Penyebab Spion Elektrik Tidak Berfungsi
Penyebab Spion Elektrik Tidak Berfungsi

Penyebab Spion Elektrik Tidak Berfungsi

02 Mar 2022 | 11:00 WIB

Spion memiliki fungsi yang cukup krusial, tak hanya digunakan untuk pindah jalur saja, namun spion juga memiliki fungsi untuk berbelok ke kiri maupun ke kanan dan memastikan tidak ada kendaraan lain yang ingin menyalip atau berbelok. Selain itu spion juga bisa sebagai pemanis atau pelengkap bentuk mobil. Di Jaman canggih sekarang ini mengatur kaca spion dapat dilakukan dengan sangat mudah, semudah hanya dengan menekan tombol karena ada jenis spion elektrik mobil.


Penyebab Spion Elektrik Tidak Berfungsi

Penyebab Spion Elektrik Tidak Berfungsi


 

Untuk mobil-mobil keluaran terbaru atau mobil-mobil dengan tipe tertinggi pasti menyematkan fitur spion elektrik untuk memanjakan para konsumennya. Spion elektrik mobil dirancang untuk memudahkan pengendara mobil dalam menyeting posisi kaca tanpa repot harus membuka jendela. Tombol kontrol pengaturan spion biasanya berada di samping kanan setir kemudi, pada tombol tersebut biasanya ada pilihan setting spion kiri atau kanan, kaca ingin lebih kedalam atau ke luar. Semua setting posisi yang diharapkan bisa mudah diaplikasikan hanya dengan tombol. 

 

Tetapi semua kemudahan bukan berarti tidak dirawat loh. Karena pengoperasiannya secara elektronik maka perlu diperhatikan beberapa hal agar alat ini awet. Permasalahan yang sering timbul dari Spion elektrik mobil ini ialah breket spion tidak mau menutup atau membuka ketika tombol dioperasikan.

 

Jika Sahabat mendapati masalah seperti ini, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan:

 

1. Cek sekring apakah putus atau tidak.

 

2. Jika kondisi sekring tidak putus maka bisa dicoba dengan menghidupkan kembali mesin mobil.

 

3. Lalu, tutup dan buka kaca spion secara manual. Namun langkah ini harus dilakukan secara perlahan agar tidak merusak gear di dalamnya.

 

4. Jika cara ini tidak berhasil, diperkirakan ada kerusakan pada bagian motor kaca spion. Lakukan pengecekan ke bengkel resmi atau bengkel spesialis kaca spion. Karena jika sudah menyangkut komponen yang berfungsi menggerakkan breket itu perlu penanganan dari orang yang sudah ahli.

 

Kalau sudah tau masalah spion elektrik mobil yang sering timbul dan cara mengatasinya. Kini Sahabat juga perlu tau nih cara merawatnya biar spion elektrik mobil kamu panjang umur. 

 

Tips merawat spion elektrik mobil 

Perawatan ini sebaiknya dilakukan, terutama saat musim hujan. Melansir Kompas, perawatan spion elektrik biasanya terkonsentrasi pada motor dan gear yang ada dalam spion. Sahabat harus memastikan tidak ada air atau lumpur yang terperangkap di dalam. 

 

1. Jangan biarkan lumpur masuk

Perawatan pertama yang bisa dilakukan pada spion elektrik mobil Sahabat yakni menjaga spion terbebas dari lumpur yang bisa menempel pada motor elektrik. Segera bersihkan motor menggunakan campuran sabun jika lumpur terlanjur mengering.

 

2. Pastikan rongga gerak spion bersih

Merawat spion elektrik mobil juga bisa dilakukan dengan membersihkan bagian rongga gerak spion agar motor elektrik dan bagian engsel spion tidak mengalami karat. Semprotkan cairan pelindung karat pada beberapa bagian yang bergerak. 

 

3. Berikan pelumas

Perawatan selanjutnya untuk spion elektrik mobil yang bisa Sahabat lakukan adalah memberikan pelumas pada beberapa bagian spion elektrik, terutama gigi-gigi penggerak agar bisa bekerja dengan optimal. Karena dengan adanya pelumas, maka kinerja gigi penggerak akan jadi semakin mudah dan ringan. 

 

4. Segera lap spion sehabis hujan

Air hujan bisa menyebabkan karat pada motor gerak spion. Karat menjadikan spion sulit digerakkan dan diatur. Untuk itu, segera keringkan spion sesaat setelah terkena hujan agar tidak membentuk karat. Namun, jika karat sudah terlanjur menempel, lepaskan spion dari posisinya dan kemudian bersihkan bagian rongganya dengan kuas kecil atau campuran vinegar dan air, ukurannya perbandingan 2:1. 

 

Nah Sahabat, itulah info seputar spion elektrik mobil mulai dari fungsi, masalah yang sering timbul, dan juga tips perawatan agar spion elektrik mobil Sahabat dalam kondisi yang optimal. 

 

 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 02 Mar 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifspionmobil