Ada Cara Khusus Melepas Dan Memasang Ban Serep Mobil
Ada Cara Khusus Melepas Dan Memasang Ban Serep Mobil

Pentingnya Mengetahui Cara Perawatan Ban Serep Mobil

11 Nov 2022 | 11:00 WIB

Setiap pemilik mobil pastinya harus mengerti hal yang satu ini, yaitu bagaimana cara mengganti ban saat berkendara tiba-tiba ban mobil kempes di jalan. Sebagai pemilik kendaraan wajib bisa mengganti ban kempes dengan ban serep mobil.

Maka Sahabat harus memahami cara melepaskan dan memasang roda mobil. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk mengganti ban, selain itu ada beberapa tipe velg yang harus diketahui sebelum membuka ban.


Ketahui Cara Merawat Dan Mengganti Ban Mobil

Ketahui Cara Merawat Dan Mengganti Ban Mobil


Cara merawat ban serep mobil bisa membuat ketahanannya jadi lebih baik. Dengan mempraktekkan cara merawat yang tepat, maka ban serep mobil bisa siap pakai kapan saja membutuhkannya. Untuk mengetahui tips perawatan mobil ini secara lebih lengkap, Sahabat bisa cek ulasan berikut.

  • Pakai Pelindung Ban

Salah satu caranya ialah dengan menggunakan pelindung ban atau cover. Dengan menggunakan cover, maka ban serep bisa terjaga kebersihannya. Hal ini sama saja juga berupaya menjaga kualitasnya.

Tak hanya melindungi ban dari berbagai kotoran, debu, ataupun lainnya, akan tetapi juga menjaga ban dari terpaan sinar matahari dan guyuran hujan. Perlu untuk Sahabat ketahui, kualitas ban memang bisa menurun apabila terganggu dengan beragam masalah tersebut.

  • Cek Usia Pakai Ban

Selain menggunakan pelindung, Sahabat juga bisa coba cara merawat ban serep dengan mengecek usia ban mobil. Hal ini karena usia pakai ban sangat berpengaruh terhadap kualitasnya. Pada dasarnya, ban memiliki usia pakai sampai 4 tahun.

Usia ban ini berlaku dalam kondisi normal dengan hitungan sejak awal masa produksinya. Apabila sudah melewati batas usia maksimal, maka perlu segera menggantinya dengan ban baru. Meski belum pernah terpakai sekalipun, jika sudah tak layak pakai, jangan memaksakannya.

Apabila Sahabat tak segera menggantinya, maka bisa menimbulkan banyak risiko. Mulai dari kerusakan komponen hingga menyebabkan kecelakaan.

  • Rotasi Ban Secara Rutin

Cara merawat ban serep selanjutnya yaitu dengan melakukan rotasi ban mobil secara rutin. Bukan tanpa alasan karena ban yang jarang terpakai bisa menurunkan tingkat elastisitas ban serep. Akibatnya, karet ban jadi terasa lebih keras.


Lakukan Spooring Dan Balancing Secara Berkala

Lakukan Spooring Dan Balancing Secara Berkala


Jika kondisinya sudah demikian, maka perputaran ban akan terasa kurang optimal. Oleh karena itu, perlu melakukan rotasi ban dengan mengganti keempat ban secara berkala.

Baca Juga: Mobil Usia 5 Tahun Sudah Mulai Butuh Perhatian

  • Menjaga Kecepatan Mobil

Ban serep juga bisa Sahabat rawat dengan menjaga kecepatan laju mobil. Pasalnya, kecepatan mobil memberikan pengaruh besar terhadap performa dan ketahanan ban. Maka dari itu, pastikan kendaraan bisa melaju dengan kecepatan sesuai dan stabil.

Jangan melebihi batas kecepatan yang disarankan. Hal ini membuat ban bekerja terlalu ekstra saat berputar sekaligus bersentuhan dengan jalanan. Lambat laun performa mobil juga menurun.

  • Rutin Bersihkan Ban

Walau terdengar sederhana, namun cara merawat ban serep mobil ini sangatlah penting. Sahabat harus membersihkan ban secara teratur. Pasalnya, ban yang kotor atau berdebu akan membuatnya seret ketika digunakan.

Terlebih lagi jika ban serep tak Sahabat lindungi dengan cover. Mengenai bagaimana cara membersihkannya, kamu bisa memanfaatkan pelembab khusus. Selain menjaga kebersihan ban, cara ini juga bisa menjaga kualitasnya.

  • Posisi Pemasangan

Merawat ban serep juga dapat Sahabat lakukan dengan cara memperhatikan posisi pemasangannya. Dalam memasang, kamu memang tak boleh melakukannya secara sembarangan. kamu harus cermati kualitas sekaligus kondisi ban terlebih dahulu.

Apabila kondisinya sudah mulai menipis, maka bisa pasang di bagian belakang ketika ingin menggunakannya. Adapun tujuannya ialah supaya menghindari oversteering. Apabila diletakkan di depan, ban berisiko pecah ataupun bocor saat di jalanan.

Baca Juga: Jangan Sampai Kelewat! Segera Servis Mobil Kamu

  • Periksa Tekanan Angin

Sahabat harus memeriksa tekanan anginnya dengan tepat dan rutin. Pastikan tekanan anginnya cukup agar siap pakai kapan saja kamu membutuhkannya. Pada dasarnya, tekanan anginnya tetap bisa berkurang meski tak digunakan. Hal tersebut penyebabnya tak lain ialah pori-pori yang ada di permukaan karet ban. Pori-pori tersebut bisa mengeluarkan angin yang ada di dalam ban. Untuk pemeriksaannya, bisa cek sebulan sekali.

Saat Sahabat mengeceknya ternyata memang kurang angin, maka bisa segera menambahnya. Cek dan pastikan tak ada kebocoran ataupun masalah lainnya. Jangan sampai kamu rugi karena tak bisa menggunakan ban serep saat membutuhkannya. Ada banyak cara merawat ban serep mobil yang bisa Sahabat lakukan. Dengan memberikan perawatan, maka ban bisa selalu dalam kondisi prima. Kapan saja butuh ban serep pun tak perlu membeli lagi sehingga lebih hemat budget.

Pentingnya Mengetahui Cara Perawatan Ban Serep Mobil

Sering atau tidaknya Sahabat melakukan service mobil akan berpengaruh pada performa kendaraan. Jadi segera kunjungi web www.Garasi.id dan nikmati Promo November Diskon Pasti 100Ribu untuk jasa layanan servis mobil, ganti oli, perawatan AC hingga detailing interior maupun eksterior mobil agar seluruh komponen mobil kesayangan Sahabat bisa kembali dalam keadaan prima. Yuk, lakukan penjadwalan jasa servis mobil Sahabat melalui Whatsapp Clara di Garasi.id sekarang. 


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 11 Nov 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family