Bengkel Umum atau Bengkel Resmi
Bengkel Mobil

Merawat Kendaraan, Kamu Pilih Bengkel Resmi atau Bengkel Umum?

15 Mar 2020 | 12:18 WIB

Mau kendaraan Sahabat tetap awet ? kuncinya adalah jangan sampai terlewat melakukan perwatan rutin. Akan tetapi jika membicarakan dimana tempat melakukan perawatanya, terjadi dua pilihan melakukan perawatan kendaraan yaitu dibengkel resmi atau bengkel umum, sudah pasti dari kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Ada beberapa faktor yang mesti dipertimbangkan ketika Sahabat akan mendatangi tempat servis di bengkel resmi maupun bengkel umum mulai dari layanan sampai ketersedian suku cadang yang memadai.

Merawat Kendaraan, Kamu Pilih Bengkel Resmi atau Bengkel Umum?

Salah mendatangi tempat servis, sudah tentu membuatmu bakal rugi secara finansial. Oleh karena itu mari kita ulas perbedaan utama antara bengkel resmi dan bengkel umum.

Baca juga: Bebas Cemas Beli Mobil Bekas di Garasi.id Dengan Inspeksi

Perbeadaan secara umum

Bengkel resmi

Bengkel resmi adalah bengkel yang dimiliki dealer atau agen penjualan motor, mereka membuka layanan untuk satu merk saja.

Merawat Kendaraan, Kamu Pilih Bengkel Resmi atau Bengkel Umum?

Tenaga ahli bengkel resmi diklaim lebih kompeten, selain sudah memiliki sertifikasi pelatihan yang mumpuni mereka juga diklasifikasikan dalam tiga spesialis teknisi general repair, service advisor, dan foreman repair. Standar suku cadang yang dimiliki bengkel resmi pasti sudah sesuai dengan standar kendaaran yang akan di servis, dan semua onderdil dan suku cadang tentu original.

Bengkel umum

Sementara, untuk bengkel umum mereka merupakan yang tidak memiliki hubungan tertentu dengan dealer manapun. Semua merk kendaraan bisa diservis di bengkel umum asal teknisi yang menangani permasalahan pada kendaraan menyanggupi.

Merawat Kendaraan, Kamu Pilih Bengkel Resmi atau Bengkel Umum?

Suku cadang yang mereka miliki juga cukup beragam. Ada suku cadang OEM (original) sama seperti yang dijual dibengkel resmi, dan ada juga yang produsen non-OEM, dan suku cadang KW yang diproduksi di cina. Keahlian teknisi bengkel umum subjektif, ada yang bilang performa pelayanan dan cara melakukan servis ada yang bagus, biasa saja bahkan jelek, itu disebabkan tidak adanya APM atau sertifikasi dari lembaga resmi ke montir bengkel umum walaupun mereka jago-jago, kecuali, memang si montir pernah mengikuti pelatihan tertentu yang bersifat khusus.

Peralatan

Bengkel resmi

Perlengkapan bengkel resmi sudah pasti sangat lengkap, mereka punya peralatan lengkap untuk semua jenis kendaraan.

Bengkel umum

Tidak semua bengkel umum mempunyai peralatan yang lengkap.

Jadi, kemana pilihan Sahabat yang lebih baik ?

Setelah tahu perbedaanya, kira-kira mana yang terbaik buatmu ? bengkel resmi atau bengkel umum? atau mau bengkel umum dengan nuansa rasa bengkel resmi?

Tidak ada yang salah kalau kita memilih bengkel resmi atau bengkel umum. Yang salah adalah ketika Sahabat tidak memahami dasar perawatan kendaraan secara umum. Dan mempercayakan perawatan sepenuhnya sama bengkel.

Minimnya pemahaman tersebut bisa jadi kita akan mudah tertipu. Karena hal ini kita juga akan rugi secara finansial. Ingat lah, penipuan bisa terjadi dimana saja walaupun itu bengkel umum.

Hal serupa juga berlaku bagi pemilik kendaraan baru, yang masih dibawah usia 3 tahun, sebaiknya melakukan perawatan dibengkel resmi karena masih memiliki garansi resmi, dan akan ditangani sesuai dengan kerusakan yang terjadi pada kendaraan Sahabat.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 14:36 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinegarasiidotomotifberkualitasmobilbekasjualbelijabodetabek
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family