Banyak Faktor Yang Menyebabkan Mesin Mobil Brebet
Banyak Faktor Yang Menyebabkan Mesin Mobil Brebet

Mesin Mobil Mulai Brebet! Ini Penyebabnya

11 Agt 2023 | 09:24 WIB

Ketika Sahabat sedang mengemudi, pasti pernah merasakan mesin mobil brebet saat di gas. Tentu saja hal ini sangat mengganggu dan akan terasa sangat berat ketika mobil dikendarai. Perjalanan kamu pun akan terasa kurang nyaman saat harus melalui perjalanan jauh.


Jika mesin mobil Sahabat sudah mulai brebet sudah pasti menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Sebaiknya kamu jangan anggap sepele, karena jika didiamkan efeknya bisa merusak komponen lain dan terburuknya mobil bisa mogok dijalan.


Terdapat berbagai penyebab yang dapat membuat mesin mobil menjadi brebet. Sebaiknya sebelum hal ini terjadi pada Sahabat, kamu harus mengetahui berbagai penyebab mengapa mesin mobil brebet. Dari banyaknya komponen pada mesin, apa saja penyebab mesin mobil mulai brebet? Kamu bisa mengatasinya di bawah ini.


tes

Lakukan Perawatan Mesin Mobil Secara Berkala


  • Kerusakan Pada Busi

Busi adalah komponen yang mempunyai fungsi untuk memberikan percikan api ketika dilakukan proses pembakaran mesin mobil. ini adalah salah penyebab pertama dapat berasal dari permasalahan busi. Busi memiliki masa pakai yang perlu Sahabat perhatikan. Jika digunakan terlalu lama, maka kondisinya dapat menjadi aus atau rusak. Jika busi tidak dalam kondisi baik, maka dapat membuat mesin brebet ketika sedang dalam kondisi panas.


Kerusakan pada busi dapat membuat proses pembakaran yang dilakukan oleh mesin mobil menjadi kurang optimal. Percikan api yang lemah menjadi penyebabnya. Selain busi yang rusak atau aus, penggunaan busi yang tidak standar juga dapat membuat mesin tidak optimal. Kualitas busi akan sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin mobil.


Jika dirasa kinerja busi telah menurun dan mengganggu kinerja mesin mobil, maka sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Dengan mengganti busi baru, maka sistem pembakaran dalam mesin mobil kesayangan kamu dapat kembali berfungsi dengan optimal. Mesin mobil tidak lagi brebet dan dapat digunakan dengan nyaman.


Periksa Kondisi Busi Dalam Kondisi Baik atau Sudah Rusak
Periksa Kondisi Busi Dalam Kondisi Baik atau Sudah Rusak

  • Sistem Bahan Bakar Bermasalah

Hal kedua yang dapat menjadi penyebab mesin menjadi brebet adalah sistem bahan bakar yang bermasalah. Komponen yang ada di dalam sistem ini misalnya pompa, injektor, filter, dan karburator. Jika mesin brebet, perlu dilakukan pengecekan terhadap berbagai komponen tersebut. Bisa jadi, terdapat sumbatan pada bagian injektor atau karburator.


Hal lain yang mungkin terjadi adalah filter yang kotor sehingga tidak bekerja dengan baik. Berbagai pengecekan lain juga perlu dilakukan untuk setiap komponen. Bisa jadi masalahnya ada pada sistem pengapian. Salah satu yang bisa menyebabkan sistem pengapian dapat menjadi rusak atau bermasalah adalah terdapat masalah pada busi.


Isi Bensin Sebelum Berkendara
Isi Bensin Sebelum Berkendara

  • Bahan Bakar Hampir Habis

Selanjutnya, penyebab yang sangat mungkin dan sering terjadi adalah bahan bakar mobil yang sudah hampir habis. Jika bahan bakarnya hampir habis, maka kinerja dari mesin mobil menjadi tidak maksimal karena pasokan bahan bakarnya juga tidak maksimal. Masih terkait dengan bahan bakar, ada juga penyebab lain yang mungkin terjadi, yaitu bahan bakar yang tidak sesuai. Bisa jadi, brebetnya mesin mobil terjadi karena jenis bahan bakar yang dipakai tidak sesuai dengan spesifikasi dari mesin mobil Sahabat.


Jadi, gunakan kualitas bahan bakar dengan oktan lebih tinggi, supaya dapat menjaga fungsi mesin mobil kesayangan kamu dengan lebih maksimal. Mesin juga dapat menjadi lebih awet. Selain itu, jangan lupa untuk memastikan mobil tidak kehabisan bahan bakar. Jika sudah saatnya mengisi bahan bakar, jangan terlalu lama ditunda. Pastikan untuk selalu berada di titik aman, tidak melewati batas merah untuk mengisi bahan bakar. Dengan demikian, Sahabat bisa menghilangkan risiko mesin yang brebet karena kekurangan bahan bakar.


