Agar mesin selalu bertenaga dan optimal, lakukan perawatan berkala.
Agar mesin selalu bertenaga dan optimal, lakukan perawatan berkala.

Performa Mesin Selalu Optimal? Ini 8 Tips Ampuhnya !

24 Sep 2019 | 11:26 WIB
BAGIKAN

Mesin adalah komponen utama pada sebuah mobil yang sudah menjadi kewajiban pemilik mobil untuk selalu menjaga performa mesin. Cara menjaga performa mesin mobil ada beberapa tahapan, mulai dari perawatan mesin ringan hingga perawatan mesin yang cukup berat. Dengan melakukan perawatan mesin, sudah bisa dipastikan performa mesin akan selalu terjaga dan memiliki usia yang panjang.

Kalau boleh tau, pernah tidak Sahabat merasa performa mesin mobil yang kamu miliki terasa ganjil? Mungkin performa mesin yang loyo, atau konsumsi bahan bakar yang boros daripada biasanya? Banyak faktor yang bisa menyebabkan performa mesin menurun, mungkin salah satunya adalah penggunaan oktan bensin yang berubah-ubah.

8 Tips Menjaga Performa Mobil Bekas yang Baik dan Benar

Kebiasaan mengganti bahan bakar dari pertalite ke pertamax atau sebaliknya membuat pembakaran di ruang mesin tidak sempurna dan berpengaruh terhadap performa mesin. Itu terjadi karena penimbunan kerak karbon sisa pembakaran yang menumpuk di ruang bakar. Oktan yang lebih tinggi pada bahan bakar seperti pertamax, pertamax turbo memiliki tingkat pembakaran yang sempurna sehingga kerak karbon di ruang pembakaran makin sedikit terjadi.
Nah, apabila kamu terlalu sering mengganti bahan bakar berbeda oktan, kerak pasti terjadi. Semakin kecil oktan, semakin besar pula penimbunan kerak karbon di ruang mesin karena pembakaran tidak terjadi dengan sempurna dan mengakibatkan performa mesin mobil menurun.

8 Tips Menjaga Performa Mobil Bekas yang Baik dan Benar

Penumpukan kerak karbon akan membuat ruang bakar semakin sempit, yang mengakibatkan rasio kompresinya meningkat sehingga performa mesin tidak responsif. Kalau hal ini sampai terjadi, biasanya bengkel akan merekomendasikan untuk melakukan tune up dan dilakukan pembersihan di bagian ruang bakar. Tetapi ada cara merawat performa mesin mobil lain yang bisa kamu perhatikan agar mobil kamu selalu terjaga baik dari segi tenaga, komponen, tampilan sehingga mobil selalu optimal.

Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai dengan Mobil

Cara merawat performa mesin yang satu ini bisa dikatakan sangatlah mudah. Setiap kendaraan membutuhkan bahan bakar agar bisa bergerak. Bahan bakar tersebut nantinya akan diproses di dalam mesin agar kendaraan bisa melaju dengan kecepatan tertentu. Setiap kendaraan, termasuk mobil, memiliki jenis bahan bakar yang berbeda. Misalnya, bahan bakar untuk mobil diesel adalah solar, sedangkan untuk mobil lainnya adalah bensin (pertalite, pertamax atau pertamax turbo).

8 Tips Menjaga Performa Mobil Bekas yang Baik dan Benar

Bahan bakar apa yang sesuai untuk mobilmu? Kamu dapat mengetahuinya pada saat kamu membeli mobil tersebut. Meskipun tipe dan merek mobilnya sama, namun, bahan bakar yang digunakan kadang berbeda. Setiap kali mobil kehabisan bahan bakar, isilah sesuai bahan bakar yang disarankan agar performa mesin awet.

8 Tips Menjaga Performa Mobil Bekas yang Baik dan Benar

Salah satu bahan bakar yang memiliki kandungan oktan tertinggi adalah pertamax. Tapi, harga pertamax juga lumayan menguras kantong. Kalau kamu masih berstatus "mahasiswa" atau "anak sekolah", sebaiknya pakai bahan bakar standar, seperti pertalite. Dengan menggunakan oktan bahan bakar yang tepat kamu sudah bisa menjaga performa mesin mobil agar tetap optimal.

Bersihkan Pipa Filter

Kandungan oksigen yang diserap ke dalam bahan bakar tentu akan mempengaruhi sempurna atau tidaknya proses pembakaran tersebut dan tentunya performa mesin itu sendiri. Sebelum dialirkan ke ruang bahan bakar, oksigen akan terlebih dahulu di filter melalui pipa. Tujuannya agar udara yang masuk bersih, sehingga ruang di dalam bahan bakar tetap bersih, tidak berkerak sehingga performa mesin mobil terjaga.

