Turbo Mobil
Mobil Dengan Turbo

Ragu Pakai Mobil Mesin Turbo? Kamu Wajib Baca Ini

20 Agt 2018 | 18:05 WIB

Mobil-mobil keluaran baru saat ini banyak yang dilengkapi turbocharger. Komponen ini dipakai untuk menambah tenaga, sehingga mesin berkapasitas kecil bisa menghasilkan performa sama seperti mesin besar.

Ragu Pakai Mobil Mesin Turbo? Kamu Wajib Baca Ini

Pemilik bengkel mobil balap Garden Speed, Taqwa Suryo Swasono mengatakan, perawatan mesin turbo saat ini berbeda dengan versi lawas.

"Dulu di Indonesia, ada salah satu pabrikan mengimpor mobil dengan mesin tiga silinder turbo, ternyata tidak bertahan. Jadi, untuk membuat kendaraan ini tahan dipakai, harus didukung dengan lingkungannya juga," ujarnya di Jakarta, Jumat 17 Agustus 2018, sperti dilansir dari laman Viva.co.id.

Baca Juga : Fortuner G VNT, Sangar Tapi Jadi Pilihan Keluarga

Dikatakan Taqwa, saat mobil bermesin turbo tersebut dijual di Tanah Air, tidak disertai dengan edukasi yang baik. Sehingga, banyak konsumen yang beranggapan merawatnya sulit.

"Saya ingat mobil turbo ini masuk Indonesia, kemudian banyak yang rusak. Ternyata pada saat itu, teknologi yang diusung tidak didukung dengan adanya oli yang sesuai spesifikasi mesin," tuturnya.

Untuk saat ini, ujar dia, membeli mobil baru yang mesinnya sudah dilengkapi turbo tidak perlu khawatir. Sebab, untuk merawatnya tidak sulit, pemilik hanya mengikuti aturan yang ditetapkan pabrik mobil.

"Enggak ada perlakuan khusus untuk mobil turbo. Pokoknya sudah tinggal ganti oli saja dan perawatan berkala. Oli untuk mesin turbo juga banyak," ungkapnya.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 19:15 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelitipsmobkaskendaraanotomotifgarasiidamanterpercayamudahjabodetabekonlineturbosedan