Lakukan Pengecekan Pada Bagian Sistem Injeksi
Lakukan Pengecekan Pada Bagian Sistem Injeksi

  • Cek Sistem Injeksi

Bagian sistem injeksi dapat menjadi penyebab dari brebetnya mesin mobil Sahabat. Jika saluran dari injeksi bahan bakar mobil kemasukan udara atau angin, maka dapat mengakibatkan mesin brebet ketika dipakai. Keberadaan dari gelembung udara di dalam sistem injeksi dapat mengakibatkan terjadinya tekanan bahan bakar yang tidak stabil. Dampaknya, fungsi dan kinerja dari mesin mobil menjadi terganggu.


Untuk bagian sensor ini, mungkin tidak mudah dipahami oleh semua orang. Namun, jika terdapat masalah di bagian sensor, memang perlu dilakukan perbaikan supaya tidak mengganggu kinerja dan mengalami mesin brebet. Apabila sensor ECU mobil Sahabat mengalami kerusakan, atau ada kemungkinan mengalami kerusakan, maka sebaiknya segera periksakan ke bengkel atau teknisi ahli. Perlu dilakukan pengecekan serta pembongkaran berbagai komponen internalnya, sehingga dapat diketahui dimana letak masalahnya.


Jangan Salah Pilih Air Radiator
Jangan Salah Pengisian Air Radiator

  • Air Radiator Habis

Penyebab mesin Sahabat brebet selanjutnya adalah air radiator yang habis. Jika air radiator habis, maka dapat membuat mesin mobil terlalu panas atau overheat. Selanjutnya, mesin mobil dapat menjadi tersendat ketika dikemudikan. Untuk mencegah supaya mesin mobil tidak brebet, maka pastikan Sahabat selalu mengecek kondisi dari air radiator. Kalau sudah habis atau tinggal sedikit, maka perlu diisi segera dengan air radiator baru supaya tidak mengganggu kerja mesin mobil.


  • Rusak atau Bermasalahnya Sistem Sensor

Jika sistem sensor bermasalah atau rusak juga dapat menjadi penyebab mesin mobil brebet dan mengganggu kemudi. Dalam mobil, terdapat Electronic Control Unit atau yang disingkat dengan ECU. Fungsinya yaitu untuk menjadi penentu durasi dari injeksi bahan bakar. Dengan kata lain, sistem ini menjadi sensor penentu waktu, kapan harus memberi bahan bakar yang tepat untuk mesin mobil. Selain itu, juga dapat menjadi penentu kapan diperlukan untuk memberi campuran udara untuk bahan bakar mesin mobil. Jika sistem ini bermasalah atau rusak, maka berbagai sensor yang diberikan menjadi tidak akurat atau tidak sesuai. Akibatnya, mesin mobil dapat menjadi tersendat atau brebet.


Lakukan Pengecekan Sistem Sensor Pada Mobil

Lakukan Pengecekan Sistem Sensor Pada Mobil


Penting untuk selalu memeriksa kondisi mobil. Perawatan rutin juga menjadi hal yang sebaiknya kamu lakukan, supaya dapat selalu memastikan bahwa mobil berada dalam kondisi yang baik. Dengan berbagai perawatan rutin yang sesuai, maka performa mesin mobil akan terjaga. Perjalanan Sahabat juga akan semakin nyaman dan aman.


Jika terdapat masalah terkait mobil kesayangan kamu, termasuk mesin mobil brebet, maka perlu segera ditangani dengan benar dan tepat. Sahabat dapat mengunjungi www.Garasi.id untuk mendapatkan layanan jasa servis dari partner bengkel terdekatmu. Nikmati promo potongan harga untuk jasa servis yang cocok untuk mobil kesayangan kamu dibawah ini.


Tanda-Tanda Mesin Mobil Brebet!


Bengkel Bos berikan promo Diskon Hepi 8.8 Hemat Pasti diskon hingga 50% untuk layanan jasa ganti oli, paket servis lengkap, engine scanning, jasa kuras transmisi, servis rem 4 roda + free check-up 58 komponen kendaraan, tune up, cuci mobil, spooring dan balancing biar mobil kesayangan kamu makin optimal di jalan.


Tanda-Tanda Mesin Mobil Brebet!


Buat Sahabat yang berada di daerah tidak perlu khawatir, kamu juga bisa nikmati promo khusus daerah yang berikan diskon hingga 70% sesuai kota tercinta kamu berikut ini.


Manfaatkan promo ini sekarang,  lakukan pembayaran yang mudah dan aman dengan fitur QRIS. Informasi lengkap silahkan hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id. Selamat servis mobil kesayangan Sahabat!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 15 Agt 2023 | 15:14 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family