Efek Buruk Turun Mesin Jika Mobil Jarang Ganti Oli Mesin
Efek Buruk Turun Mesin Jika Mobil Jarang Ganti Oli Mesin

Mobil Jarang Ganti Oli Mesin! Ini Efek Buruknya

22 Jun 2023 | 11:23 WIB

Mengendarai mobil kesayangan setiap hari merupakan hal yang sangat menyenangkan. Mobil memberikan kenyamanan, kemudahan dan kecepatan dalam mencapai tujuan. Tapi Sahabat, perlu diperhatikan juga bahwa mobil juga membutuhkan perawatan yang rutin agar tetap dalam kondisi prima. Salah satu perawatan yang harus dilakukan adalah ganti oli mobil. Hal ini penting karena merupakan salah satu yang dapat menjaga mesin mobil tetap berfungsi dengan baik dan mencegah kerusakan pada bagian mesin mobil. 


Namun, masih banyak pengendara yang mengabaikan hal ini dan menunda ganti oli mesin mobil. Hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah yang dapat membuat mobil Sahabat menjadi lebih lambat dan sulit digerakkan. Ini tentu saja akan mengurangi kinerja dan efisiensi mobil. Berikut ini adalah beberapa efek buruk yang dapat terjadi jika Sahabat telat melakukan ganti oli mesin mobil:


Ganti Oli Mesin Mobil Secara Berkala

Ganti Oli Mesin Mobil Secara Berkala


1. Komponen Mesin Rusak

Oli akan menjadi kental dan kotor apabila sudah lama tidak diganti. Ternyata, hal tersebut juga akan mengakibatkan rusaknya komponen-komponen dalam mesin. Komponen-komponen mesin yang terkena dampaknya tersebut, di antaranya silinder dan piston.


Sederhananya, oli mobil yang dibiarkan terlalu lama dalam mesin mobil akan menyebabkan mesin bekerja lebih dari biasanya. Hal tersebut berpotensi memunculkan karat, goresan, dan bahkan bisa saja memunculkan kebakaran.


2. Kualitas Mesin Menurun

Bagian pada mobil yang paling pertama mendapat dampak dari oli yang lupa diganti adalah mesin mobil. Oli yang tidak diganti tepat waktu akan berpengaruh besar pada kinerja mesin mobil. Pada dasarnya, oli memiliki fungsi untuk membantu memaksimalkan kinerja mesin.


Oli yang tidak diganti akan menjadi semakin hitam dan kental. Hal tersebut menyebabkan fungsi oli sebagai pelumas seluruh komponen mesin akan menurun. Tentunya juga berdampak pada turunnya kinerja mesin mobil. Selain itu, suara mesin juga akan terdengar semakin kasar. Bahkan bisa saja mesin mobil akan sulit dinyalakan saat pertama kali ingin digunakan di pagi hari.


Waspada Mesin Mobil Bisa Mogok Dijalan

Waspada Mesin Mobil Bisa Mogok Dijalan


3. Mesin Overheating

Kondisi di mana mesin mobil mengalami kenaikan suhu dan menjadi sangat panas dinamakan overheating. Performa kerja oli mobil sebagai pendingin mobil tidak akan menjalankan fungsinya secara maksimal apabila oli jarang diganti. Hal tersebut mengakibatkan mobil akan menjadi cepat panas atau mengalami overheating.


4. Boros Bensin

Gesekan yang terjadi antara komponen-komponen pada mesin mobil akan berkurang dengan adanya oli mobil sebagai pelumas mesin mobil. Gesekan yang halus akan membuat performa kerja mobil semakin meningkat. Tentunya juga akan semakin nyaman digunakan.


Namun, hal yang sebaliknya akan terjadi apabila oli mobil tidak berfungsi secara optimal. Oli mobil yang jarang diganti akan berpengaruh dan membuat gesekan akan semakin kuat dan tarikan akan semakin berat. Hal tersebut menyebabkan mesin memerlukan sumber tenaga tambahan yang lain, yaitu bensin. Jika kondisi seperti ini terus dibiarkan terjadi, bensin yang digunakan pada mobil akan menjadi cepat habis.


Nah, sangat berbahaya yang akan terjadi jika Sahabat lupa atau malas mengganti oli pada mobil. Penggantian oli mobil tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahkan kamu juga bisa melakukan ganti oli sendiri di rumah. Hal tersebut berarti bahwa mengganti oli mobil secara rutin tidaklah sulit. Selain tidak memerlukan biaya yang mahal, kamu juga dapat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan turun mesin akibat oli yang tidak diganti.


Mobil Jarang Ganti Oli Mesin! Ini Efek Buruknya


Sahabat tidak perlu khawatir, pilih oli mesin berkualitas hanya di www.Garasi.id. Kamu bisa nikmati jasa servis ganti oli dari bengkel yang cocok dengan layanan home servis maupun datang langsung ke bengkel sesuai area terdekatmu dibawah ini:


Jabodetabek

  • Bengkel Fast berikan diskon hingga 50ribu untuk pembelian 4 Liter oli Mesran, Petronas, Castrol, Shell, Motul, Fastron dan Motul.
  • SCW Otomotif Kemayoran berikan promo Ganti Oli Top 1 mulai dari 99ribu + Gratis Filter Oli dan Cuci Vacuum.
  • Galuh Auto Servis Banten berikan diskon hingga 50ribu untuk ganti oli Idemitsu, Castrol Magnatec dan Shell.


Jawa Barat

  • Automaster paket ganti oli Top 1, Eneos, Motul, Pertamina, Castrol dan paket lain.
  • Auto Cool Prima paket ganti oli dari Shell, Fastron dan jasa servis lainnya.
  • Cahaya Agung paket ganti oli dari Shell Helix, Castrol, Fastron, Toyota TGMO Diesel dan Motul Multi Power Plus.


Jawa Timur

  • Mardiono ganti oli Lupromax Razer dan Zelos, oli mobil super serta paket servis lain.
  • Bengkel B&S paket ganti oli Pertamina, Eneos, KIXX G1 dan servis mobil lain.


Jawa Tengah

  • Monte Carlo paket ganti oli TMO, Castrol, Fastron, Shell dan pengecekan pada kaki-kaki mobil.


Salah satu hal yang bisa dimanfaatkan bertransaksi di Garasi.id adalah potongan harga jasa servis dan pembayaran yang mudah dan aman dengan fitur QRIS. Informasi lengkap Sahabat bisa hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id. Syarat dan ketentuan berlaku.


Oli mesin merupakan minuman yang dibutuhkan setiap mobil. Selamat ganti oli mesin mobil kesayangan Sahabat Garasi!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 07 Jul 2023 | 11:06 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifgantioliservisberkalahomeservisjabodetabekjawabaratjawatimurjawatengahsolusipuasperawatanmobilberkualitas
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family