Ban mobil kempes
Ban mobil kempes

Mitos atau Fakta, Ban Mobil Kempes Tiba-Tiba Karena Mobil Jarang Digunakan

16 Agt 2021 | 10:16 WIB

Himbauan pemerintah untuk #DiRumahAja karena #CoronaMasihAda membuat mobil kita tidak digunakan seperti biasanya. Setelah sebelumnya dibahas perawatan mobil apa yang perlu dilakukan agar tetap optimal, kali ini Garasi.id akan memberikan informasi mengenai gejala unik pada mobil yang terjadi akibat dibiarkan diam terlalu lama. 

Ban mobil kempes saat parkir terlalu lama adalah hal yang wajar!

Pernahkah ban mobil kalian kempes dengan sendirinya saat diparkir di garasi mobil atau parkiran rumah kalian dalam jangka waktu yang lama (lebih dari 1 minggu)? Nah, itu adalah hal yang wajar Sahabat, karena penurunan suhu yang berubah-ubah antara suhu udara, permukaan tanah dan tekanan angin ban. 

Ban Mobil Kempes Tiba-Tiba Karena Mobil Jarang Digunakan. Mitos atau Fakta?

Dalam Hukum Gay-Lussac dinyatakan bahwa "Dalam ruang tertutup dan volume dijaga tetap, tekanan gas akan sebanding dengan suhu gas". Nah, berdasarkan hukum tersebut, kita dapat membayangkan, pada suhu yang tinggi akan menyebabkan tekanan juga akan semakin tinggi. Contohnya adalah seperti kita membiarkan balon gas pada suhu yang tinggi (di bawah sinar matahari), lama kelamaan balon tersebut akan pecah yang disebabkan terjadinya peningkatan tekanan di dalam balon. Sebaliknya, ketika suhu rendah, secara otomatis tekanan juga akan menurun. Itulah yang terjadi pada ban mobil, ketika suhu dingin terjadilah penurunan suhu sehingga menyebabkan tekanan pada ban juga akan menurun dan ban akan kempes.

Ban Mobil Kempes Tiba-Tiba Karena Mobil Jarang Digunakan. Mitos atau Fakta?

Selain itu, ban juga bisa kempes disebabkan karena terjadinya pengerutan. Ban mobil terbuat dari material karet dimana karet bisa mengalami pengerutan pada suhu yang dingin. Ketika karet ban mobil mengerut, terbentuklah ruang kosong di antara ban dan velg sehingga udara di dalam ban keluar dengan sendirinya. Jadi jangan kaget ya Sahabat, tetapi ingat angin dalam ban akan keluar hingga ban mobil kempes dalam waktu yang lama dengan catatan mobil tidak pernah digunakan.

Ban mobil kempes, cek hal berikut

Lalu, bagaimana jika hanya dalam kurun waktu yang singkat ban mobil kalian kempes? Berikut kemungkinan penyebab ban mobil kalian kempes dalam waktu yang singkat.

Kerusakan lubang angin ban mobil

Ban Mobil Kempes Tiba-Tiba Karena Mobil Jarang Digunakan. Mitos atau Fakta?

Biasanya disebabkan adanya celah yang cukup longgar untuk angin keluar di kerusakan pentil ban. Kerusakan dari pentil ini rata-rata disebabkan karena umur pakai, seperti karat, Kemungkinan lainnya dari karet yang menjadi perapat antara pentil dengan pelek. Jika sudah terlalu lama, akan getas dan menjadi jalur keluar angin.

Tutup lubang angin ban mobil hilang

Ban Mobil Kempes Tiba-Tiba Karena Mobil Jarang Digunakan. Mitos atau Fakta?

Jika pentil tidak ditutup, jangan aneh jika tiba-tiba tekanan angin berkurang padahal kondisi ban masih baik. Kita tidak pernah tahu apa yang mengenai pentil saat mobil berjalan. Maka itu tutup pentil jadi penting, sekaligus untuk mencegah kotoran masuk ke pentil.

Kondisi pelek ban mobil

Ban Mobil Kempes Tiba-Tiba Karena Mobil Jarang Digunakan. Mitos atau Fakta?

Lihat secara detail, apakah ada peyang atau gangguan lainnya di pelek. Terutama pada bidang yang berhubungan langsung dengan ban. Agak sulit diperiksa jika pelek peyang di bagian dalam. Bagaimana jika setelah dicek ternyata pelek juga masih terbilang masih bagus? Coba bawa ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan pelek, siapa tahu ada keretakan kecil di bagian dalam pelek.

Tambalan pada ban mobil tidak sempurna

Ban Mobil Kempes Tiba-Tiba Karena Mobil Jarang Digunakan. Mitos atau Fakta?

Pernahkah kalian mengalami ban bocor karena paku atau benda tajam lainnya yang mengharuskan untuk menambal ban tersebut? Jika saat melakukan penambalan sang mekanik bekerja dengan rapi dan teliti tentunya tambalan tersebut akan bertahan lama. Namun jika dilakukan dengan tidak teliti, bisa jadi ban kembali bocor hingga menyebabkan ban mobil kempes. 

Retakan pada dinding dan tapak ban mobil

Ban Mobil Kempes Tiba-Tiba Karena Mobil Jarang Digunakan. Mitos atau Fakta?

Pernahkah kalian melihat ban mobil yang sudah kadaluarsa dengan tanda-tanda karet pada dinding dan tapak ban timbul banyak retakan. Retakan akan membuat angin di dalam ban mobil keluar karena dinding ban tidak mampu menahan tekanan angin di dalam ban mobil. Oleh karena itu selalu lakukan pengecekan ban dan rawat ban mobil kalian ya Sahabat.

Foto: Garasi.id 


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 16 Agt 2021 | 10:16 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

banmobilbanmobilkempesbankempestipsotomotifperawatanban
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family