa sembarangan, karena saat melakukan pergantian filter oli sangat disarankan untuk memilih yang sesuai dengan part number dari spek kendaraan yang Sahabat miliki. Yang terpenting, gunakan filter oli original yang bisa didapatkan di bengkel atau penjual suku cadang resmi.

Baca Juga : Bersihkan Filter Udara Dengan Tekanan Angin, Ini Jarak Idealnya

Kalaupun menggunakan filter oli produk aftermarket, Sahabat diharuskan untuk memastikan bahwa barang tersebut sesuai dengan kebutuhan mobil Sahabat. Mengutip dari laman Suzuki, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih filter oli produk aftermarket.

Beberapa langkah yang harus dilakukan antara lain adalah harus memilih saringan oli yang ulir dan diameter lubangnya cocok sesuai dengan mobil Sahabat. Jangan dipaksakan mengingat jika tidak pas, berisiko menyebabkan filter tidak kencang, atau bahkan malah bocor dan merusak komponen lainnya. 

Kemudian pastikan filter oli menggunakan katup by-pass. Fungsi katup by-pass ini sebagai jalan alternatif oli untuk mengalir saat terjadi sumbatan pada filter oli. Bila dibutuhkan pastikan juga filter oli tersebut memiliki katup anti balik. Fungsinya untuk melihat posisi pengikat filter oli dengan motor. Katup anti balik terdiri dari komponen ring karet dengan ring baja yang berbentuk piringan.

Selanjutnya, ring di dalam katup anti balik inilah yang berfungsi sebagai pegas untuk menutup dan memaksa oli tetap berada di dalam mesin saat mobil dimatikan.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 09 Mei 2020 | 17:52 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelifilteroliperawatanaftermarketaslispareparttipsgarasiidotomotif