Mobil pribadi
Mobil pribadi

10 Keuntungan Pergi Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi

26 Des 2019 | 13:46 WIB

Sebentar lagi tahun 2019 akan segera berakhir. Momen ini banyak ditunggu-tunggu oleh banyak orang untuk berlibur untuk menghilangkan penat dari kesibukan mereka sehari-hari. Apalagi padatnya kesibukan di ibukota yang cenderung untuk memilih luar kota sebagai tempat menjernihkan pikiran dari kepadatan dan kesibukan megapolitan yang tidak pernah tidur. Suara ombak di pantai, udara segar pegunungan, hingga hiburan dari berbagai objek wisata seru lainnya sudah bisa dipastikan menjadi tempat untuk penat pekerjaan.

10 Keuntungan Pergi Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi

Mungkin kamu saat ini sedang berpikir, kemanakah libur akhir tahun ini? Atau justru sudah ada di tempat wisata karena mungkin ingin menghindari padatnya jalanan ketika bepergian. Di samping destinasi tempat dan tujuannya, kamu pasti akan menimbang-nimbang, moda transportasi apa yang tepat digunakan untuk pergi berlibur ke luar kota. Apakah menggunakan bus, kereta, pesawat, atau membawa mobil pribadi agar mudah ke mana-mana saat sudah sampai di objek tujuan.

10 Keuntungan Pergi Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi

Memang saat ini, pergi berlibur menggunakan mobil pribadi menjadi salah satu alternatif terbaik untuk pergi berlibur. Misalnya, dari Bandung ingin pergi berlibur ke Yogyakarta, Bali, Surabaya, Semarang dan kota-kota lainnya di Pulau Jawa yang sudah terintegrasi dengan jalan bebas hambatan. Sudah tentu ketika kamu telah sampai di tempat tujuan, kamu bisa mengeksplor secara bebas ketika menggunakan mobil pribadi. Namun, ternyata nih Sahabat, ada beberapa keuntungan ketika kamu ingin berlibur di luar kota dengan mobil pribadi, berikut penjelasannya.

Bebas mengatur jadwal perjalanan

10 Keuntungan Pergi Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi

Waktu yang fleksibel adalah keunggulan utama dari berlibur menggunakan mobil pribadi. Kamu tak perlu pusing memikirkan tiket kereta atau pesawat, dan bisa berangkat serta pulang sesuka hatimu. Selain itu mobil pribadimu juga bisa membantumu mencapai tempat-tempat rekreasi yang mungkin tak dilewati angkutan umum, jadi kamu lebih leluasa untuk menjelajah suatu kota.

Menghemat biaya makan

10 Keuntungan Pergi Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi

Apabila kamu ingin lebih menghemat dan memberikan suasana yang berbeda di perjalanan, bawa saja kompor mini. Jadi sewaktu-waktu kamu lapar, kamu bisa memasak bersama sahabat atau keluarga yang bepergian bersamamu. Tentunya ini akan membantumu menghemat pengeluaran selama berlibur.

Bisa melewati rute baru

10 Keuntungan Pergi Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi

Bagi kamu yang suka bertualang, menyetir dalam jarak jauh keluar kota pastinya sangat menyenangkan. Karena kamu bisa mengeksplorasi rute-rute baru dengan pemandangan yang tentunya menarik. Inilah salah satu manfaat lain berlibur menggunakan mobil pribadi, yakni kebebasan memilih rute, yang siapa tahu bisa mengantarmu ke tujuan lebih cepat.

Bebas menentukan ke mana pun akan pergi

10 Keuntungan Pergi Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi

Tanpa terikat jadwal dan rute transportasi umum, tentunya kamu bebas menentukan rencana perjalananmu. Itinerary yang tadinya sudah kamu susun pun bisa kamu ubah menyesuaikan dengan kondisi dan preferensi. Ini akan membuat liburanmu jadi lebih nyaman dan berkesan tentunya. Cocok sekali jika kamu adalah sosok yang tak menyukai diatur oleh rutinitas.

Bebas berhenti dimanapun

Kamu kerap penasaran dengan kuliner lokal? Nah, jika kamu membawa mobil pribadi kamu tinggal berhenti di tempat makan yang kamu mau untuk mencicipi kuliner setempat.

10 Keuntungan Pergi Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi

Praktis bukan? Jika kamu menyetir melewati banyak kota yang berbeda berarti kesempatanmu berburu kuliner lokal sangatlah banyak dan leluasa. Bahkan ini juga bisa dijadikan kesempatan untuk berburu oleh-oleh khas yang unik dan tidak biasa.

