AC Mobil
Nyalakan AC Mobil

Matikan AC Sebelum Start Mesin, Perlukah?

04 Mar 2019 | 13:48 WIB
BAGIKAN
Beberapa dari Sahabat Garasi mungkin terbiasa melakukan ritual mematikan AC saat hendak mematikan maupun menyalakan mesin mobil. Saat akan menyalakan mesin, AC dalam kondisi mati dianggap dapat mengurangi beban kerja aki dalam memutar mesin. Namun, apakah kebiasaan ini perlu untuk dilakukan?

Terlihat sepele, tapi soal mematikan mesin mobil ternyata tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sahabat Garasi perlu tau, bahwa mematikan mobil dengan cara yang benar adalah merupakan bagian dari perawatan mesin mobil. Berikut beberapa kebiasaan yang harus Sahabat Garasi hindari saat akan mau menyalakan dan mematikan mesin kendaraan :
Matikan AC Sebelum Start Mesin, Perlukah?

1. Jangan Mematikan Mesin Mobil Saat Putaran Masih Tinggi

Adalah kesalahan besar jika Sahabat Garasi menginjak gas, lalu secara mendadak kemudian mematikan mesin mobil saat putaran mesin masih tinggi. Mengapa? Karena saat putaran mesin masih tinggi, piston masih bergerak naik-turun dengan cepat dan masih mengembang. Pergerakan ini menjadikan piston dan komponen lain memerlukan pelumasan dari oli mesin. Jika mesin mendadak dimatikan maka pelumasan akan berkurang. Akibatnya komponen-komponen yang bergerak di dalam mesin akan mengalami keausan. Oleh karena itu sebaiknya tunggu hingga putaran mesin idle secara konstan beberapa saat, barulah mematikan mesin mobil.

2. Tidak Mematikan Mesin Mobil Saat AC Masih Bekerja

Mematikan mesin mobil saat AC masih menyala akan mempengaruhi kompresor AC. Mesin yang dimatikan saat kompresor AC masih berputar akan menimbulkan hentakan pada kompresor AC yang masih bekerja. Terus-menerus melakukan hal ini dapat membuat kompresor AC lebih cepat rusak. Jadi, sebaiknya matikan AC terlebih dahulu sebelum mematikan mesin. Pastikan juga AC dalam kondisi mati sebelum menyalakan mesin mobil ya Sahabat Garasi.

3. Hindari Mematikan Mesin Mobil Saat Audio Masih Menyala

Hal ini akan memperpendek usia pakai sistem audio mobil. Ketika mematikan mesin dan sistem audio masih menyala, maka otomatis audio akan langsung menyala saat mesin mobil di starter kembali. Pada saat mesin mobil kembali dinyalakan, sistem audio mobil mendapatkan tegangan dari baterai atau aki yang kurang stabil sehingga dapat merusak komponen-komponen di dalamnya. Karena itu sebelum mematikan mesin, pastikan seluruh kelistrikan, terutama audio, sudah dimatikan agar komponen-komponennya dapat bertahan lebih lama.

Menjaga mesin pada putaran idle sebelum dimatikan dapat bermanfaat untuk pengisian baterai kembali. Tujuannya agar ketersediaan tegangan di baterai mencukupi saat mesin mobil kembali di starter.

Resiko Hidupkan AC Tanpa Nyalakan Mesin

Pada beberapa jenis mobil, pendingin udara kabin (AC) bisa diaktifkan tanpa perlu menyalakan mesin. Saat posisi kunci sudah di 'On', Sahabat juga bisa langsung menyalakan AC hanya dengan menekan tombol pengaturnya.

Namun demikian, tidak semua mobil bisa demikian. Jika cara ini dilakukan pada mobil yang belum menerapkan teknologi di atas, justru akan membuat buruk kondisi kendaraan. Hal ini ditegaskan Susanto, Product Manager PT Cipta Gemilang Mobil jaringan servis AC Denso. Kata dia, menghidupkan AC tanpa menyalakan mesin adalah kebiasaan yang salah.

"Yang pasti, kami menyarankan pemilik mobil menyalakan pendingin udara setelah mesin menyala atau dalam keadaan iddle-up," ujar Susanto melansir laman VIVA.co.id.

Baca juga: Operasikan AC Mobil Jangan Sembarangan!

Menyalakan AC sebelum mengemudi memang membuat kabin terasa nyaman, terlebih saat mobil diparkir di ruang terbuka. Namun, saat AC mobil 'On' tetapi mesin tidak menyala, kata Susanto, berpotensi merusak kompresornya. "Pasti ada efeknya ke mesin mobil dan kompresor AC-nya, karena posisi saat mesin mobil menyala saja kondisinya belum stabil, ditambah lagi harus menggerakkan kompresor AC, akan lebih berat kerjanya," kata dia.

Selain itu, kebiasaan menghidupkan AC dengan mesin mati akan membuat aki mobil boros dan berisiko susah starter mesin setelahnya. "Kalau kondisi ini risikonya aki mobil akan cepat habis. Karena begini, aki belum dapat suplai dari altenator, tapi dia sudah terpakai di motor blower AC. Dikhawatirkan saat starter sudah tidak bisa," kata dia.
Foto : Garasi.id
Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 04 Mar 2019 | 13:48 WIB
BAGIKAN