8 Tips Menjaga Performa Mobil Bekas yang Baik dan Benar

Proses pemfilteran oksigen akan terhambat ketika saringan kotor, belum lagi jika pipa filter terbuat dari bahan kertas atau kapas yang sangat lunak dan mudah hancur. Gagalnya proses pemfilteran udara akan menyebabkan performa mesin menurun khususnya konsumsi bahan bakar yang boros.

Memperhatikan Sistem Pengapiannya

Cara merawat performa mesin mobil yang bisa kamu lakukan adalah memperhatikan sistem pengapian. Bahan bakar yang diisi ke dalam mobil butuh proses pembakaran agar mobil bisa melaju. Dalam proses pembakaran, sistem pengapian mobilnya harus tetap stabil agar performa mesin mobil meningkat. Pada saat sistem pengapian tidak stabil, mobil yang dikendarai akan terasa berat, kamu pun tidak nyaman saat mengendarainya.

8 Tips Menjaga Performa Mobil Bekas yang Baik dan Benar

Pengapian yang tidak stabil biasanya disebabkan karena:

  • Usia busi yang sudah terlalu tua, sehingga kinerjanya berkurang
  • Tidak stabilnya aliran listrik menuju koil dan injektor, sehingga menyebabkan leg

Untuk mengatasi ketidakstabilan dan mendongkrak performa mesin melalui sistem pengapian, kamu bisa mengganti busi lama dengan busi baru. 

Mengurangi Beban Mobil dan Ukuran Ban

Cara merawat performa mesin mobil yang ketiga adalah memilih ban yang tepat. Lho apa hubungannya merawata performa mesin dengan memilih ban yang tepat? Coba simak dulu penjelasannya Sahabat.
Ban yang disarankan untuk meningkatkan performa mesin mobil ialah ban yang memiliki alur sejajar dan lurus. Mengapa? Karena ban dengan alur tersebut membuat mobil dapat melaju dengan mudah di jalanan aspal karena mendapatkan traksi yang maksimal.

Selain itu, pilihan jenis ban, ukuran velg, bahan dari velg itu sendiri ikut membantu kinerja mesin lho. Mengapa begitu? Dengan menggunakan ban yang seharusnya (contoh: ban MPV menggunakan ban berjenis radial bukan offroad) membuat performa mesin mobil tidak memikul beban yang terlalu berat untuk memutar ban mobil.

8 Tips Menjaga Performa Mobil Bekas yang Baik dan Benar

Selain mengurangi beban pada bagian ban, kamu juga bisa mengurangi beban mobil dengan mengeluarkan barang-barang yang tidak dibutuhkan. Kosongkan mobilmu semaksimal mungkin agar berat beban yang dipikul mobil jauh lebih ringan. Intinya sih, memilih barang apa saja yang dibutuhkan untuk dibawa di dalam mobil, agar kabin mobil kamu juga terjaga kebersihannya.

Mencuci Mobil Secara Rutin

Apakah mobilmu selalu dalam keadaan bersih? Menjaga kebersihan mobil merupakan satu hal yang sangat sederhana. Tapi, sering kamu abaikan karena rasa malas. Seperti yang kamu ketahui, ada banyak cara merawat mobil salah satunya adalah bagaimana cara merawat mesin mobil agar selalu bersih dan terhindar dari kotoran yang menempel. Percaya atau tidak, kotoran dan debu yang menempel di bagian mesin akan menyebabkan adanya penyumbatan. Alhasil, performa mesin mobil tersebut otomatis akan turun.

8 Tips Menjaga Performa Mobil Bekas yang Baik dan Benar

Apabila penyumbatan pada mobil bertambah parah, otomatis biaya yang kamu keluarkan juga semakin mahal. Kalau kamu tidak mau mengeluarkan uang banyak untuk biaya perbaikan, jagalah kebersihan mobil dengan rajin mencucinya. Kamu bisa cuci mobil sendiri kalau tidak sempat membawa mobil ke bengkel.

Mengganti Knalpot

Sebagai pecinta otomotif, kamu pasti suka memodifikasi mesin mobil, terutama bagian knalpotnya. Knalpot yang "ganteng" adalah knalpot yang suaranya gahar. Boleh-boleh saja punya knalpot "ganteng" dengan suara gahar, asalkan sistem knalpot tersebut bebas hambatan (free flow) dan performa mesin mobil ikut meningkat.

