Transmisi mobil matic dan manual
Beda Transmisi mobil

Tidak Sama, Ini Beda Transmisi Mobil Matic dan Manual

20 Mei 2021 | 10:19 WIB

Saat pertama kali membeli mobil bekas, ada beberapa hal yang patut dijadikan pertimbangan. Hal kecil seperti transmisi mobil yang digunakan pun kadang membuat kamu menjadi bingung bukan?. Jika dibandingkan, kamu lebih memilih mobil transmisi matic (otomatis) atau transmisi manual ?

Transmisi Mobil Matic dan Manual, Ini Perbedaannya!

Baik mobil transmisi matic dan manual, sebenarnya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Pilihan tersebut sendiri tergantung pada kenyamanan serta kebutuhan kamu dalam berkendara sehari-hari. Nah biar kamu tidak ragu ketika ingin membeli mobil bekas, Garasi akan menjelaskan apa saja sih perbedaan mobil matic dan mobil manual.

Mengenal Transmisi Mobil Matic dan Manual


Mungkin banyak dari kamu yang belum mengenal betul mengenai transmisi mobil matic dan transmisi manual yang digunakan pada kendaraan, termasuk mobil. Mobil transmisi manual sendiri umumnya memiliki enam jenis gigi percepatan, lima untuk melaju ke depan dan satu untuk berjalan ke belakang.

Transmisi Mobil Matic dan Manual, Ini Perbedaannya!

Berbeda dengan transmisi mobil manual yang harus menggunakan kopling saat mengoper gigi, transmisi mobil matic memiliki sistem yang lebih simpel dan gigi yang lebih sedikit. Transmisi mobil matic ini pun dibagi menjadi dua jenis yaitu semi otomatis dan otomatis.

Transmisi Mobil Matic dan Manual, Ini Perbedaannya!

Keduanya memiliki perbedaan yang tidak terlalu mencolok. Transmisi mobil semi matic, yang biasanya ditemukan pada mobil keluaran terbaru, berfungsi seperti transmisi manual di mana perpindahan gigi masih dilakukan oleh pengemudi tapi tanpa melibatkan kopling.

Baca : Waspada Velg Palsu, Begini Cara Mengenalinya

Sementara itu, pada transmisi mobil matic (otomatis) perpindahan bergerak secara otomatis tanpa perintah pengemudi. Supaya lebih jelas, mari simak penjelasan di bawah ini.

Perbedaan Jenis Sistem Transmisi Mobil


Salah satu perbedaan transmisi mobil matic dan manual yang bisa di terawang dan paling mencolok adalah pada sistem perpindahan giginya. Dimana untuk transmisi mobil manual perpindahan giginya dilakukan dengan si pengendara harus menginjak kopling dan menggeser tuas persneling untuk bisa menaikkan atau menurunkan gigi transmisi.

Transmisi Mobil Matic dan Manual, Ini Perbedaannya!

Sedangkan pada transmisi mobil matic jelas perpindahan giginya dilakukan menggunakan alat yang dikenal dengan gearbox. Bahkan dengan tingginya peningkatan teknologi yang semakin maju sampai dengan saat ini, tercatat setidaknya saat ini sudah ada 6 jenis transmisi matic atau automatik yang umumnya digunakan para pabrikan otomotif untuk mobil yang mereka produksi. 

Perbedaan Sistem Transmisi Mobil Dari Pengoperasiannya


Perbedaan transmisi mobil matic dan manual selanjutnya juga bisa dilihat dari pengoperasian-nya. Sistem transmisi mobil manual mengharuskan semua bagian tubuh dari kaki hingga tangan bekerja secara bersama.

Kaki kanan digunakan untuk menginjak rem dan juga gas sementara kaki kiri biasanya digunakan untuk menginjak pedal kopling. Selain itu, tangan kiri pun harus selalu aktif karena digunakan untuk menggerakkan tuas transmisi untuk memindahkan giginya.

Transmisi Mobil Matic dan Manual, Ini Perbedaannya!

Sementara untuk transmisi mobil matic bisa dibilang jauh lebih mudah untuk digunakan karena hanya membutuhkan satu kaki saja untuk menggerakkan mobil. Yang mana kaki kanan tersebut akan bertugas untuk menginjak pedal gas dan juga pedal rem.

Selain itu tangan kirinya pun akan jauh lebih terasa lebih leluasa untuk melakukan kegiatan lain karena memang hampir jangan digunakan meski pada saat proses pemindahan gigi sekalipun. 

Perbedaan Transmisi Mobil dari Segi BBM


tips mobil matic

Selanjutnya jika dilihat dari segi penggunaan bahan bakar juga berbeda. Yang dimana umumnya transmisi mobil matic akan lebih boros apabila kita bandingkan dengan jenis mobil manual.

Namun walaupun dikategorikan boros, terkadang tetap masih banyak orang yang menjadikan mobil matic sebagai pilihannya, karena dianggap lebih simple dalam penggunaannya. 

Perbedaan Transmisi Mobil dari Segi Kenyamanan


Transmisi Mobil Matic dan Manual, Ini Perbedaannya!

Perbedaan mobil matic dan manual yang selanjutnya juga bisa terlihat dari segi kenyamanan-nya. Seperti diatas kami banyak sampaikan, dalam penggunaan mobil matic bisa dikatakan lebih nyaman karena memang dalam pengoperasian-nya kita sebagai pengemudi tidak harus memikirkan perpindahan gigi transmisi karena memang sudah didesain untuk bekerja secara otomatis mengikuti putaran mesin dan juga beban.

