Pilih mobil sesuai dengan kebutuhan tapi tetap berkualitas
Baik diesel atau bensin sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan

Pertarungan Mobil Diesel vs Mobil Bensin

19 Jun 2019 | 20:01 WIB
BAGIKAN

Momen membeli mobil bekas seringkali dihadapkan dengan berbagai pertimbangan. Salah satu pertimbangan yang cukup membingungkan adalah memilih mobil bermesin diesel atau mobil bermesin bensin. Keduanya sama sama memiliki keunggulan yang baik dan tidak merugikan. 

Namun hingga saat ini, mana yang lebih baik dan mana yang lebih buruk masih sebatas selera dari masing-masing konsumen.


Situs resmi Toyota mengatakan bahwa ketika kamu lebih memilih mobil yang tidak terlalu memperhatikan aspek seperti kenyamanan, penampilan atau tren, maka mobil bermesin diesel adalah pilihan yang tepat, apalagi jika digunakan untuk menjadi kendaraan operasional usaha. Tetapi sebaliknya, jika Sahabat ingin mendapatkan mobil dengan kenyamanan, bergaya, akselerasi yang responsif pilihannya sudah tentu mobil dengan bahan bakar bensin. Walaupun begitu, keduanya tentu juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ulasan kekurangan dan kelebihan mobil berbahan bakar diesel dan bensin menurut Garasi.id.


Jika kamu lebih memilih mobil yang berbahan bakar diesel, kamu dapat berpergian lebih jauh ketimbang mobil bermesin bensin. Konsumsi bahan bakar yang sedikit dan tentunya efisien membuat mobil bermesin diesel lebih irit. Mesin diesel ditakdirkan untuk menjadi ‘jantung pacu’ mobil untuk mengangkut beban yang berat karena torsi bawahnya yang besar. Seperti pada truk, mobil offroad, bus hampir seluruh kendaraan tersebut menggunakan mesin diesel sebagai penggeraknya. 

Kelebihan lainnya yaitu tidak banyak komponen elektrikal di dalam ruang mesin diesel sehingga ketika melibas banjir atau berkendara di bawah siraman hujan lebat bukan kendala yang berarti. Mesin diesel juga bisa dikatakan memiliki umur yang lebih panjang ketimbang dengan mobil bensin jika dirawat dengan baik dan benar. 


Dibalik semua kelebihan itu, terdapat juga kekurangan-kekurangan pada mesin diesel. Kelemahan utama dari mesin diesel adalah suara mesin yang lebih berisik ketimbang mesin bensin. Sumber bunyi tersebut diakibatkan oleh sistem kerja mesin diesel yang memiliki kompresi lebih besar ketimbang mobil bensin. Untuk masalah akselerasi, mobil bermesin diesel memiliki respon yang lebih lambat dibandingkan mesin bensin. Namun mobil-mobil sekarang sudah mengaplikasikan turbo untuk mengatasi respon yang lambat tersebut. 


Kebanyakan konsumen yang memiliki mobil diesel selalu mengeluh mengenai pajak. Pajak dari mobil bermesin diesel lebih tinggi daripada mobil bensin. Itu dikarenakan hampir seluruh mesin diesel memiliki kapasitas mesin yang lebih besar dengan rata-rata 2.000 cc ke atas. Mesin diesel sendiri memiliki tingkat emisi yang tinggi ketimbang mesin bensin walaupun mobil-mobil diesel sekarang sudah memiliki tingkat emisi yang jauh lebih aman ketimbang dahulu.

Pertarungan Mobil Diesel vs Mobil Bensin


Kelebihan ketika kamu memilih mobil dengan mesin bensin adalah kamu akan mendapatkan mobil dengan kenyamanan tinggi dengan penampilan terkini. Selain pilihan mobil yang jauh lebih beragam ketimbang mobil bermesin diesel, mobil bermesin bensin memiliki tingkat polusi yang rendah. Suara mesin yang halus saat dihidupkan, mudah untuk memahami jalur komponen mesin jika ada kerusakan dan akselerasi yang responsif akan Sahabat dapatkan ketika memilih mobil bermesin bensin. 

Kelemahannya, mobil yang menggunakan bensin memiliki torsi maksimal pada putaran mesin yang tinggi, bisa dikatakan torsi bawahnya tidak responsif. Mobil-mobil ini lebih rentan terhadap air atau banjir karena banyak komponen kelistrikan, busi, dan ECU. Semua mobil berbahan bakar bensin diwajibkan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi sesuai regulasi dari pabrikan. Jika tidak akan mengalami gejala knocking yang berdampak menurunnya performa mesin.

Tapi jangan khawatir, baik mobil diesel atau mobil bensin yang ada sekarang sudah memiliki standar yang mumpuni dan memiliki desain yang oke loh ! Seperti mobil-mobil berbahan bakar diesel; Toyota Fortuner VRZ, Toyota Kijang Innova Reborn G, Mitsubishi Pajero Dakar dan Honda CR-V, Nissan Serena HWS, Chevrolet Trax LTZ Turbo dengan mesin berbahan bakar bensin. Baik mobil berbahan bakar diesel maupun bensin tersedia di Garasi.id, apalagi dengan adanya mobil pilihan, Sahabat dijamin semakin tidak bingung untuk memilih mobil impian kamu.

Pertarungan Mobil Diesel vs Mobil Bensin

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 20 Jun 2019 | 15:09 WIB
BAGIKAN