Lebih banyak tempat menarik untuk dikunjungi

10 Keuntungan Pergi Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi

Membawa mobil pribadi berarti lebih banyak akses untuk ke titik-titik wisata, apalagi jika daerah tersebut belum memiliki transportasi yang memadai. Selain itu kamu juga bisa memasukkan destinasi lain di luar destinasi utamamu. Misalnya sembari kamu menyetir ke kota tujuan, kamu melewati pusat rekreasi di kota tetangga, nah kamu bisa mengunjunginya sebentar sembari menambah pengalaman dan beristirahat.

Lebih aman

Menggunakan transportasi umum saat berlibur tentunya memiliki risiko tersendiri, seperti risiko kehilangan barang-barangmu akibat ditaruh di bagasi. Tentunya hal ini bisa dihindari dengan menggunakan mobil pribadi. Akan tetapi kamu juga tetap harus berhati-hati apabila mengendarai mobil pribadi saat berlibur. Karena kamu akan melewati rute-rute yang tidak kamu kenal.

10 Keuntungan Pergi Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi

Pastikan untuk selalu parkir di tempat ramai dan ada petugas parkirnya, jangan menyimpan barang-barang yang berharga di dalam mobil yang terparkir, lalu yang terpenting jangan meninggalkan anak kecil atau bayi dalam mobil tanpa orang dewasa.

Selain itu, liburan menggunakan mobil pribadi juga membutuhkan ketelitian dalam mempersiapkan mobil yang akan digunakan. Apa saja hal yang harus dipersiapkan, yuk simak di bawah ini. 

Cek kesehatan mobil pribadi

10 Keuntungan Pergi Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kesiapan mobil pribadi untuk melaju jarak jauh. Kesehatan mobil harus sangat diperhatikan, misalnya kondisi mesin, rem, oli, aki, shock breaker, ban, lampu-lampu dan sparepart lainnya. Apakah mereka masih dalam keadaan prima atau tidak. Karena kalau tidak, hal ini akan berakibat fatal pada perjalanan. Ada baiknya, sebelum pergi, lakukan servis terlebih dahulu kendaraan yang akan dibawa melancong.

Pastikan muatan tidak berlebih

Dengan siapa kamu akan berlibur? Dengan teman atau dengan keluarga? Berapa penumpang yang akan diangkut berlibur? Ini penting diperhitungkan karena mobil pribadi yang digunakan untuk perjalanan jauh jangan sampai melebihi kapasitas muatan agar aman selama perjalanan. 

10 Keuntungan Pergi Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi
Jangan sampai mobil sedan dengan kapasitas lima orang diisi 6-7 orang. Padahal idealnya 4-5 orang. Belum lagi barang bawaan. Sedangkan untuk jenis mobil minibus, idealnya 7-8 orang. Mobil dengan kelebihan muatan akan berjalan tidak stabil karena suspensi dan ban menerima beban berlebihan akibatnya kerja komponen tersebut menjadi tidak maksimal.

Perhatikan medan jalanan

10 Keuntungan Pergi Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi

Selalu perhatikan medan jalanan yang menjadi tujuan wisata kamu. Apakah itu pantai, pegunungan atau hanya sekedar menjelajah perkotaan. Jika melewati medan pegunungan dimana banyak tanjakan yang curam, alangkah baiknya Sahabat tidak membawa beban yang berat karena akan membebani mesin.

Gunakan aplikasi penunjuk jalan

Ketika berlibur menggunakan mobil pribadi, alangkah baiknya kamu sudah terlebih dahulu mengunduh aplikasi penunjuk jalan. Bisa saja tempat destinasi wisata yang akan kamu tuju ternyata macet dan aplikasi penunjuk jalan sudah bisa dipastikan akan memberitahukan jalan alternatif lain sehingga kamu lebih hemat waktu dan bisa mengunjungi tempat wisata lainnya.

10 Keuntungan Pergi Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi

Lewat maps atau aplikasi peta digital, mereka akan dengan mudah menemukan jalur ke suatu tempat. Hal ini perlu dicontoh untuk melakukan perjalanan jauh dengan mobil pribadi.

Koleksi Mobil Pilihan

10 Keuntungan Pergi Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi

Biar perjalanan kamu lebih aman, nyaman sehingga kamu bisa hunting foto untuk diposting di instagram atau media sosial lainnya, Garasi.id punya koleksi mobil yang oke lho. Mobil-mobil yang ada di dalam koleksi Mobil Pilihan adalah mobil yang memiliki kondisi terbaik, baik dari kilometer yang sudah pasti rendah, umur mobil yang muda dan tentunya sudah di inspeksi oleh Garasi.id. Jadi jangan khawatir, karena sudah bisa dipastikan, perjalanan kamu akan selalu nyaman dan aman. 

Foto: Garasi.id