Cat Mobil Memberikan Peran Yang Sangat Besar Terhadap Keindahan Warna Mobil
Cat Mobil Memberikan Peran Yang Sangat Besar Terhadap Keindahan Warna Mobil

Mobil Baret Saat Perjalanan Mudik, Begini Cara Menghilangkannya!

28 Apr 2023 | 10:00 WIB

Perjalanan mudik Lebaran ke kampung halaman sangatlah melelahkan, saat Sahabat sudah berkonsentrasi penuh saat mengendalikan kemudi ada saja yang melakukan kesalahan dalam mengendarai mobil. Terkadang tidak disadari oleh Sahabat maupun pengemudi lain. Mobil baret atau yang biasa disebut goresan dapat terjadi pada sebuah mobil karena kelalaian dalam mengemudi maupun terjadi pada saat parkir.


Hal tersebut dapat berpengaruh kepada tampilan mobil kesayangan Sahabat yang akhirnya kurang bagus. Cara menghilangkan baret mobil merupakan hal yang penting diketahui para penggemar otomotif demi membuat tampilan mobilnya semakin menarik. Cara menghilangkan baret mobil bisa dilakukan Sahabat sendiri di rumah. Dalam hal ini ada beberapa trik yang bisa kamu coba dan terapkan dengan mudah.


Perhatikan Langkah-Langkah Saat Menghilangkan Baret Mobil

Perhatikan Langkah-Langkah Saat Menghilangkan Baret Mobil


Perlu diketahui biaya yang harus dikeluarkan untuk pengecatan ulang cukup mahal. Jadi, Sahabat tidak perlu pusing lagi dan terburu-buru untuk membawanya ke bengkel khusus perbaikan bodi mobil karena dari sumber otomotif yang terpercaya terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan sendiri untuk menghilangkan baret pada sebuah mobil. Sahabat bisa simak disini.


  • Pasta Gigi


Pasta gigi merupakan bahan yang mudah untuk dicari. Tidak hanya berfungsi sebagai bahan untuk membersihkan gigi, ternyata pasta gigi juga ampuh dalam membersihkan baret mobil. Menggunakan pasta gigi dapat merubah mobil yang awalnya baret hingga menjadi mulus.



Baca juga: Cek Tekanan Angin Ban Mobil Saat Mudik Lebaran



Sebelum menggunakan pasta gigi, pastikan terlebih dahulu mobil Sahabat dalam keadaan bersih. Siapkan kain lembut yang nantinya berfungsi sebagai wadah untuk pasta gigi. Cara menghilangkan baret mobil menggunakan pasta gigi sangatlah mudah. Langkah yang perlu Sahabat lakukan.


Pertama, basahi kain terlebih menggunakan air yang bersih. Setelah itu dapat menuangkan pasta gigi secukupnya sesuai dengan seberapa lebarnya goresan yang ada. Kemudian, Sahabat dapat menggosok bagian mobil yang baret hingga merata. Pastikan menggosoknya dengan gerakan melingkar supaya hasil polesannya sama rata.


Pemolesan menggunakan pasta gigi sebenarnya kurang efektif apabila Sahabat cukup mengandalkan pasta gigi saja tanpa memadukan dengan bahan lain. Selama goresannya tidak parah, kamu dapat menggunakan cara seperti ini.


Proses menghilangkan baret mobil harus dilakukan secara akurat

Proses menghilangkan baret mobil harus dilakukan secara akurat


  • Minyak Rem


Bahan selanjutnya yang dapat Sahabat gunakan untuk menghilangkan baret mobil adalah minyak rem. Sebelum melakukannya, kamu perlu mengumpulkan alat pendukung terlebih dahulu. Alat yang diperlukan yaitu kanebo kering.


Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menuang minyak rem yang ke kanebo kering. Jangan terlalu berlebihan menggunakan minyak rem. Berikan minyak rem sesuai dengan kebutuhan saja. Setelah dituang kamu dapat mengoles ke permukaan mobil yang baret secara merata.


