Spoiler Mobil
Manfaat Spoiler Mobil

Lebih Jauh Memahami Spoiler Mobil

14 Feb 2021 | 16:01 WIB

Awalnya banyak orang yang mungkin mengira jika fungsi spoiler mobil di bagian belakang mobil hanya untuk gaya - gayaan semata. Padahal benda yang memang membuat tampilan mobil jadi sporty itu bukan hanya sekedar memperkeren tampilan saja, melainkan punya fungsi utama yaitu untuk meningkatkan daya aerodinamis pada mobil saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Lebih Jauh Memahami Spoiler Mobil

Spoiler diketahui mampu menekan gejala melayang ketika berkendara, apalagi untuk mobil dengan berat antara 700 – 950 kilogram. Bagian yang kadang disebut hiasan semata ini bahkan mampu memberi gaya tekan di atap mobil. Dengan tekanan yang diberikan tersebut itulah, maka traksi yang didapatkan mobil juga lebih baik. Sehingga mobil dapat melaju dan melesat dengan baik tanpa takut melayang atau terbalik.

Baca juga: Pasang Body Kit Di Mobil, Sahabat Garasi Pilih Plastik Atau Fiber?

Hal ini juga dinilai sangat masuk akal, mengingat mobil balap sirkuit yang memiliki kecapatan di atas rata - rata pasti akan melayang jika tidak memakai spoiler. Karena fungsinya yang memang sebagai penyeimbang.

Di sisi lain, selain sebagai penyeimbang, fungsi lain dari spoiler adalah mampu menangkis kotoran di kaca belakang mobil, seperti debu dan air hujan. Karena turbulensi udara di area tersebut juga sering menjadi masalah umum kebanyakan mobil hatchback.

Di pasaran sendiri, spoiler untuk mobil beredar dengan harga jual dan model yang bervariasi. Selain itu, bahan dasarnya pun berbeda - beda, tergantung dari jenis dan tipe kendaraan. 

Spoiler terletak di bagian belakang kendaraan dan dimaksudkan untuk menghentikan turbulensi atau hambatan yang terjadi di bagian belakang kendaraan. Spoiler bisa dipakai di mobil harian dan mobil balap. Umumnya ada di mobil-mobil yang punya performa tinggi, Sahabat.

Tujuan dari Spoiler Mobil

Tujuan utama spoiler adalah untuk meningkatkan cengkeraman mobil di jalan. Jika mobil tidak memiliki spoiler, maka bobotnya harus lebih berat atau kompon ban harus diganti. Karena itu, dengan memiliki spoiler, kendaraan akan lebih ringan dan mudah dikendarai. Selain itu, di beberapa mobil supercar atau hypercar, dengan spoiler elektrik juga berfungsi sebagai airbrake atau aero brake.

Lebih Jauh Memahami Spoiler Mobil

Bahan Spoiler Mobil

Spoiler biasanya terbuat dari plastik ABS, yang dicampur dengan pengisi granular untuk membuat spoiler lebih kaku. Fiberglass juga sering digunakan sebagai bahan untuk spoiler yang terbuat dari epoxy. Fiberglass tahan lama, tetapi tidak berfungsi untuk produksi skala besar, karena waktu yang diperlukan untuk membuatnya. Jenis bahan ketiga adalah silikon dan memiliki karakteristik termal yang tinggi serta tahan lama. Terakhir, carbon-fiber, Sahabat. Carbon-fiber merupakan bahan yang sangat ringan dan sangat kuat, tetapi juga mahal, karena proses pengerjaannya yang manual.

Lebih Jauh Memahami Spoiler Mobil

Jenis Spoiler Mobil

Ada empat tipe utama spoiler mobil. Yang pertama adalah pedestal spoiler, yang merupakan jenis yang paling umum. Front spoiler adalah tipe kedua, dan dibuat untuk mengurangi hambatan yang dapat dibuat oleh rear spoiler. Jenis ketiga spoiler adalah lip spoiler, yang umumnya digunakan untuk tujuan estetika saja. Jenis spoiler terakhir disebut wing, yang biasanya dipakai di mobil balap.

Lantas, bagaimana dengan spoiler aftermarket? apakah kegunaannya setara dengan bawaan pabrik? melansir dari laman otosentrum.com, jawabanya mungkin spoiler yang tidak terpasang dengan benar, kemungkinan tidak akan meningkatkan downforce.

selain itu, jika spoiler terlalu berat, maka konsumsi bahan bakar bisa lebih boros. Efeknya sama seperti penggunaan aksesori yang membuat berat kendaraan. 

Pada mobil balap, ada bagian lain yang fungsinya mirip spoiler. Part ini dinamakan wing. Ada beberapa perbedaan antara wing dan spoiler, di antaranya adalah peruntukkan mobilnya. Ukuran wing pun lebih besar dibanding spoiler.

Pada kesempatan lain nanti kita akan membahas lebih jauh tentang perbedaan spoiler dan wing. Jadi simak terus artikel di Garasi.id.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 14 Feb 2021 | 16:01 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

manfaatspoilermobiltipsdantrikinfootomotifgarasiid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family