Gunakan busi sesuai dengan spesifikasi kendaraan kamu
Tips memilih busi yang benar

Jangan Salah Pilih, Beda Jenis Busi, Beda juga Fungsinya.

21 Jun 2019 | 13:21 WIB
BAGIKAN

Salah satu komponen vital pada mobil pada sistem pengapian adalah busi. Komponen ini berperan untuk menghasilkan spark atau loncatan bunga api di antara elektroda busi dalam ruang bakar, sehingga campuran udara dan bahan bakar dapat terbakar. 

Loncatan bunga api ini berasal dari energi listrik yang diperoleh dari ACCU atau baterai mobil kalian Sahabat. Apabila komponen busi mengalami kerusakan, mobil kamu bisa mogok loh Sahabat. Untuk itu penting sekali untuk mendeteksi kerusakan dini pada busi mobil kalian. 

Biasanya kondisi busi mobil yang sudah tidak baik memiliki warna hitam berkerak, coklat, meleleh, gosong ditambah beberapa kondisi buruk lainnya.

Jangan Salah Pilih, Beda Jenis Busi, Beda juga Fungsinya.


Baca juga: Hati-hati gunakan busi racing untuk harian, ada alternatifnya sahabat

Beberapa kondisi busi seperti itu menandakan busi mobil kamu harus segera diganti. Kamu dapat mendeteksinya jika ditemukan ciri-ciri busi seperti di atas. Saat ini tersedia berbagai macam pilihan jenis busi yang bisa kamu dapatkan di toko aksesoris. Namun tahukah kamu jika busi-busi itu memiliki perbedaan fungsi ? Sebelum Sahabat akan mengganti busi mobil yang sudah rusak, alangkah baiknya kamu mengetahui jenis busi itu sendiri. Karena beda jenis busi, beda juga penggunaannya. Supaya Sahabat tidak salah memilih busi, sesuaikan busi dengan karakter mesin dan tingkat kompresi kapasitas mesin kendaraan kamu. 

Berikut beberapa tipe busi yang banyak dijual di pasaran, jangan sampai salah pilih ya Sahabat.

Busi Mobil Standar

Busi standar biasanya busi yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil tertentu. Busi ini pada dasarnya merupakan pilihan yang digunakan untuk kebutuhan mobil sehari-hari. Keunggulan busi mobil standar adalah busi ini memiliki umur yang relatif lebih lama dan mampu menghasilkan stasioner mesin lebih stabil. Busi standar juga akan semakin optimal jika dipakai untuk putaran mesin rendah dan menengah. 

Busi Mobil Platinum

Busi dengan bahan platinum bisa disebut juga busi semi racing. Mengapa demikian? Karena ujung elektroda busi ini didesain sedikit lancip dibandingkan dengan busi standar. Busi tipe ini tidak berbeda jauh dengan pemakaian busi standar, perbedaan signifikannya terletak pada tenaga yang sedikit lebih responsif di putaran mesin bawah. Untuk durasi pemakaian, busi dengan bahan platinum relatif pendek ketimbang dengan busi standar.

Busi Mobil Iridium

Busi ini termasuk dalam busi tipe dingin, bisa dikatakan busi ini adalah busi racing yang digunakan untuk kebutuhan tertentu. Jenis busi ini mampu menghasilkan akselerasi mesin yang agresif dan tinggi. Tarikan kendaraan juga terasa panjang sehingga top speed lebih mudah didapat. Namun busi ini juga memiliki kelemahan jika digunakan untuk harian. Stasioner mesin akan sedikit tidak stabil, jika digunakan pada mesin standar dengan tingkat kompresi yang rendah dan memiliki umur yang sangat pendek.

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 21 Jun 2019 | 13:21 WIB
BAGIKAN