Merawat mobil warna hitam
Merawat mobil hitam

Banyak Peminat, Begini Cara Merawat Mobil Hitam

30 Mar 2020 | 17:28 WIB

Banyaknya pilihan akan mobil seken atau mobil bekas pastinya jadi daya tarik bagi Sahabat Garasi yang berencana ingin beli mobil bekas. Ketika ingin membeli mobil bekas atau seken, pastinya kita akan mencari tahu berapa pasaran harga mobil bekas yang kita inginkan. Ternyata harga sebuah mobil bekas di pengaruhi oleh sang pemiliki merawat mobil atau tidak, dan itu terlihat dari warna bodi mobilnya loh Sahabat.

Perlu diketahui bahwa warna-warna seperti hitam, putih, dan silver merupakan warna favorit atau kesukaan bagi kebanyakan orang. Warna mobil favorit atau yang banyak disukai memiliki harga jual kembali atau resale value yang lebih tinggi apalagi bila pemilik sebelumnya merawat mobil. Lain dengan mobil yang warna bodinya kurang disukai seperti halnya warna biru, hijau, dan juga kuning, mobil bekas dengan warna non favorit ini harga bekasnya sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan mobil dengan warna favorit ditambah pemiliknya tidak merawat mobil.

Banyak Peminat, Begini Cara Merawat Mobil Hitam

Berikut ini adalah urutan atau peringkat warna mobil yang paling disukai hingga yang paling tidak disukai oleh kebanyakan orang yaitu;

warna putih, hitam, abu-abu, silver, merah, biru, hijau, merah muda, unggu, kuning, emas, dan warna terang lainnya.

Perbedaan harga mobil bekas ini terjadi akibat permintaan dan juga jumlah pasokan yang ada. Karena di pasar, umumnya mobil bekas dengan warna yang kurang disukai banyak orang cenderung lebih lama bisa terjual, sehingga harga yang ditawarkan jadi lebih murah.

Warna mobil hitam memang menjadi warna kendaraan yang selalu diminati dari masa ke masa. Meski saat ini demam mobil warna cerah sedang melanda tanah air, namun rupanya warna mobil hitam masih tetap menjadi warna mobil idaman bagi beberapa kalangan. Dilihat dari segi kelebihan dan kekurangan mobil warna hitam memiliki keunggulan lebih besar daripada warna yang lainnya.

Bila dibandingkan dengan mobil warna putih sudah pasti mobil warna hitam lebih unggul dari sisi kelebihannya. Karena meski tren memilih mobil warna putih sedang naik, mobil warna hitam masih menjadi pilihan masyarakat baik itu mobil bekas atau baru.

Jadi warna favorit, ini lebih dan kurang mobil warna hitam

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan mobil warna hitam yang bisa Sahabat jadikan sebagai pedoman dalam memilih warna kendaraan apalagi bila sedang bimbang memilih warna hitam atau putih.

Kelebihan

Memiliki dan merawat mobil berwarna hitam, kelebihannya yang pertama ialah sifatnya netral. Karena sifatnya yang netral, mobil warna hitam bisa digunakan dalam berbagai momen. Bahkan mobil ini sangat cocok untuk digunakan saat bekerja atau untuk keperluan acara keluarga.

Selain itu, kelebihan mobil warna hitam adalah kesan maskulin yang ditampilkan. Khususnya untuk kendaraan tipe minibus, warna hitam pada bagian eksteriornya menegaskan kesan gagah dan maskulin serta mudahnya merawat mobil berwarna hitam.

Banyak Peminat, Begini Cara Merawat Mobil Hitam

Kelebihan lain memilih mobil warna hitam ialah mudah dalam penjualannya dan mudah dalam merawat mobil. Mobil bekas berwarna hitam juga termasuk mobil yang cepat dijual lho. Hal tersebut mengingat warnanya yang netral dan termasuk ke dalam warna mobil yang mahal tetapi muda dalam hal merawat mobil.

Masih ada satu lagi kelebihan mobil berwarna hitam yaitu dalam hal merawat mobil tidak membutuhkan perawatan yang rumit layaknya mobil berwarna putih yang harus sering dicuci karena terkena kotoran maupun debu. Sahabat juga tidak perlu selalu mencucinya setiap hari.

Kekurangan

Sementara itu, dari segi kekurangannya, mobil warna hitam lebih mudah dikenali bila sudah terindikasi terkena goresan. Ya, disamping kelebihan dan kelemahan mobil warna hitam tetap menjadi dambaan. Meski begitu, terkadang Sahabat perlu menjaga mobil tersebut agar tidak terkena goresan dengan merawat mobil hitam kesayangan.

Kekurangan lainnya ialah apabila terkena debu, mobil warna hitam akan terlihat lebih kusam dengan mudahnya. Pada saat terkena goresan, meski sudah diperbaiki bekas perbaikan tersebut masih akan terlihat seakan cat tidak menyatu dengan baik.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan mobil warna hitam yang bisa dijadikan sebagai referensi ketika membeli mobil baru maupun bekas. Pada intinya, masing-masing warna memiliki kelebihan tersendiri.