Terdapat cara lain selain menggunakan kain kanebo. Sebenarnya, Sahabat juga dapat menuangkan minyak rem secara langsung ke dalam bagian mobil yang sudah tergores. Akan tetapi cara seperti ini perlu dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari terpolesnya bagian mobil yang masih bersih.


Karena sangat berisiko jika langsung menuangkan ke bagian mobil yang sudah baret, maka alangkah baiknya kamu tetap menggunakan cara pertama saja. Setelah selesai melakukan pemolesan, mobil dapat dibersihkan dengan air seta di lap menggunakan kanebo yang kering. 


Menghilangkan baret mobil menggunakan minyak rem sebenarnya tidak sulit. Hanya saja Sahabat perlu berhati-hati karena sifat minyak rem yang sangat keras. Jika terjadi kesalahan sangat disayangkan dan dikhawatirkan tampilan mobilnya tidak sesuai dengan yang kamu inginkan.


Pilih Jasa Servis Coating Mobil Terbaik Hanya di www.Garasi.id

Pilih Jasa Servis Coating Mobil Terbaik Hanya di www.Garasi.id


  • Obat Nyamuk Cair


Tidak hanya untuk menghilangkan nyamuk saja, kini obat nyamuk cair memiliki beberapa fungsi yang salah satunya yaitu dapat digunakan untuk menghilangkan baret mobil. Kenapa harus menggunakan obat nyamuk cair? Karena bahan yang terkandung di dalam obat nyamuk cair ini dapat menghilangkan lapisan baret yang ada di mobil. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Pertama Sahabat perlu menyiapkan berapa banyak takaran obat nyamuk cair yang dibutuhkan.


Cara pengaplikasiannya yaitu, tuangkan obat nyamuk cair ke atas lap berbahan halus yang kering. Pastikan lap halus yang kamu gunakan benar-benar kering, karena jika basah kandungan yang ada di obat nyamuk akan hilang.



Baca juga: Ganti Oli Mesin Mobil Pasca Mudik Lebaran



Setelah menuang obat nyamuk cair, kemudian usap bagian mobil yang sudah baret. Cara mengusapnya yaitu secara perlahan dengan gaya memutar hingga merata ke bagian yang tergores. Selanjutnya, tunggu selama 15 hingga 20 detik saja. Tahap selanjutnya, Sahabat perlu membilas bekas dari obat nyamuk tadi. Kemudian, setelah selesai, keringkan menggunakan lap yang sudah kering.


Lakukan Polesan Secara Ringan Agar Hasilnya Lebih Merata

Lakukan Polesan Secara Ringan Agar Hasilnya Lebih Merata


  • Tipe Wax


Menghilangkan baret dengan menggunakan tipe wax hanya dapat dilakukan jika goresan yang terjadi merupakan goresan halus. Terdapat dua jenis tipe wax, yaitu tipe wax dalam bentuk padat dan cair. Wax cair dapat membuat goresan terlihat lebih samar karena bahannya yang bersifat abrasif.


Ketika menggunakan wax cair, Sahabat harus berhati-hati karena jika menggosoknya terlalu keras, maka akan menyebabkan goresan semakin bertambah. Sedangkan untuk wax padat tidak memiliki kandungan bahan abrasif, jadi aman untuk kamu gunakan.


Masih banyak cara menghilangkan baret mobil dengan mudah dan murah dari rumah. Tanpa membawa mobil kesayangan ke bengkel Sahabat dapat melakukannya secara mandiri dan lebih hemat biaya. Kamu bisa cek layanan servis terbaik di www.Garasi.id dan pilih jasa yang cocok dengan potongan harga untuk mobil kesayangan Sahabat. Informasi lengkap silahkan hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 28 Apr 2023 | 10:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobilmobilbaretmudiklebaran2023
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family