Promo Mudik 2019
Tips Mudik

Mudik Dengan Mobil Pribadi? Lakukan 8 Langkah Tepat Ini Agar Selamat

09 Mei 2019 | 14:08 WIB
BAGIKAN

Mudik kekampung halaman sudah menjadi tradisi wajib untuk para pendatang di kota-kota besar saat libur lebaran nanti. Tiket berbagai alat transportasi umum pun pasti sudah ludes habis dibeli jelang lebaran. Mudik menggunakan transportasi umum memang menyenangakan karena hanya tinggal duduk tanpa cape menyetir tau-tau sudah sampai tujuan. Namun tidak sedikit juga dari para Sahabat akhirnya menjatuhkan pilihan ke mobil pribadi sebagai sarana mudik bersama keluarga tercinta.

Untuk Sahabat yang berencana mudik lebaran tahun ini menggunakan mobil pribadi, harus sudah mulai melakukan perawatan mobil. Lakukanlah persiapan dengan matang. 

Mudik Dengan Mobil Pribadi? Lakukan 8 Langkah Tepat Ini Agar Selamat

Berikut ini 8 langkah persiapan mudik dengan mobil pribadi yang wajib Sahabat lakukan agar perjalanan mudikmu lancar tanpa hambatan.

1. Memeriksa mesin mobil

Nyalakan mesin dan dengarkan suaranya, apakah terdengar masih normal atau tidak. Jika suaranya kasar, atau ada bunyi tertentu yang berbeda, segera periksa ke bengkel.

Pastikan juga Sahabat mengecek minyak rem, minyak kopling, air radiator, aki, oli mesin, serta air wiper terisi sesuai dengan takarannya. Jika Sahabat masih awam untuk mengeceknya sendiri, Sahabat bisa memeriksakannya ke bengkel yang Sahabat percayai.

2. Memeriksa lampu mobil

Caranya nyalakan lampu mobil dan lihat kondisinya. Sahabat perlu melihat kondisi lampu depan mobil, lampu rem yang ada di belakang, lampu sein, dan cek bagian soket pada bagian lampu depannya. Kondisi lampu ini akan sangat berguna saat Sahabat berkendara di malam hari.

3. Pastikan wiper mobil masih bagus

Pastikan wiper mobil masih berfungsi dengan sempurna. Jangan lupa memastikan bagian karet wiper masih bagus dan mampu membersihkan kaca mobil dengan cepat.Tanpa dilengkapi dengan wiper yang baik, saat kondisi jalanan sedang hujan, Sahabat akan sangat kesulitan melanjutkan perjalanan.

4. Pastikan ban tidak botak

Sahabat harus melihat bagian tapak dan kembang ban, apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Jangan segan untuk mengganti ban yang sudah botak agar perjalananmu nyaman dan jauh dari kecelakaan akibat kondisi ban buruk. Dan pastikan tekanan angin ban sesuai dengan anjuran pabrikan sekitar 32 atau 35.

5. Sediakan ban serep

Ban serep sangat penting jika di perjalanan ban Sahabat bocor. Sahabat akan kesulitan untuk mencari ban serep di bengkel terdekat jika tidak memiliki ban serep. Sebaliknya, dengan ban serep, Sahabat bisa langsung mengganti ban yang bocor.

6. Perangkat pendukung

Menyediakan perangkat pendukung mobil, seperti dongkrak, kotak P3K, serta alat darurat lainnya. Perangkat tersebut sangat dibutuhkan saat kendaraan Sahabat mengalami masalah sehingga harus tersedia di dalam mobil.

7. Pastikan AC mobil berfungsi dengan baik

Agar perjalanan mudikmu berlangsung dengan menyenangkan, pastikan mesin AC di mobilmu masih berfungsi dengan baik. Periksa isi freon ke bengkel. Jika sudah hampir habis, sebaiknya diisi kembali agar AC tetap dingin.

Selain itu, jangan lupa mengecek semua panel dan spare part yang berkaitan dengan AC, diantaranya filter AC yang sering ngadat, serta tombol-tombol pada kabin.

8. Jangan lupa untuk mengetes mobil sebelum berangkat

Agar Sahabat tenang, sebaiknya Sahabat mengetes mobil beberapa hari sebelum berangkat. Ini agar Sahabat merasakan respon mobil dengan baik, seperti setir, ban, suspensi. Apabila ada yang kurang meyakinkan, sebaiknya ditanyakan kepada bengkel terpercaya dan pastikan kembali mobilmu dalam kondisi baik.

Baca juga: Manjakan Mobil Kesayanganmu Dengan Ini...

Mudik Dengan Mobil Pribadi? Lakukan 8 Langkah Tepat Ini Agar Selamat

Nah bila Sahabat perlu penanganan khusus dari ahlinya dalam melakukan servis mobil, ganti oli, spooring balancing, tune up atau rawat dengan jasa detailing atau coating, Garasi.id selama bulan ramadhan ini mempunyai promo spesial. Berpartner dengan Bengkel Nawilis, Bengkel BOS, Automaster, Ziebart, Scuto dan masih banyak lagi. Sahabat yang berada di wilayah Jabodetabek, Bandung dan Surabaya bisa merasakan promo Mudik Penuh Berkah dari Garasi.id dengan Paket Jasa dan Servis selama masa periode 6 Mei sampai 5 Juli 2019. Pembelian paket Jasa dan Servis di Toko Garasi.id, Sahabat yang belanja mulai dari 250.000 rupiah sampai 500.000 rupiah bisa mendapatkan bonus e-voucher sebesar 100.000 rupiah. Dan untuk Sahabat yang belanja produk diatas 500.000 rupiah, bisa mendapatkan bonus e-voucher sebesar 250.000 rupiah.

Untuk pertanyaan lebih lanjut Sahabat bisa hubungi Customer Service Garasi.id di email Clara@garasi.id atau 0817-0250-888 pada hari Senin-Sabtu di jam kerja 08:00 - 17:00. Selamat memanjakan mobil kesayanganmu.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 09 Mei 2019 | 14:08 WIB
BAGIKAN