Tilang Kendaraan
Tilang Penunggak Pajak Kendaraan

Sahabat Penunggak Pajak kendaraan? Awas Ditilang Polisi

20 Nov 2018 | 12:00 WIB

Untuk para pemilik kendaraan yang memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor sebaiknya segera membayar. Karena sedang ada program pembebasan biaya administrasi hingga 15 Desember 2018.

Jika tidak segera dibayar, dan dijalan terkena pemeriksaan, Sahabat bisa ditilang. Polisi bisa menilang penunggak pajak kendaraan, karena secara aturan pun sudah cukup jelas. 

Sahabat Penunggak Pajak kendaraan? Awas Ditilang Polisi

Peraturan yang mengatur tugas kepolisian tercantum pada UU Nomor 22 tahun 2009 mengenai lalu lintas dan angkutan jalan pasal 70 ayat 2. Dijelaskan bahwa STNK bermotor dan TNKB berlaku selama lima tahun dan harus dilakukan pengesahan tiap tahunnya. 

Apabila pemilik kendaraan tidak melakukan kewajibannya, membayar pajak kendaraan setiap tahun dan per lima tahun, artinya surat-surat kendaraan tidak sah. Penekanannya pada argumentasi hukum bukan pada pajak mati namun pada aspek keabsahan atau legalitas STNK. 

Baca Juga: Bagaimana Status Kendaraan yang Tak Punya Faktur Pembelian?

Peraturan lainnya, yaitu pada Peraturan Kapolri Nomor 5 tahun 2012 mengenai Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor pada pasal 37 ayat 2 da 3 dengan isinya,pada ayat 2, STNK berfungsi sebagai bukti legitimasi pengoperasian kendaraan bermotor. 

Ayat 3, STNK berlaku selama lima tahun sejak tanggal diterbitkan pertama kali, perpanjangan atau pendaftaran mutasi dari luar wilayah regident dan harus dimintakan pengesahan tiap tahun. 

"Polisi memeiliki diskresi di lapangan, termasuk menindak penunggak pajak kendaraan," ucap Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto yang dilansir dari Kompas.com beberapa waktu lalu. 

Jadi buat penunggak pajak, segera melaksanakan kewajiban membayar tunggakan pajak, kalau tidak ingin ditilang oleh polisi.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:45 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbeliperaturanpolisitilangkendaraanpajakbebasbiayaadministrasi