Garasi.id
Beli Mobil Bekas Langsung Ganti Oli

Ritual Wajib Yang Harus Dilakukan Ketika Beli Mobil Bekas

17 Des 2018 | 12:00 WIB

Setelah memilih mobil bekas terbaik, disarankan untuk Sahabat Garasi mengkuras oli atau pelumas mesin. Tentu ini menjadi langkah yang baik, karena mobil bekas besar kemungkinan sudah menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Ritual Wajib Yang Harus Dilakukan Ketika Beli Mobil Bekas

Baca juga: 4 Fakta Ganti Oli Yang Sahabat Wajib Ketahui

Selain itu, guna mengkuras pelumas mesin, juga diperuntukkan untuk mengganti pelumas yang sudah dipercaya oleh Sahabat Garasi. Namun pastikan, menguras pelumas mesin harus benar dan tidak tersisa.

Lalu bagaimana cara menguras pelumas mesin dengan baik dan benar, agar performa mesin tetap oke meski mobil bekas.

Langkah pertama tentu harus mengeluarkan atau membuang isi pelumas yang ada di mobil bekas Sahabat. Setelah ruang mesin benar-benar kosong, masukan pelumas pengganti. Namun jangan langsung dibawa berkendara, melainkan hidupkan mesin terlebih dahulu dan diamkan sesaat.

Setelah itu, matikan kembali mesin dan buang atau kuras kembali pelumas mesin mobil bekas Sahabat. Minimal hal ini dilakukan dua kali, namun untuk maksimal dilakukan pengurasan tiga kali.

Langkah ini tentu beralasan, karena dikhawatirkan saat pelumas yang dipilih Sahabat Garasi berbeda dengan pelumas sebelumnya. Hal ini bisa bermasalah, karena setiap pelumas dari berbagai merek memiliki zat adiktif yang berda atau formulasi yang berbeda. Jika pelumas zat adiktif sebelumnya masih menempel di ruang mesin, dikhawatirkan bisa menjadi permasalahan pada mesin bakar.

Setelah melakukan pengurasan, disarankan Sahabat terus menggunakan pelumas yang sama dan sesuai dengan ketentuan pabrik. Tidak mengganti-ganti merek pelumas, sehingga mesin akan jauh lebih awet dan lebih nyaman dikendarai.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:46 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbeligantioliolipelumasmesintipsamangarasiidotomotif
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family