Mini Cooper
Sejarah Mini Cooper

Sejarah MINI Cooper, Dari Jagoan Reli Sampai Trend Setter F1

08 Agt 2021 | 10:00 WIB

MINI Cooper telah menjadi ikon tersendiri di dunia otomotif, dengan telah menjadi salah satu mobil paling dikenal dari Inggris. Berbagai sejarah telah dicatatnya sejak pertama kali diluncurkan ke pasar pada tahun 1959.

Sejarah MINI Cooper, Dari Jagoan Reli Sampai Trend Setter F1

Sebuah video dari Donut Media dibuat secara lengkap menceritakan sejarah MINI Cooper sejak pertama kali lahir hingga saat ini. Desain MINI sangat khas dan telah menjadi identitas tersendiri dari mobil kompak buatan Inggris ini.

Dilansir dari Dapurpacu.com, Sejarah MINI dimulai saat lahirnya duo Morris Austin Seven dan Mini-Minor, yang dibuat sebagai solusi kendaraan berdimensi kompak untuk mobilitas di London, ibukota Inggris. Dari situ, berbagai sejarah hebat kemudian ditorehkan oleh MINI.

Bukti kehebatan MINI yang didesain oleh Alec Issigonis hadir pada tahun 1964 saat mengikuti reli pertama kalinya, tepatnya di Reli Monte Carlo. Mobil berpenggerak roda depan ini langsung tampil kompetitif di hadapan para pesaing yang dominan berupa mobil sport bermesin besar.

Sejarah MINI Cooper, Dari Jagoan Reli Sampai Trend Setter F1

Baca juga: Sejarah Unik Logo 9 Merk Mobil Ternama

Selain berhasil meraih gelar selama beberapa tahun berturut-turut, MINI juga membuat sejarah dengan menjadi pelopor memakai konfigurasi mesin di tengah chassis mobil saat turun di Formula 1 pada akhir 1950-an melalui kejeniusan John Cooper, sosok yang kemudian namanya tidak lepas dari MINI sampai sekarang.

Lagi-lagi berhasil menjadi mesin kompetitif, karya Cooper pun akhirnya memulai tren mesin di belakang kokpit mobil F1. Tren tersebut bahkan masih berlaku sampai sekarang, juga diterapkan oleh mayoritas produk sportscar dan supercar untuk distribusi bobot yang optimal.

Begitu dibeli oleh BMW di tahun 1994, bisnis MINI telah berkembang dengan menghadirkan variasi produk lebih banyak melalui MINI Cabriolet, Clubman, Countryman dan model terkencang John Cooper Works (JCW).

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 08 Agt 2021 | 10:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilsejarahminicooperinggrisbarubekasnegaraikonikminimoorisbalapF11959BMW1994dibelidijual
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family