Mobil susah hidup saat pagi hari
Mobil susah hidup saat pagi hari

Mobil Susah Hidup Saat Pagi Hari? Cek Komponen Berikut

12 Mar 2020 | 10:53 WIB

Memiliki kendaraan pribadi memang pilihan yang tepat untuk Sahabat yang mempunyai mobilitas yang tinggi. Namun dengan adanya kendaraan pribadi, Sahabat harus sudah siap dengan segala permasalahan yang timbul sewaktu-waktu tanpa bisa diprediksi. Kendaraan yang sering digunakan dan minim perawatan biasanya akan lebih sering bermasalah. Dan permasalahan pada mobil biasanya bermacam-macam seperti halnya ban bocor, kehabisan bensin, atau mungkin tiba-tiba mesin mobil susah hidup saat pagi hari.

Mobil Susah Hidup Saat Pagi Hari? Cek Komponen Berikut

Mungkin dari beberapa Sahabat Garasi pasti pernah dibuat kesal ketika mobil susah hidup di pagi hari saat di starter. Ditambah lagi ketika Sahabat Garasi tergesa-gesa akan pergi ke kantor. Masalah ini memang kerap terjadi pada sebagian besar pemilik mobil. Biasanya mobil-mobil yang jarang di servis mengalami hal demikian. Alih-alih ingin berangkat pagi, Sahabat Garasi justru terlambat dikarenakan mobil yang Sahabat gunakan susah dihidupkan. Lantas apa sebenarnya yang menjadi penyebabnya? perhatikan beberapa hal berikut ini:

Penyebab mobil susah hidup di pagi hari

Pada umumnya, masalah mobil susah hidup di pagi hari terjadi pada mesin bensin yang masih menggunakan sistem karburator. Namun demikian tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada mesin diesel maupun mesin bensin injeksi. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Tegangan Baterai/ Aki Kurang

Mobil Susah Hidup Saat Pagi Hari? Cek Komponen Berikut

Penyebab pertama mobil susah hidup di pagi hari disebabkan oleh motor starter yang sudah lemah. Ketika di start, motor starter tidak mau berputar atau hanya berputar pelan besar kemungkinan disebabkan oleh tegangan baterai. Untuk mengetahui secara pastinya Sahabat bisa mengukurnya menggunakan voltmeter atau multimeter. Biasanya aki atau baterai yang sudah lemah akan mengalami hal demikian. Jika memang benar masalahnya pada baterai, Sahabat masih bisa menghidupkan mesin mobil dengan cara mendorongnya.

Busi Bermasalah

Mobil Susah Hidup Saat Pagi Hari? Cek Komponen Berikut

Penyebab kedua mobil susah hidup di pagi hari disebabkan oleh busi yang bermasalah atau kotor.  Apabila busi bermasalah seperti kotor atau celahnya terlalu besar atau terlalu rapat bisa juga menyebabkan mesin mobil sulit di starter. Cara mengeceknya tentu Sahabat Garasi harus melepas busi dan perhatikan apakah busi tersebut kotor.

Karburator Banjir

Mobil Susah Hidup Saat Pagi Hari? Cek Komponen Berikut

Bagi Sahabat Garasi yang memiliki mobil dengan karburator biasanya mesin mobil susah hidup juga disebabkan oleh karburator yang banjir. Untuk cara mengatasinya Sahabat Garasi harus membongkar karburator dan menyetel pelampungnya. Jika kesulitan Sahabat bisa membawanya ke bengkel terdekat.

Water Temperature Sensor (WTS) Bermasalah

Mobil Susah Hidup Saat Pagi Hari? Cek Komponen Berikut

Nah khusus untuk mobil injeksi, penyebab mesin mobil susah hidup di pagi hari biasanya disebabkan oleh sensor WTS (Water temperature sensor)  di bagian sistem injeksinya. WTS merupakan sebuah sensor suhu yang akan mendeteksi kondisi atau suhu mesin. Jika ini bermasalah maka akan mempengaruhi sistem injeksi pada mobil tersebut yang berujung mobil susah hidup.

Pompa Bensin Lemah

Mobil Susah Hidup Saat Pagi Hari? Cek Komponen Berikut

Penyebab lainnya mesin mobil susah hidup saat pagi hari adalah lemahnya komponen pompa bensin. Pompa bensin bertugas memompa bensin dari tangki menuju karburator. Jika pompa ini sudah lemah akibatnya aliran bensin tidak lancar sehingga menyebabkan mesin mobil sulit distarter. Jika pompa bensin sudah lemah atau bahkan mati, maka solusinya Sahabat harus menggantinya. Namun ada sebuah trik untuk mengatasinya. Ketika kunci kontak pada posisi "on" namun pompa bensin tidak berbunyi berilah pukulan ringan beberapa kali. Biasanya pompa bensin akan hidup kembali.

Mobil Susah Hidup Saat Pagi Hari? Cek Komponen Berikut

Itulah tadi beberapa penyebab mobil susah hidup saat pagi hari atau tidak bisa di starter. Masalah yang kerap terjadi adalah busi, karburator serta baterai. Maka periksa dulu ketiga komponen tersebut. Air radiator atau setelan udara dan bahan bakar pada karburator juga berpengaruh juga Sahabat. 

Tetapi bila dirasa Sahabat tidak memiliki pengetahuan yang cukup seputar mobil, Sahabat bisa mengunjungi situs Garasi.id, karena dengan di Garasi.id Sahabat bisa membeli paket perawatan mesin. Tanpa harus repot sendiri, prosesnya cepat, aman dan tidak perlu mengantri sehingga kendaraan Sahabat bisa mendapatkan penanganan yang tepat dari para ahlinya dengan cepat.

Foto : Garasi.id

solusi puas untuk servis mobil

[[KLIK GAMBAR]]

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 18 Mei 2020 | 15:52 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilsusahhiduptipsmobilmobilmogokstartermobilstarter