8 Tips Menjaga Performa Mobil Bekas yang Baik dan Benar

Penggantian knalpot bawaan dengan knalpot baru dipercaya dapat meningkatkan performa mesin mobil. Tenaga dari mobil itu sendiri akan langsung bertambah, layaknya tenaga kuda yang baru diberi makan. Kalau mobilmu punya tambahan supercharger, performanya jauh lebih bagus lagi. Akan tetapi, kamu harus ingat kalau pembesaran pipa knalpot secara ekstrem dapat membuat mesin mobil berkurang. Hal ini disebabkan karena adanya tekanan yang terlalu besar pada bagian belakang mobil sehingga performa mesin mobil justru menurun.

Servis Teratur

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan untuk menambah performa mesin mobil yaitu rajin servis mobil ke bengkel. Servis yang dimaksud bukan sekedar "memandikan" mobil saja, tapi servis secara keseluruhan. Terutama pada bagian mesin mobilnya agar kamu mengetahui kondisi mesin kamu secara berkala dan performa mesin terjaga.

8 Tips Menjaga Performa Mobil Bekas yang Baik dan Benar

Remapping ECU

Selain itu ada juga tips yang bisa membuat performa mesin mobil bertambah yakni dengan melakukan remapping ECU atau pemetaan ulang ECU. Intinya sih, seperti install ulang komputer mobil supaya lebih segar.

Engine Control Unit (ECU) adalah sebuah alat kontrol elektronik yang berfungsi untuk mengendalikan serangkaian activator pada mesin pembakaran dalam, seperti ignition dan injection. Singkatnya ECU merupakan otak dari sebuah kendaraan yang sudah di-computerize. Selain sebagai fungsi kontrol, ECU juga berfungsi sebagai alat untuk memproteksi sistem mobil. Jika ECU membaca ada keanehan, maka sensor akan mengirimkan sinyal kepada ECU untuk mematikan sistem yang ada pada kendaraan tersebut.

8 Tips Menjaga Performa Mobil Bekas yang Baik dan Benar

Proses remapping ECU merupakan proses melakukan pemetaan ulang program data yang tersimpan di dalam Engine Control Unit (ECU), dengan tujuan agar performa mesin mobil menjadi optimal.

Untuk melakukan remapping ECU dibutuhkan suatu aplikasi khusus yang dipakai untuk membongkar data program lama dan melakukan penyegaran dengan program yang baru. Untuk melakukan ini tidak sembarang orang yang bisa, harus dikerjakan oleh tenaga ahli yang sudah khatam seluk beluk mesin dan tentunya mengerti bahasa pemrograman.

8 Tips Menjaga Performa Mobil Bekas yang Baik dan Benar

Tujuan utama dari remapping ECU itu sendiri adalah untuk melakukan penyegaran kembali pada kontrol unit kendaraan kamu agar file-file lama yang sudah tidak segar disegarkan kembali. Selain itu, karena ECU ini mengontrol seluruh sistem di mobil, Sahabat juga dapat mengatur performa mesin mobil yang diinginkan, tenaga yang dikeluarkan hingga menonaktifkan limiter mobil.

Perlukah remapping ECU untuk mendongkrak performa mesin mobil ?

8 Tips Menjaga Performa Mobil Bekas yang Baik dan Benar

Apakah perlu ketika Sahabat membeli mobil bekas melakukan tindakan remapping ECU untuk mendongkrak performa mobil ? Jawabannya adalah tidak dianjurkan. Kenapa ? Produsen mobil sudah menyiapkan kendaraan Sahabat sedemikian rupa agar selalu optimal bertahun-tahun. ECU yang terpasang tidak mungkin memiliki program yang buruk dan berumur pendek maka dari itu tidak disarankan untuk mengotak-atiknya.

8 Tips Menjaga Performa Mobil Bekas yang Baik dan Benar

Alangkah baiknya ketika Sahabat membeli mobil bekas, lakukan perawatan sederhana saja dan jangan lupa untuk melakukan servis berkala agar performa mesin mobil selalu terjaga. Dengan cara seperti itu sudah cukup untuk menjaga performa mesin mobil bekas yang kamu beli Sahabat. Kalau ingin memodifikasi mobil, pikirkan terlebih dahulu sektor mana yang akan kamu modifikasi dan apakah akan membantu aktivitas kamu sehari-hari, menambah performa mesin atau hanya menguras tabungan kamu saja.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 24 Sep 2019 | 11:26 WIB
BAGIKAN