Mobil mesin diesel vs mobil mesin bensin
Mobil mesin diesel vs mobil mesin bensin

Perbedaan Mesin Mobil Diesel dan Mesin Mobil Bensin yang Perlu Diketahui

24 Mei 2020 | 15:49 WIB

Momen membeli mobil bekas seringkali dihadapkan dengan berbagai pertimbangan. Salah satu pertimbangan yang cukup membingungkan adalah memilih mobil mesin diesel atau mobil mesin bensin. Keduanya sama sama memiliki keunggulan yang baik dan tidak merugikan. Hingga saat ini, mobil mesin diesel atau mobil mesin bensin mana yang lebih baik dan mana yang lebih buruk masih sebatas selera dari masing-masing konsumen. Namun, ada beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui, yuk simak di bawah ini.

Bahan bakar

Perbedaan Mesin Mobil Diesel dan Mesin Mobil Bensin yang Perlu Diketahui

Perbedaan mendasar dari mesin mobil diesel dan mesin mobil bensin terletak pada jenis bahan bakar yang digunakannya. Mesin mobil diesel menggunakan solar, sedangkan mesin mobil bensin tentu saja menggunakan bensin. 

Performa Mesin

Perbedaan lain dari mesin mobil diesel dan mesin mobil bensin terletak pada performanya. Dari segi performa, mesin mobil diesel lebih unggul dibandingkan mesin bensin. Mesin mobil diesel biasanya memiliki torsi yang sangat besar. Sedangkan mesin mobil bensin lebih unggul pada akselerasi dan tenaganya yang responsif. Mengapa?

Perbedaan Mesin Mobil Diesel dan Mesin Mobil Bensin yang Perlu Diketahui

Pada mesin mobil bensin, proses pembakaran menggunakan busi. Campuran udara dan bensin yang dikompresi ini dibakar menggunakan percikan api dari busi. Nah, sedangkan pada mesin mobil diesel proses pembakaran tidak menggunakan busi melainkan menggunakan sistem kompresi mesin. Oleh karena itu, mesin mobil diesel sering juga disebut compression ignition engine sedangkan mesin bensin dipanggil spark ignition engine.

Efisiensi BBM

Jika dilihat dari efisiensi, mesin mobil diesel cenderung jauh lebih efisien daripada mesin mobil bensin. Hal ini disebabkan oleh kompresi mesin yang tinggi pada mesin diesel untuk menghasilkan torsi yang besar. Kompresi mesin yang tinggi pun akan menghasilkan panas yang lebih sedikit, sehingga lebih efisien.

Perbedaan Mesin Mobil Diesel dan Mesin Mobil Bensin yang Perlu Diketahui

Namun baik mesin mobil diesel dan mobil mesin bensin sama-sama memiliki efisiensi yang baik. Tidak mungkin produsen mobil yang merugikan kamu bukan? Tapi ingat, agar mobil selalu efisien selalu lakukan perawatan secara berkala dan gunakan selalu BBM yang dianjurkan.

Keamanan

Mobil mesin diesel di era modern sudah dilengkapi teknologi canggih yang membutuhkan sistem kelistrikan yang memadai. Meskipun tahan terhadap banjir, sebaiknya pengemudi tetap waspada. Jangan menerjang banjir dengan kecepatan tinggi karena air tetap bisa masuk ke dalam mesin. Apalagi mesin mobil mesin bensin, dimana banyak komponen kelistrikan yang akan fatal akibatnya jika terendam air seperti busi, ECU dan komponen lainnya.

Perbedaan Mesin Mobil Diesel dan Mesin Mobil Bensin yang Perlu Diketahui

Selain itu,  sifat bahan bakar mobil bensin termasuk yang mudah terbakar. Oleh karena itu, apabila ada kebocoran sedikit di selang bensin tentunya dapat membahayakan pengemudi mobil. Potensi mesin bensin terbakar lebih besar dibandingkan dengan diesel.

Kesimpulan

Nah dari beberapa perbedaan di atas, baik mesin mobil diesel maupun mesin mobil bensin ternyata memiliki kelemahan dan kelebihan sendiri. Apa saja itu? Mari simak beberapa perbedaan kelebihan dan kelemahan mobil mesin diesel dan mobil mesin bensin di bawah ini. 

Perbedaan Mesin Mobil Diesel dan Mesin Mobil Bensin yang Perlu Diketahui

Kelebihan mesin mobil bensin

  • Akselerasi mesin lebih responsif dan minim polusi
  • Suara mesin halus
  • Mudah untuk memahami gejala kerusakan mesin bensin
  • Pilihan mobil lebih banyak

Kekurangan mesin mobil bensin

  • Torsi maksimal didapat di putaran mesin tinggi
  • Mesin lebih rentan jika menerobos banjir atau terendam air. 
  • Jika menggunakan bensin tidak sesuai oktan yang dianjurkan, rentan terhadap gejala knocking mesin.

Perbedaan Mesin Mobil Diesel dan Mesin Mobil Bensin yang Perlu Diketahui

Kelebihan mesin mobil diesel

  • Torsi mesin mobil diesel sangat besar
  • Jauh lebih irit BBM ketimbang mesin mobil bensin
  • TIdak perlu khawatir menerobos banjir / terendam air karena komponen kelistrikan di mesin sedikit
  • Mesin lebih tahan lama ketimbang mesin mobil bensin (jika dirawat dengan baik).

Kekurangan mesin mobil diesel

  • Suara mesin mobil diesel tidak sehalus mesin mobil bensin.
  • Jika komponen injektor diesel terendam air, mobil lebih sulit diperbaiki.
  • Akselerasi mobil diesel lambat. Namun kini, pabrikan sudah banyak mengaplikasi turbocharger untuk memperoleh tenaga spontan.
  • Pajak cukup tinggi, karena kapasitas mesin diesel yang lebih besar ketimbang mesin mobil bensin.

Nah bagaimana Sahabat, sudah paham bukan apa saja kelebihan dan kelemahan dari mesin mobil diesel maupun mesin mobil bensin. Ingat, baik mobil diesel atau bensin akan sama-sama menguntungkan kamu jika selalu dirawat dengan baik. Untuk Sahabat yang sedang mencari mobil diesel atau mobil bensin, kamu bisa mendapatkannya di Garasi.id. 

Perbedaan Mesin Mobil Diesel dan Mesin Mobil Bensin yang Perlu Diketahui

Di Garasi.id baik mobil mesin diesel atau mobil mesin bensin bisa kamu pilih sesuai dengan selera kamu. Walaupun mobilnya bekas, membeli mobil di Garasi.id untungnya berlipat ganda. Kamu bisa mendapatkan mobil bekas yang umurnya masih muda, kilometer tempuh-nya rendah, garansi 1 tahun untuk 200 komponen dan tentunya sudah melewati tahapan inspeksi secara menyeluruh dan mendetail. Semua itu bisa kamu dapatkan di Mobil Pilihan Garasi.id.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa melakukan berbagai macam perawatan lengkap dengan berbagai promo menguntungkan di Garasi.id. Jadi tunggu apalgi, yuk kunjungi Garasi.id sekarang. 

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 24 Mei 2020 | 15:49 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mesindieselmesinbensinbensindieseltoyotahondafortunercrvsolarbensinbahanbakar