modifikasi Mobil
Modifikasi Pelek Mobil

Waspada Velg Palsu, Begini Cara Mengenalinya

23 Feb 2020 | 13:01 WIB

Mengganti velg mobil merupakan cara termudah untuk mempercantik tampilan mobil Sahabat. Dengan memilik velg mobil yang tepat,maka mobil akan terlihat jauh lebih keren dibanding versi pabrikan. Para penjual velg pun bisa ditemui dengan mudah, lengkap dengan berbagai model serta jenis velgnya. Begitu pula dengan harganya, sangat beragam.

Waspada Pelek Palsu, Begini Cara Mengenalinya

Hanya saja, harga velg mobil ini lumayan merogoh kocek. Sehingga banyak pihak yang memanfaatkan hal ini dengan membuat velg mobil replika. Maka itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah Sahabat harus paham mana yang asli dan mana yang replika.

Bagaimana caranya? Berikut tips untuk membedakannya seperti yang dibagikan oleh Suzuki Indonesia.

Harga velg mobil

Lewat harga velg, Sahabat bisa mengetahui apakah velg tersebut asli atau tidak. Velg asli biasanya dibanderol lebih mahal dibandingkan dengan yang replika. Bahkan, bisa sampai empat kali lebih mahal dibanding velg replika. Contoh, velg replika ring 17 harganya Rp 5 jutaan, maka aslinya bisa berkisar Rp 20 juta - Rp 25 jutaan.

Waspada Pelek Palsu, Begini Cara Mengenalinya

Tapi harga tak menjadi satu-satunya patokan. Tak jarang juga ditemui pedagang nakal yang menjual velg replika dengan harga tinggi dan mengatakan bahwa pelek tersebut asli.

Bobot velg mobil

Hal lain yang bisa mencegah dari tipu-menipu velg ini adalah dengan melihat bobot velg. Kebanyakan velg mobil asli akan lebih ringan ketimbang replikanya. Contoh, velg replika ring 17 beratnya kurang lebih 10-11 kg, maka velg asli kurang lebih 6 kg saja. Hanya saja, lagi-lagi bobot tak bisa langsung menyatakan Velg mobil asli atau replika. Seperti velg mobil ring 20 misalnya, ada yang beratnya sama dengan yang replika.

Kualitas pembuat velg

Kualitas pembuat velg bisa menjadi bahan pertimbangan apakah velg asli atau palsu. Biasanya, saat dibuat, velg replika akan melalui proses pengecoran, sementara velg asli akan melalui proses ditempa. Dari dua macam proses itu yang terpenting adalah finishing-nya.

Waspada Pelek Palsu, Begini Cara Mengenalinya

velg asli, hasil finishing-nya rapi, sementara replika akan tampak berantakan. Seperti ada yang bolong di permukaan dalam velg. Catnya pun tampak tidak sama.

Untuk membedakan mana yang asli dan mana yang replika memang tak mudah. Kuncinya, jangan mudah tergoda dengan harga murah dan jangan terburu-buru membeli velg. Carilah informasi sebanyak-banyaknya sebelum benar-benar membelinya.

Selain itu, ada lagi nih Sahabat dampak dari ganti velg mobil yaitu tenaga mobil jadi lemas. Eh tapi tunggu dulu, apa ya penggaruhnya? untuk lebih jelas, yuk kita simak penjelasannya. 

Ganti velg buat tenaga mobil jadi lemas? ini jawabannya

Banyak yang berpendapat, mengganti velg mobil yang lebih besar bisa membuat tenaga mobil jadi lemas. Hmm, ini bisa dipastikan tidak sepenuhnya benar ya. Namun jika ini terjadi, ini disebabkan karena velg tersebut tidak cocok.

Seperti melakukan pergantian dengan velg, yang memiliki bobot velg yang lebih berat. Bukan karena ukuran velgnya yang lebih besar, atau menggunakan merek biasa dengan harga lebih murah.

Waspada Pelek Palsu, Begini Cara Mengenalinya

Sehingga disarankan jika memang harus melakukan pergantian velg mobil harus lebih hati-hati. Terutama dengan bobot yang dimiliki. Karena biasanya velg yang lebih baik itu bisa juga menjadikan mobil lebih ringan saat berjalan.

Artinya bahan material dari velg tersebut juga ikut berpengaruh, namun yang menjadi catatan biasanya velg murah dengan bahan material terbaik memiliki harga yang tidak murah.

Hmm, jadi ingat ya harus lebih berhati-hati dalam memilih aksesori velg Sahabat. Untuk mendapatkan velg yang bagus dan berkualitas, Sahabat bisa nih mempercayakannya ke Garasi.id. Di Garasi.id Sahabat bisa membeli velg mobil yang sesuai kebutuhan dengan diskon 10% dari Ottoban seperti halnya Velg - NISMO Ring 15X7.0/8.0, Velg - SPARCO 1119 Ring 15X6.5, dan masih banyak lagi. 

Jadi buat Sahabat yang sedang cari-cari velg mobil, Sahabat bisa beli lewat fitur Jasa dan Servis di Garasi.id. Tunggu apalagi, segera temukan velg yang cocok untuk mobil kesayangan kamu.

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 14:26 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelipelekmodifikasiaslipalsutipstrikgarasiidotomotif