Perbedaan Jenis Transmisi Mobil dari Segi Perawatan


Jika dilihat dari segi perawatan, mungkin kami bisa katakan masih lebih unggul transmisi mobil manual karena dalam hal ini biaya perawatan yang dikeluarkan tidak terlalu besar dan banyak. Berbeda jika dibandingkan dengan jenis transmisi mobil matic yang menggunakan sistem transmisi mobil otomatis harga sparepart ataupun komponen-komponen lainnya lebih mahal.

Transmisi Mobil Matic dan Manual, Ini Perbedaannya!

Disamping itu setiap kali transmisi mobil matic menempuh jarak 50.000 km juga harus dilakukan pergantian plat kopling otomatis agar performa transmisi mobil selalu terjaga.  Nah untuk memudahkan memahami perbedaan transmisi mobil matic atau transmisi manual berikut ulasannya. 

Kelebihan Jenis Transmisi Mobil Manual:

  • Jelas mobil jenis ini mampu menawarkan akselerasi yang lebih baik
  • Memiliki kenyamanan yang lebih karena bisa disesuaikan dengan keinginan setiap pengemudi nya.
  • Jelas jauh lebih irit dalam penggunaan bahan bakar.
  • Biaya perawatan pun jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil matic.

Kekurangan Jenis Transmisi Mobil Manual:

  • Untuk para pemula yang baru saja dan sedang belajar mengemudi mobil harus benar-benar hafal pedal rem, kopling dan gas.
  • Bisa dikatakan pengemudi juga akan lebih cepat lelah.
  • Kurang nyaman ketika digunakan saat berkendara dalam kemacetan, terkecuali bagi mereka yang menginginkan sensasi dalam berkendara.

Kelebihan Jenis Transmisi Mobil Matic:

  • Pengoperasian-nya lebih nyaman dan lebih praktis yang akan membuat setiap pengendara tidak mudah lelah dan capek.
  • Akan lebih mudah dikendarai meskipun merupakan pengguna mobil baru yang masih dalam tahapan belajar.
  • Jauh lebih bisa diandalkan jika dikendarai di jalanan yang rawan macet.
  • Masih memiliki harga jual yang tinggi meskipun statusnya merupakan mobil bekas.

Kekurangan Jenis Transmisi Mobil Matic:

  • Salah satu yang menjadi kekurangan mobil matic adalah harga beli yang masih cukup tinggi saat ini.
  • Jika kamu mencari perbedaan jenis transmisi mobil matic dan manual, tentu saja mobil matic masih kurang akselerasinya bila di gunakan di jalanan yang menanjak bila dibandingkan dengan mobil dengan transmisi manual.
  • Mobil matic juga tidak memiliki engine brake yang bagus seperti mobil manual sehingga kita sebagai pengguna harus lebih berhati-hati saat menggunakan rem terlebih lagi disaat berada di jalanan yang menurun.
  • Lebih boros dalam konsumsi bahan bakarnya.
  • Lebih sering diperlukan pergantian oli transmisi.

So Sahabat, jadi sudah paham kan kelebihan masing-masing transmisi mobil matic dan manual, jika sudah paham dan di Garasi.id banyak lho pilihan mobil bertransmisi manual atau matic. Jenis-jenis mobilnya juga beragam, ada sedan, SUV, MPV city car dan masih banyak lagi yang bisa kamu temukan di Garasi.id.

Transmisi Mobil Matic dan Manual, Ini Perbedaannya!

Walaupun bekas, mobil-mobil di Garasi.id memiliki kualitas yang sangat baik kok, jadi kamu tidak perlu takut ketika kamu memilih transmisi mobil matic atau transmisi manual. Kamu akan mendapatkan mobil dengan kondisi paling optimal sehingga kamu tidak perlu takut akan kondisinya.

Beli Mobil Hanya DP 25% di Garasi.id

Tidak Sama, Ini Beda Transmisi Mobil Matic dan Manual

Beli mobil tidak harus baru, belilah mobil sesuai dana yang ada. Membeli mobil bekaspun tidak selalu buruk Sahabat, banyak di Garasi.id mobil pre-owned yang memiliki kondisi baik dengan harga terjangkau, dan akan semakin terasa ringan dengan adanya promo DP 25% ketika membeli Mobil Pilihan di Garasi.id. Hanya perlu membayarkan DP hingga 25% dari harga mobil, Sahabat sudah bisa bawa pulang mobil impianmu. 

Cara Mendapatkan Promo DP 25%

Untuk bisa merasakan promo DP 25%, Sahabat bisa mengajukan pembelian unit Mobil Pilihan dengan fitur Kredit Kilat. Dengan fitur ini kamu bisa mengajukan pembiayaan kredit mobil lebih mudah. Hebatnya lagi, kamu hanya memerlukan waktu kurang dari 2 menit untuk bisa mengetahui kredit kamu memenuhi kriteria atau tidak. Dengan keunggulan tersebut, Garasi.id menjadi satu-satunya marketplace jual beli mobil bekas yang berani memberikan kredit mobil tercepat.

Mengajukan pembiayaan mobil dengan kredit kilat Sahabat akan mendapatkan keuntungan seperti halnya :

1. Hasil Cepat

Kamu akan mendapatkan hasil pengajuan dari kredit mobil hanya dalam 2 menit setelah kamu melengkapi semua data.

2. DP Ringan

Besaran DP yang harus dibayarkan untuk mendapatkan mobil bekas idaman kamu sangat ringan dibanding produk pembiayaan lainnya.

3. Proses Mudah

Kamu bisa mengajukan kredit mobil dari mana saja, bisa melalui smartphone atau bisa juga melalui desktop kamu.

Itulah solusi membeli mobil bekas berkualitas dengan kredit mobil DP Ringan dari Garasi.id. Buat Sahabat yang tertarik membeli mobil dengan DP 25%, bisa langsung hubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di [email protected].

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 20 Mei 2021 | 10:19 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family