Apapun warna mobilmu, sebenernya akan bisa terlihat baik bila kamu merawat mobil dengan benar salah satunya bagian eksterior mobil seperti bodi misalnya. 

3 Langkah merawat mobil agar tampil mengkilap

Setiap pemilik mobil pastilah sangat menyayangi mobilnya, walaupun hanya sebuah mobil bekas. Dilihat dari segi ukuran, besar atau harganya, kita melakukan lebih jauh untuk merawat mobil agar terus terlihat baru.

Tidak ada yang suka bepergian dengan mobil yang terlihat kusam dan jelek. Bagaimanapun juga, dengan panas yang membara, racun di udara dan kotoran dari tanah dapat membuat kendaraan berkilau kamu terlihat usang dan tidak sedap untuk dipandang bila kamu tidak merawat mobil kesayangan.

Jika kamu termasuk di antara pecinta mobil yang fanatik yang ingin membuat mobil bekasnya berkilau dan bercahaya seperti kendaraan baru, artikel ini cocok untuk kamu para Sahabat Garasi.

Cuci Mobil Dalam dan Luar

Saat merawat mobil, mencuci mobil adalah langkah paling penting dari keseluruhan proses. Jika kamu menginginkan hasil dari merawat mobil terlihat baru, pastikan mencuci mobil tiap 7 hari. Cuci bertekanan-tinggi, menghilangkan semua kotoran, debu, bekas air, dan sisa garam, seperti di antara roda, di bawah bemper, dan lain-lain. Dalam rangkaian merawat mobil, sebelum lanjut dengan tahap berikutnya, pastikan kamu membersihkan semua kotoran dari permukaan mobil, jika tidak goresan akan muncul di bodi mobil jika permukaan berdebu menumpuk karena kamu mengabaikan untuk merawat mobil.

Banyak Peminat, Begini Cara Merawat Mobil Hitam

Dalam tahap merawat mobil, untuk pencucian disarankan gunakan deterjen cuci premium dan bersihkan rangka dan pintu dengan tangan. Waktu merawat mobil, pastikan untuk membersihkan bekas jamur pada lantai atau akan menimbulkan goresan pada cat. Tahap merawat mobil setelah pencucian, keringkan dengan mengelapnya secara manual dibandingkan menunggunya kering dengan udara, hal ini akan menghindarkan mobil kamu dari bercak noda air muncul dari bodi kendaraan yang baru saja dicuci.

Poles

Masuk tahap selanjutnya dari merawat mobil setelah pencucian, mobil Sahabat mungkin terlihat bersih namun kurang berkilau dan bercahaya. Untuk memberikan kilau yang sama seperti saat pertama dibeli, memoles bekerja seperti ‘menyihir’. Dalam merawat mobil, memoles adalah proses menggunakan substansi abrasif untuk menghilangkan lapisan yang sangat tipis pada bagian terluar cat, yang biasanya paling rusak.

Pada saat merawat mobil, proses pemolesan ini membuat lapisan di bawah bersinar ke permukaan, membuat mobil terlihat baru. Dengan berbagai alat poles yang tersedia di pasaran, kamu dapat melakukan tugas merawat mobil ini dengan gampang di rumah. Tapi jika Sahabat memerlukan sentuhan profesional menggunakan mesin buffing, coba cek Jasa dan Servis Garasi.id sebagai alternatif lain merawat mobil.

Waxing

Saat merawat mobil, memoles membantu kamu untuk memperlihatkan lapisan berkilau cat dan membuat mobil terlihat baru, tapi untuk mempertahankan hasil yang maksimal dalam waktu yang lama, waxing wajib dilakukan. Tujuan utama merawat mobil dengan waxing adalah untuk menciptakan lapisan protektif pada mobil yang telah dipoles-sempurna, permukaan yang berkilau dan melindungi kilaunya menjadi hilang karena faktor-faktor seperti kontak langsung dengan cahaya matahari, debu dan kotoran, goresan, dan hujan. 

Sahabat dapat menemukan waxing dengan mudah pada toko otomotif mana saja, tapi hindari penggunaan produk "2in1" yang mengklaim memberikan dua tujuan sekaligus yaitu poles dan wax, saat merawat mobil kami menyarankan untuk menghindarinya dan tetap memilih dua produk berbeda. Selain itu dalam merawat mobil, dibanding membiarkan wax yang diaplikasikan pada permukaan dalam waktu yang lama, bersihkan permukaannya setelah beberapa menit karena akan membutuhkan usaha yang lebih sedikit dengan hasil yang lebih tahan lama.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 08:10 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinegarasiidotomotifberkualitasjabodetabekwarnasekenonlineshowroomJakartaBandungsurabaya